Cek Dulu Barang Bawaan, Benda-Benda Ini Penting Untuk Dibawa Saat Kamu Berencana Menghabiskan Liburanmu di Pantai

  • February 16, 2020
  • By Tri Sulistiyowati
  • 5 Comments


Benda-yang-mesti-dibawa-saat-ke-pantai

Hal seperti apa yang membuatmu tertarik dan memilih pantai untuk menghabiskan akhir pekanmu?  Pasti akan banyak jawaban dan alasan.

Bisa jadi karena pantai memang lokasi yang paling mudah kamu jangkau saat itu. Mungkin juga, karena memang pantai adalah tempat wisata favoritmu. Rata-rata, penyuka pantai adalah orang yang ingin menyegarkan pikiran dan mengurangi kepenatan dengan menikmati keindahan alam.

Udara pagi yang bebas polusi, dipercaya menyehatkan dan sangat  baik untuk paru-paru. Maka, datang ke pantai di pagi hari sembari melihat munculnya matahari, kerap menjadi pilihan.

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan di pantai, seperti  bermain ombak, berjemur, bermain pasir, melakukan aktivitas olahraga,  berkemah, berburu biota laut, snorkling, atau sekedar duduk diatas gelaran tikar sambil kulineran olahan seafood. Semuanya menarik.
Agar acara liburanmu lancar, ada baiknya segala sesuatunya kamu persiapkan terlebih dahulu termasuk beberapa piranti berikut ini:

Alas kaki yang Nyaman, Alias Sandal
Berjalan di pasir pantai itu susah-susah gampang. Memakai sepatu kets atau sepatu berhak tinggi bukanlah pilihan yang tepat. Demi kenyamanan, gunakan alas kaki yang ramah dengan pasir dan air alias sandal.  Sandal jepit, menurut saya merupakan alas kaki yang paling recommended. Pilih sandal dengan material yang ringan, tahan air, dan mudah dibersihkan. Bertelanjang kaki? Demi keamanan dan kesehatan, jangan. Alas kaki penting untuk menghindari  ancaman biota laut yang berbahaya seperti ubur-ubur dan juga bulu babi serta  pecahan batuan atau kulit kerang yang tajam.


Perlengkapan-sebelum-ke-pantai
Image: pixabay.com
Sunblock, Kacamata Hitam, dan Juga Penutup Kepala
Perlengkapan ini  berkaitan dengan suhu udara pantai yang rata-rata panas. Tentu saja  ini berlaku buat kamu yang berencana untuk menikmati pantai di siang hari, dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Demi kesehatan kulit, pilih sunblock dengan SPF tinggi dan oleskan pada bagian-bagian yang tidak tertutup pakaian. Kacamata hitam, berguna untuk meredam silaunya sinar matahari yang bisa jadi mengganggu kenyamanan mata. Demikian pula penutup kepala, pilih topi dengan pelindung yang cukup lebar. 

Persiapkan Pakaian yang Menyerap Keringat
Pergi ke pantai itu tidak harus berpakaian motif bunga-bunga dan pohon kelapa ala yang di film-film itu kok!  Pilih saja pakaian yang ramah air namun menyerap keringat. Bahan kaos misalnya. Kalau kamu tidak berniat untuk bermain basah-basahan, pilih saja warna-warna terang yang memantulkan cahaya agar tidak terasa gerah. Tapi, kalau kamu memutuskan untuk bermain air dan berbasah-basahan, pilih warna gelap  ya, terlebih jika kamu perempuan.

Perlengkapan Mandi dan Juga Baju Ganti
Pasca bermain di pantai, bisa dipastikan tubuh  akan kotor dan penuh dengan pasir. Mandi atau membilas tubuh dengan air bersih adalah pilihan yang terbaik. Untuk menghindari ancaman penyakit kulit, persiapkan sabun mandi yang mumpuni. Sabun Sparkle misalnya. Setelah itu, ganti baju basah kamu dengan yang kering dan wangi dan acara menikmati suasana pantaipun bisa dilanjutkan kembali

Persiapkan Alas Untuk Duduk,  Lengkapi dengan Cemilan
Di beberapa pantai, kadang kita bisa menemukan penyewaan tikar dengan mudah. Tapi banyak juga lho pantai yang secara fasilitas masih minim. Biasanya itu terjadi di pantai yang baru saja dibuka untuk umum, atau pantai-pantai yang masih sangat alami. Mempersiapkan alas duduk secara mandiri, menurut saya lebih baik apalagi kalau format bepergiaan dilakukan secara berombongan. Nah, agar acara nyantai-nyantai di pantainya makin meriah, nggak ada salahnya bawa cemilan dari rumah secukupnya. 

Ok, sepertinya barang-barang bawaaan yang mesti disiapkan sebelum liburan ke pantai sudah cukup banyak dan komplit. Selamat berlibur dan bersenang-senang!!




You Might Also Like

5 comments

  1. sandal jepit wajib hukumnya kak kalau mau jalan2...
    sumpek soalnya kalau pake sepatu terus hee

    ReplyDelete
  2. Saya ada rencana liburan ke pantai, belum punya sun block. Siap soal alas kaki asal jangan dihanyutkan ombak saja kala main air di pantai, hi hi.
    Soal baju yang berwarna gelap untuk perempuan jika main air, itu pilihan baik karena tidak membentuk bayangan. Terima kasih sarannya.

    ReplyDelete
  3. Sunblock penting banget tuh mbak, biar kulitnya nggak belang. Dan jangan lupa bawa baju ganti kalau mau bersentuhan dengan air, meskipun hanya keceh😊😍

    ReplyDelete
  4. Nah baju yang menyerap keringat itu penting banget.
    Kadang ku suka heran dengan orang yang datang ke pantai dengan baju yang bahannya kelihatan tebal gitu.

    ReplyDelete
  5. Jujur aja pantai bukan tempat favoritku Krn ga kuat panas :D. Tp kalo memang harus ke pantai, aku bisa bawa perlengkapan banyaaak cuma supaya ga gosong ntr di pantai wkwkwkwkwk... Anak2 nih yg paling seneng. Kalo mereka lgs sibuk cari kesempatan masuk ke air, emaknya dibuka nyari tempat paling rindang :p. Makanya kalo ke pantai wajib ajak suami, supaya bisa jagain anak2 hihihihi..

    ReplyDelete