Ini Dia, 5 Pantai Cantik di Gunung Kidul yang Bisa Bikin Kamu Betah Untuk Berlama-lama Menikmatinya




Dolan di pantai, rata-rata bakal ketemunya ya angin yang berhembus kencang, pasir, karang, sama ombak. Meski komposisinya seperti itu, tapi karena masing-masing pantai punya keunikan dan kecantikan tersendiri, jadinya ga bakalan ngebosenin. Itu yang saya suka!

Ngomongin pantai di Jogja, pastinya akan ketemu banyak nama. Diantara semua yang ada, favorit saya adalah deretan pantai-pantai di Gunung Kidul. Kenapa? Pasir putih, pantai yang landai, ombak yang relarif tenang, dan karang yang menjulang. Sama sekali nggak bikin bosan. Diantara banyak pantai di sana, ada 5 pantai yang saya nobatkan menjadi pantai favorit karena kecantikannya.


Pantai Sepanjang


Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Gampang banget nyarinya, karena sejalur dengan pantai Baron, dan persis berada di timur Pantai Kukup. Dinamakan Pantai Sepanjang, karena konon katanya inilah pantai yang memiliki garis pantai terpanjang dibandingkan dengan banyak pantai lainnya di Gunung Kidul.

Pantai Sepanjang Pas Surut
kalau pas surut, ombaknya sangat-sangat bersahabat

Meskipun kecantikan pantai ini bisa dinikmati sepanjang hari, saya paling suka menikmati pantai ini di sore hari. Matahari yang bersinar hangat, air yang jernih, plus ombak yang sangat bersahabat, menjadikan pantai ini berasa sempurna.



 Pantai Watu Kodok


Pantai Watu Kodok Gunung Kidul
Tuh kan...berasa punya pantai pribadi

Pantai ini termasuk deretan pantai-pantia baru di Gunung Kidul. Secara lokasi, pantai ini nggak begitu jauh posisinya dengan Pantai Sepanjang, tepatnya di Desa Banjarejo, Tanjungsari. Sayangnya, akses jalan satu-satunya untuk mencapai Pantai ini masih belum begitu bagus, tapi bisa lah dicapai dengan kendaraan bermotor atau mobil roda 4. 

Mungkin karena akses jalannya ini juga, pantai Watu Kodok masih relatif sepi. Berasa punya pantai pribadi pokoknya. Pas saya kesana, banyakan pengunjung adalah para anak-anak muda yang ke pantainya buat nge-camp. Asyiknya pantai ini adalah, bibir pantainya luas. Beberapa gerumbul pohon pandan menjadikan Pantai Watu Kodok lumayan teduh, Jadi kalo ada indikasi kulit gosong..tinggal berteduh aja.

Selain pasir dan ombak, di sisi timur ada jalan setapak yang akan nganterin kamu naik ke batu karang yang lumayan tinggi. nah, dari situ..kamu bisa ngelihat sibuknya aktivitas di pantai sebelahnya. Selain itu kamu juga bisa menikmati view Pantai Watu Kodok dari ketinggian. 

baca juga : Pengalaman Ngepantai di Watu Kodok, Satu dari Sekian Pantai di Gunung Kidul

Pantai Drini


Geser ke timur, di sebelahnya pantai Watu Kodok ada pantai Drini. Jadi inilah pantai yang bisa dinikmati dari bukitnya Pantai Watu Kodok. Asyiknya pantai Drini?? Jadi, dipantai Drini itu ada semacam pulau (sebenarnya karang yang gede, trus banyak tanaman di atasnya) yang bisa dinaiki pengunjung melalui jembatan/tangga. Pulau/karang tadi kemudian seolah-olah membagi Drini ke dua bagian. Sisi barat menjadi tempat aktivitas nelayan, sementara area tengah dan timur adalah area pengunjung pantai.


Pantai Drini
Pantai yang ramai & full fasilitas

Sarana prasarana yang menunjang kenyamanan pengunjung di pantai ini, representatif. Parkirannya luas, warung atau restonya banyak, fasilitas umum macam musholla, toilet ada, gasebo-gasebo untuk berteduh juga banyak. Cuma, kalau yang nyari suasana pantai yang sepi-hening, di sini kurang pas. Karena saya pernah ke pantai ini pagi, siang, ataupun sore hari semuanya rame.


 Pantai Krakal

Pantai Krakal Gunung Kidul
Berburu ikan, aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Krakal

Kalau yang ini favorit banget! Pantai Krakal secara lokasi masih sejalur sama ketiga pantai diatas, cuma sebelah-sebelahan aja. Paling suka ke pantai Krakal di pagi atau sore hari, pas airnya surut, karena aktivitas yang menyenangkan di sini adalah berburu ikan hias, 


Sebagai kawasan pantai lama, tentu saja sarana akomodasi buat pengunjung sudah komplet. Rumah makan, warung, buanyak.  Tapi, kalau misalnya mau santai-santai trus bawa bekal dari rumah, mudah , karena   parkiran dekat banget dari bibir pantai. Trus kalau masih pengen eksplor kawasan pantai lagi, tinggal jalan kaki ke timur..nanti akan tembus ke pantai Slili dan Sadranan. Iya, jalan kaki aja dan nggak begitu jauh. 

kalau pengen menikmati pantai dari ketinggian, tinggal jalan kaki aja ke barat, nanti akan ketemu bukit Jujugan yang diatasnya dibuat semacam monumen, berbentuk ikan. pantai Krakal ini karena luas, jadi cocok lah buat acara refresh otak dan bakar kalori..hi..hi..

Pantai Watulawang


Pantai Watulawang ini termasuk kawasan pantai yang masih baru di buka. Secara lokasi, posisinya lumayan di barisan timur, sebelahan sama Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal. Posisinya yang agak nyempil, menjadikan pantai Watulawang relatif sepi. Menurut saya, karena rata-rata pengunjung udah stop aja di Indrayanti..padahal tak jauh darinya, ada surga tersembunyi juga; Pantai Watulawang ini.


Pantai Watulawang Gunung Kidul
Keheningan di Pantai Watulawang

Dari kelima pantai diatas, mau pilih yang mana? Semua? ha..ha, boleh. Karena semuanya toh berdekatan, tinggal urutin aja, sehari juga kelar klo kunjungannya singkat dan padat. Disamping itu, untuk ngejangkau 5 pantai tadi kamu cuma lewatin satu pintu retribusi yang chargenya klo belum berubah 10.000 perorang. Beneran wisata hemat dan sehat kan?? Ya udah, happy week end aja yaa! Semoga liburannya menyenangkan!!


You Might Also Like

16 komentar

  1. Aku belum pernah ke semua pantai itu. Tapi kayaknya yang paling bikin penasaran tuh Pantai Krakal. Pernah liat di TV ada pantai di Jogja yang banyak jual hasil laut matang. Kayak ikan goreng, udang goreng tepung. Pantai Krakal itu bukan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo oleh hasil masakan ikan, yang banyak di pantai Kukup mba..

      Hapus
  2. aku baru tau ada pantai watu kodok
    masih sepi juga ya
    kalau ke krakal aku pernah sekali mbak bagus emang

    BalasHapus
  3. wah asyik sekali nuansa alamnya, cocok sepertinya untuk tempat liburan. :)

    BalasHapus
  4. Pantai Watulawang masih baru ya mbak, pasti jadi destinasi wisata jos sebentar lagi nih

    BalasHapus
  5. Pernah ke Pantai Krakal tahun 2005an kalau ndak salah. Perjalanan lumayan dari jalan Magelang ke situ naik motor

    BalasHapus
  6. Belum pernah ke gunung kidul, semoga bisa berkunjung ke pantai-pantai ini nanti ^^

    BalasHapus
  7. Waduh indahnya sangat menggoda untuk didatangi
    pantai dan pasir itu kesukaan anakku, tapi aku suka gunung haha kok bisa beda ya ...

    BalasHapus
  8. Hanya Pantai Krakal yang familiar dan pernah berkunjung kesana beberapa tahun yang lalu.

    Iya Yogyakarta dengan garis pantai panjang pasti banyak pantai indah ya mbak. Selalu rindu kembali ke kota ini meskipun ujung-ujungnya hanya ke Parangtritis dan Malioboro hehe..

    BalasHapus
  9. Pantai-pantai di GK memang indah-indah. Bahkan ada yang bilang, sesungguhnya tidak begitu kalah dengan Bali.

    BalasHapus
  10. Waktu kuliah pernah survei ke gunung kidul, tp malah belum nyoba ke pantainya

    BalasHapus
  11. Saya baru berkunjung ke dua pantai terakhir. Yang tiga teratas belum pernah.
    Walaupun jalanan menuju pantai-pantai di Gunung Kidul naik-turun-naik-turun, tapi kalau udah dapet view pantai berpasir putih & tebing-tebing karangnya...beuh, dijamin nagih buat dateng lagi

    BalasHapus
  12. Waaah blog baru. Sukaaaa :))

    BalasHapus
  13. Dulu saya taunya cuma parangtritis aja. Ternyata di Jogja dan sekitarnya banyak pantai yang indah :)

    BalasHapus
  14. Wah pantainya banyak juga ya di daerah Gunung Kidul. Tiap pantai kalau di daerah memang ada yang bikin khasnya sih. Kalau lihat di fotonya, saya paling suka lihat yang Pantai Sepanjang.

    BalasHapus
  15. Yups,banyak yang masih kurang tau kalo bersebelahan pantai Indrayanti ada pantai yang seolah private beach ... Watu Lawang.
    Keren pantainya ☺

    BalasHapus