Pantai Ngandong, Pantai dengan Pasir Putih dan Bukit Karang yang Eksotis

by - Maret 30, 2019


Bagi sebagian wisatawan, bisa jadi nama Pantai Ngandong masih berasa asing.  Wajar, karena pantai ini memang relatif baru. Kondisinya pun belum begitu ramai, dengan fasilititas yang masih sederhana. Meski begitu, sebenarnya pantai Ngandong punya potensi untuk lebih dikembangkan lagi.

Secara lokasi, pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul. Posisinya, bersebelahan persis dengan pantai Sundak, bahkan satu jalur pintu masuk. Yang membedakan adalah, menjelang parkiran nanti akan ada semacam cabang jalan, dan kita tinggal mengikuti papan petunjuk untuk ke areal Pantai Ngandong. 

Harga tiket masuk Pantai Ngandong masih satu paket dengan barisan Pantai Baron, Krakal, Kukup, Sepanjang, Pantai Drini, dan beberapa pantai lainnya. Jadi, cuma membayar 10.000/orang di pintu retribusi, dan sudah. Ketika sampai lokasi, tinggal membayar biaya parkir saja, 5000 rupiah untuk kendaraan roda 4.


Apa yang Menarik dari Pantai Ngandong?

Banyak sekali pantai-pantai cantik di Gunungkidul, yang kadang membuat pengunjung bingung untuk memilih. Tapi menurut saya, memang setiap pantai punya karakternya masing-masing. Selalu ada yang membuatnya berbeda, dan disitulah daya tariknya.

Tempo hari, adalah pertama kali saya main ke Pantai Ngandong. Kondisi Pantai tengah surut.  Puluhan perahu kano yang bisa disewa pengunjung dengan tarif  50.000 rupiah, terlihat menepi, tanpa ada yang beroperasi. Begitupun perahu nelayan, tampak tertambat di pinggiran pantai. Walau begitu, bukan berarti pantai ini lantas sepi aktivitas. Garis pantai yang landai, dimanfaatkan oleh beberapa pengunjung untuk bermain ombak, atau mandi di jernihnya air.  




Saya sendiri, lebih suka menikmati pantai ini dengan menaiki bukit kapur yang berada di sisi kiri. Untuk naik, sudah tersedia jalan setapak. Jadi tinggal mengikuti jalur saja. Bagi yang suka menikmati hamparan birunya air laut dari ketinggian, tempat ini recommended! 

Dari atas batu karang, saya bisa melihat Pantai Ngandong secara lebih utuh. Seandainya saya datang pagi-pagi atau menjelang Maghrib sekalian saya yakin Pantai Ngandong  akan lebih cantik.  Menikmati panorama sunrise dan juga sunset dari batu-batuan karang di ketinggian ini, pasti memukau. 






Selain menikmati pantai  dengan view yang lebih luas, lebih lapang, aktivitas yang jamak dilakukan pengunjung di atas batuan karang ini, apalagi kalau bukan berfoto atau berselfie ria. Yang penting dan harus selalu diingat, hati-hati. Karena bagaimanapun, kita berada di tempat yang tinggi, dan di bawah adalah lautan lepas. Kebayang kan, kalau misal kita ceroboh sedikit aja dan meleng... bakalan ngeri akibatnya.

Meski termasuk deretan pantai baru, menurut saya fasilitas penunjang di pantai ini sudah lumayan baik.  Deretan fasilitas MCK tersedia, dan bisa dimanfaatkan untuk berbilas setelah puas bermain ombak atau pasir. Beberapa penduduk setempat juga banyak yang memanfaatkan areal pantai sebagai lahan untuk berjualan berbagai jenis makanan, baik snack, makan besar maupun minuman. Bahkan, bagi pengunjung yang berencana menikmati suasana pantai lebih lama, bisa menginap, karena memang ada fasilitas penginapan di seputar pantai.

Cuma sayangnya, berada di pantai ini mengingatkan saya pada film nasional yang pernah diputar beberapa waktu lalu...Susah Sinyal alias sinyal  operator seluler antara ada dan tiada. Asal nggak terus-terusan sih, buat saya nggak masalah.  

Itu artinya apa? Itu artinya, biar liburan kita lebih maksimal, tidak melulu sibuk dengan ponsel. Ya udah, selamat menikmati akhir pekan, selamat menikmati liburan dan kebersamaan.

Lokasi Pantai Ngandong

You May Also Like

36 komentar

  1. Saya suka pantai... Tp suka gak tahan ama panasnya matahari. Biar udh pk sunblock ttp aja mmerah sprti tomat mateng.ongkos masuknya gak juga mahal ya mbaa..tuh ft mba Tira yg latar belakang karang dan pantai keren bgt deh.. 😊

    BalasHapus
  2. Eh mba Tri... Maaf slh tulis 😮🙏🙏🙏

    BalasHapus
  3. akupun kalo masalahnya hanya susah sinyal, ga menganggab itu minus point dr tempat wisatanya :D. anggab ajalah malah bagus, krn dgn gitu kita bisa fokus liburan ama keluarga ya mba :D.

    makin banyk aja pantai2 di sekitaran gunkid. dan baru sedikit yg aku datangin :D.

    BalasHapus
  4. Bebatuan karangnya juga digunakan buat spot selfie kayak di pantai Siung ya, kak ?.
    Keren juga kalo gitu, tapi ya memang kudu ekstra hati-hati ya ...selain terjal juga runcing.
    Kulit tanganku pernah tergores saat fefotoan di pantai Siung.

    BalasHapus
  5. Wuih, pasirnya cantik bener ya. Pemandangannya juga. Mantul sih ini :D

    BalasHapus
  6. kalau ke pantai, udah pasti terpesona dengan keindahan laut dan apalagi itu ada karang juga, dijamin betah deh

    BalasHapus
  7. Wah, pantainya masih sepi ya mbk. Viewnya bagus... Yang bikin menarik, bisa lihat view dari atas batu kapur

    BalasHapus
  8. Cukup bayar satu kali tapi bisa masuk ke beberapa pantai sekalogus ya, murah juga ya tiket masuknya.
    Seru bisa sewa perahu kano di Pantai Ngandong ya. Aku panasaran dengan sunrisenya di sana, mudah-mudahan ada kesempatan main ke sana

    BalasHapus
  9. Selamat tinggal di Yogya sejak tahun 2014, baru satu kali ke pantai, itu juga pantai parangtritis. Belum pernah ke pantai yang di gunung kidul.
    Jadi pengen ajak anak-anak ke Pantai Ngandong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas liburan mba...klo aku lebih suka yang pasirnya putih sih mb, beningnya air lebih kelihatan

      Hapus
  10. itu pantainya bersih banget kalau difoto, emang aslinya gitu ya mba.. keren banget deh! Aku udah lama, dan bener2 udah bertahun-tahun ngga bawa anak2 ke pantai, liat pantai ngandong jadi pengen jalan2 ke pantai deh...

    BalasHapus
  11. Tahun 2012 pernah direkomendasiin ke sini oleh seseorang. Cuma blm terlaksana. Tampaknya kalo ke sekitar YK lagi, harus dijajal nih

    BalasHapus
  12. Gunkid emang top yaa...duluuuuu banget pernah ke baron dan krakal. dan sekarang, ya ampuun uda banyak banget pantai yang bisa dikunjungi. tapi kapan bisa ke sana yaa...mupeng ^_^

    BalasHapus
  13. Tiketnya murah ya mba 10ribu udah gitu naik kano juga 5000 dengan view keren begitu :) suamiku yang ngidam banget pengen ke pantai liat ini jadi inget dia

    btw aku penasaran sama film susah sinyal belum nonton juga nih duh kudet deh

    BalasHapus
  14. Berati itungannya, satu tiket Rp 10.000, kita bisa masuk ke Pantai Sundak & Pantai Ngandong ini mbak? Apa kudu bayar tiket lagi?

    Susah sinyal pas di pantainya, kayak e nggak papa sih. Jadi pengunjung yang dateng bener-bener menikmati suasana pantai dan enggak sibuk oplad-uplod story. Hemat kuota dan hemat baterai juga mbak. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 ribu itu untuk banyak banget pantai..mulai baron, krakal, kukup, sundak, indrayanti, termasuk ngandong ini... Pindah tempat, bayar parkir aja

      Hapus
  15. Aku justru suka pantai yang baru2 gini, walaupun fasilitas nya masih belum sempurna, karna mungkin bakalan lebih asri, ga terlalu banyak orang, dan sedikit sampah.. Hehe.

    View dari batu karang nya bagus ya buat foto foto.

    BalasHapus
  16. Wah baru tahu aku kalau ada pantai sekece ini di gunung kidul. Sayang yaa susah sinyal di sana.
    Buat aku yg tergantung sama map apakah bakal sampe ya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyampe mba...ikutin petunjuk jalan yang warna ijo..gampang kok..

      Hapus
  17. Wahh.. jadi pengin main ke pantai gunung kidul lagi. Kapan yaa terakhir main ke Pantai Ngandong, ada 10 thn yg lalu kayaknya. Abis ke Ngandong, trus Ngobaran. Sekarang banyak pantai2 baru di Gunung Kidul.

    BalasHapus
  18. Harga tiketnya murah ya Mbak, dan bisa sekalian untuk masuk ke pantai-pantai lain di sekitarnya. Sepertinya naik di ketinggian dan melihat Pantai Ngandong dari kejauhan lebih asyik ya, bisa selfi dengan bekgron pantai yang luas :).

    BalasHapus
  19. Jadi makin kangen sama pantai-pantai di Gunung Kidul. Kalo Sundak udah tiga kali, tapi Ngandong malah belum pernah. Cakep malah kalo naik ke bukit ya, bisa melihat sekeliling pesisir pantainya

    BalasHapus
  20. Kok jadi pengin nyemplung ke sana mba. Airnya jernih banget.

    BalasHapus
  21. Waah, kaoan hari ke Gunung Kidul ga sempat ke sini, kangen banget sama nyebur2 pantai, next klo ke Yogja lagi mau ke sini lagi

    BalasHapus
  22. Sidoarjo Jawa Timur kan yah. Lumayan deketlah ini ama Surabaya. Kapan kapan bisa ngajak My Lope Lope kesini dah. Malasih infonya Mak Say.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Jogja mba...nama desanya memang mirip sama salah satu Kabupaten di Jawa Timur

      Hapus
  23. Pantai cantik dan bersiiih ya mba. Suka liatnya dan semoga bisa mampir segera

    BalasHapus
  24. Kalau di lihat atas pantainya samar samar mirip kek Pantai Papuma di Jember mbak 😂
    Gagal fokus, aku kira Sidoarjo tuh ya di Surabaya. Eh bukan ding. pantai Ngandong ada di Sidoarjo GunungKidul 😂😅
    tFS Mbak

    BalasHapus
  25. Pantai-pantai di pesisir selatan rata-rata berombak tinggi dan besar karena memang Samudera. Bagaimana dengan pantai ini Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin pas ke sini si pas ombaknya tenang mba.. musim2an juga kayaknya mba. Kadang aku ke pantai, pernah juga pas gelombang tinggi...jd cuma melihat dr kejauhan

      Hapus
  26. Mkasud harga tiket masuk Pantai Ngandong masih satu paket dengan barisan Pantai Baron, Krakal, Kukup, Sepanjang, Pantai Drini, dan beberapa pantai lainnya, berarti dengan hanya beli satu tiket, bisa mengunjungi semua pantai itu, Mbak?
    Kalau iya, berarti murah banget dong!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...bayar tiketnya di satu pintu retribusi aja. Nanti tinggal milih, maunya ke pantai mana.. klo mo pindah, bayar parkiran aja. Ada bbrp pantai, yang jaraknya deket. Satu kali parkir..bisa jalan ke 3 pantai sekaligus

      Hapus
  27. Bagus banget emang pantainya. Suka banget aku main ke pantai soalnya setiap pantai punya keunikan sendiri.

    BalasHapus
  28. Aku sering ke pantai di Gunung Kidul tapi blm pernah mampir pantai ini, terlalhu hahahaha. Besok ah sebelum puasa ta ajak si bapak main sini

    BalasHapus
  29. Pantainya indah dan bersih ya aku senang deh kalau jalan-jalan ngajak anak ke pantai

    BalasHapus
  30. Wkkwk...bener...bener.
    Liburan bener-bener harus dinikmati.
    Aku pernah di kritik anak-anak, "Mama niih...main ke pantai ateuh...jangan di kamar aja.."

    Hiiks~

    Pantainya sunnguh indah yaa...
    Pasirnya...bersih.

    BalasHapus