Mbakso Sapi di Bakso Balungan Pak Granat, Sleman


Musim pancaroba ternyata berimbas pula ke tubuh. Ada gejala mau flu. Hidung meler, makan juga rasanya ga enak. Jarang olahraga mungkin ya, jadi daya tahan tubuh lagi nggak oke. Gawat! Kalau dibiarkan, bisa jadi flu berjamaah, dan kalau sudah begitu serumah bisa kena.

Biar gejala flu cepat pergi, salah satu langkah antisipasi ya perbanyak makan yang berkuah, pedes, dan panas...kemepyar! Makan bakso cocok. Itung-itung ronde 2 setelah buka puasa 

Pilihan jatuh ke Warung Bakso Balungan Pak Granat, Sleman. Di samping dekat rumah, baksonya juga enak, dan harganya juga biasa aja. Nggak terlalu mahal, tapi juga nggak begitu murah untuk standar harga makanan di Jogja.

Oh, ya..warung bakso ini buka setiap hari mulai jam 8.30 sampai habis. Tapi khusus hari Jum'at, bukanya ba'da Jum'atan. Nanggung mungkin. Biar pada khusuk Jum'atan dulu, soalnya setau saya krunya para cowok semua.

Selain parkirnya yang lumayan luas, area warung yang cukup gede dengan dilengkapi format lesehan, waktu tunggu untuk mendapatkan apa yang kita pesan di warung ini juga lumayan cepet. Jadi misal kita datang, di depan langsung disamperin oleh mas-mas yang membawa daftar menu yang bisa kita pilih, lantas kita tinggal milih meja.

Daftar menunya, dipajang di beberapa tempat. Di  setiap meja, di tempel di dinding, dan juga di lembaran kertas yang diberi oleh mas-mas di bagian depan. Tinggal milih saja.

Untuk menu makan, secara garis besar ada 2 menu pokok, yakni bakso dan mie ayam. Walau cuma 2, tapi varian dari dua menu tadi lumayan banyak. Begitu juga untuk varian minumnya. Cukupan lah.

daftar-harga-bakso-pak-granat-sleman
silakan dipilih...............


Karena kami datangnya udah malam, bahkan mungkin bentar lagi tutup, banyak menu yang statusnya sudah kosong; termasuk menu andalan warung ini, bakso balungan. Ya sudah, saya dan Raka  pesan bakso sapi biasa. Sedangkan  Alya dan Pak Suami, mie ayam.

Tampilan makanannya sedikit berbeda. Bukan pake mangkok gambar jago seperti kebanyakan warung bakso/mie ayam, tapi pake mangkok besar yang mbikin porsinya...aduhai...kenyang!

Bakso-sapi-pak-granat-sleman
Seger!


saus-kecap-sambal
diantara ini semua, kalau saya yang wajib sambal


Dalam satu mangkok, ada 4 biji bakso yang siap menggoyang lidah. Rasa sapinya berasa, menandakan banyaknya daging sapi dalam adonan bakso. Rasa kuahnya juga gurih, tapi bukan karena over MSG. Tinggal nambahi semangkok bakso ini dengan ubo rampe semacam sambel-saus-kecap, dan bakso pun siap disantap.

Mie Ayamnya?? Ini dia!
Mie-ayam
hanya ini gambar mie ayam yang saya punya. Begitu disajikan, langsung pengen dimakan sama Alya soalnya





MIe-ayam-pak-granat-sleman
Kuah terpisah, jadi banyak sedikitnya bisa sesuai selera



Porsi mie ayamnya jumbo banget! Potonga daging ayamnya lumayan banyak. Sayur sawinya juga melimpah. Meski di dalam mangkok mie sudah dilengkapi kuah, tapi untuk memanjakan pelanggan, disediakan juga kuah tambahan yang terpisah. Yaa..kali aja pengen mie ayamnya lebih seger dengan kuah melimpah.Cuma karena mienya yang tipe kecil-kecil itu, saya nggak begitu suka. 

Untuk mie, varian mie ayam yang paling legendaris di.sini, adalah mie ayam ceker. Mie, yang kemudian ditambahkan kaki ayam yang gurih dan empuk. Cuma sayang..lagi-lagi stok cekernya sudah habis klo datang kemaleman..

Hasil akhir Mbakso dan Ngemienya gimana? Kekenyangan..ha..ha.

Pak suami dan Raka mangkuknya kosong dengan cepat. Begitu juga saya. Alya..tentu nggak habis, karena porsinya memang jumbo banget, apalagi untuk perut anak-anak. Kalau sudah begini..naluri ikan sapu-sapu seorang ibupun beraksi; mbantuin Alya ngabisin mie ayamnya..tapi tetep nggak habis. Kenyang luar biasa! Ah...kapan langsingnya kalau sering jadi "ikan sapu-sapu gini".. 

Buat sobat dolan jajan yang penasaran pengen kulineran bakso dan mie ayamnya Pak Granat, kalo pas lewat seputaran jl Magelang deket-deket komplek pemda, bisa mampir aja.

Lokasi Bakso Balungan Pak Granat Sleman








You Might Also Like

3 komentar

  1. Nama baksonya unik dan serem yach mbak, khwatir klu meledak.tpi aman klu meledak , soalnya bukan Bom, hehehe...

    BalasHapus
  2. oalah jalan magelang..
    bakso granat ini kayaknya ada banyak dah di Jogja.. di Jakal juga ada kalo nggak salah ingat..

    *maklum ingatan 6 tahun yang lalu waktu masih kuliah*

    BalasHapus
  3. Aku simpan alamat warung baksonya,ya ..
    Nuwun rekomendasinya.

    BalasHapus