Melangitkan Mimpi; Menjejakkan Kaki & Menguji Adrenalin di Universal Studios Singapore

Pada sebuah pasar malam, seorang bocah terlihat gundah. Takut dan takjub. Antara ingin, dan was-was takut seandainya nanti terjatuh. Lingkaran di depannya yang sering masyarakat sebut sebagai Ombak Banyu itu terus berputar cepat, kadang terlihat tinggi, sesekali merendah. 

Tak ingin menyesal karena  melewatkan kesempatan, akhirnya si bocah ikut naik di putaran berikutnya. Bermodal 300 rupiah uang saku dari ibunya,  ia menguji nyali bersama puluhan orang dewasa dan beberapa anak seumuran. Rupanya, ada ketegangan sekaligus kegembiraan berbaur di sana.  Ampuhnya, sampai puluhan tahun kemudian, pengalaman pertama menjajal wahana yang menegangkan itu masih ia simpan dalam memori di kepala.
***

Sst..., bocah itu adalah saya, 30-an tahunan silam. Bagi anak-anak desa di masa tersebut, pasar malam  tak ubahnya sebuah theme park yang mampu mendatangkan banyak ketegangan, sekaligus keceriaan.

Sekarang, setelah dewasa dan beranak pinak, bolehkan saya menyimpan mimpi? Tidak hanya pada sebuah pasar malam, bukan lagi dari sebuah permainan rakyat tempo dulu, tapi mimpi untuk bisa merasakan kembali kegembiraan dan ketegangan serupa dalam sebuah theme park yang jauh lebih sempurna.

Yup, sama halnya saya pernah menuliskan keinginan untuk menikmati (lagi) kota Batu dan sudah terealisasi akhir tahun 2018 lalu, sekarang kembali saya langitkan doa, membiarkan semesta mencatatnya. Ingin suatu hari nanti, saya dan keluarga bisa menginjakkan kaki di Universal Studios Singapore (USS).



Jauh amat dolannya? Nggak! Hari gini semuanya mungkin. Jarak dunia semakin dekat. Semuanya bisa,  selama ada doa dan juga usaha.




Kenapa Universal Studios Singapore? Karena tempat ini memang layak dijadikan destinasi wisata impian keluarga. Banyak fakta menarik yang dimiliki Universal Studio Singapore diantaranya:

Secara Lokasi, Masih di Asia Tenggara

Universal Studios Singapore berada di Santosa Island, sebuah pulau kecil di selatan Singapura. Kedekatan lokasi dengan Indonesia ini penting, karena pastinya akan berhubungan dengan pengeluaran di pos tiket pesawat, dan biaya akomodasi lainnya. Mudah-mudahan, biaya-biaya tersebut bisa ditekan dengan keberadaan aplikasi yang banyak membantu traveler model backpacker dengan promo-promo menariknya, sebut saja Traveloka.


Hanya Universal  Studios Singapore yang punya Roller Coaster Tertinggi di Dunia

Battlestar Galactica merupakan dueling roller coaster atau roller coaster 2 track dengan tinggi 42,5 m atau setara dengan bangunan 14 lantai. Itu yang menjadikannya sebagai roller coaster tertinggi di dunia.  Kerennya di wahana ini,  pengunjung bisa memilih tingkat "ketegangan" yang kita mau, dari yang biasa, sampai yang luar biasa. 


Membandingkan tingkat 'kengerian" masa kecil saat menaiki ombak banyu, dengan level ketegangan saat berada di atas roller coaster, pasti seru! Tenang, saya nggak punya riwayat penyakit jantung, jadi rugi kalau dilewatkan. Saya harus nyobain  Battlestar Galactia, suatu hari nanti.

Beragam Wahana Menarik dalam Beberapa Zona, dan Semuanya Seru!

Dibuka di awal tahun 2010, Universal Studios Singapore menawarkan daya tarik berupa taman bermain keluarga. Sesuai dengan namanya, maka tema yang ada dalam setiap wahana nggak bisa lepas dari film-film terkenal besutan Universal Studios, seperti 

The Lost World



Di wahana ini, pengunjung akan dibawa ke zaman prasejarah, bertemu dengan berbagai macam jenis dinosaurus. Mungkin ini sedikit mirip dengan apa yang kami temui di Jatimpark 3 tempo hari, tapi bedanya di Universal Studios Singapore ini  pengunjung juga akan diajak menyusur sungai dengan cara ber arung jeram. So, siapkan baju ganti untuk menikmati wahana ini


Revenge of the Mummy
Jelas, wahana ini terinspirasi dari film layar lebar the mummy. Revenge of the mummy menjajikan labirin panjang sebagai pintu masuk menuju roller  coaster yang akan melintas dalam kegelapan/cahaya remang-remang.


Shrek 4 D Adventure
Banyak yang mereferensikan wahana ini, terlebih bagi orang tua yang membawa serta anak-anak. Di wahana ini pegunjung bisa menikmati suguhan pertunjukan 4 dimensi, dengan bangku-bangku yang juga turut bergerak, hingga pertunjukan makin terlihat riil. Sampai saat ini, setidaknya terdapat 24 wahana menarik yang terbagi terbagi dalam 7 zona:
  • Zona Hollywood
  • Zona New York
  • Zona Ancient Egypt
  • Zona The Lost World
  • Zona Scificity
  • Zona Far-Far Away
  • Zona Madagascar
Kesemuanya akan membawa pengunjung seolah-olah sedang berada di dunia animasi.


Universal Studios Merupakan Theme Park Dunia yang  Luas, Dengan Fasilitas Super Lengkap

Seandainya di sana, saya akan mengalokasikan waktu seharian penuh untuk menjelajahi Universal Studios Singapore ini. Dengan luas 25 kali lapangan bola atau sekitar 20 hektar, tentu tidak cukup kalau hanya tiga jam atau 4 jam untuk mengeksplore semuanya. Selain itu ada laguna superbesar yang berfungsi sebagai penyejuk lingkungan, ampiteather terbesar, Universal Studios Singapore  juga  memiliki 1500 pohon yang menjadikannya rindang dan sejuk. 

Kenyamanan pengunjungpun sangat diperhatikan dengan keberadaan restoran di seberang taman.  Selain itu banyak toko-toko yang menjual cendera mata, kasino, serta cafe-cafe untuk nongkrong sembari menikmati suasana malam di dekat Universal Studios Singapore.


Di Sana Anak-anak Bisa Bertemu dengan Tokoh Idola 

Dua bocil saya, adalah penggemar Kungfu Panda dan Minion. Punya bantal bergambar minion saja mereka sudah senang.  Nggak kebayang gimana gembiranya anak-anak seandainya bisa bertemu dan berfoto bersama tokoh-tokoh idola dalam film Despicable Me, Kungfu Panda, dan juga dua ksatria Otobot Optimus dan Bumble Bee.

Merancang sebuah perjalanan wisata sekaligus petualangan yang sepertinya bakalan seru itu sungguh menyenangkan, Oke kalau begitu, waktunya menambah pundi-pundi tabungan, agar perjalanan wisata ini tak berhenti sebatas impian.

You Might Also Like

31 comments

  1. Sekarang 300 perak, cuma bisa buat beli 1 bungkus permen. Terakhir ke pasar malam, kayak e harga tiket e 10 ribu - 15 ribuan. Selisih e banyak banget.

    Kudu beneran rajin-rajin nabung ini, biar segera bisa terbang ke Singapura :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ini 300nya 30 tahun lalu, jaman harga premium 750 rupiah mungkin.. aku masih awal2 SD..diajakin tetangga liat pasar malam...😊

      Delete
  2. Tertangang dengan roler costernya. Hehehe
    Gak kebayang serunya kek gimana.

    ReplyDelete
  3. Asyik, ke Singapore pasti harus ke Universal Studionya. Saya liat banyak wahana yang menarik

    ReplyDelete
  4. wishlist aku nih kalo ke singapore. mesti main2 ke sini

    ReplyDelete
  5. Sejak dulu sampai sekarang saya paling takut naik wahana-wahana kek gitu Mbak, ngeri dan takut jatuh, hehe. Waktu kecil mau naik Ombak Banyu nggak jadi gegara lihat teman-teman pada teriak histeris waktu naik itu.

    Pas ke Dufan saat Vani kecil, memaksa diri naik wahana yang naik turun aja, nggak ekstrem sama sekali, itu aja langsung pusing sampai beberapa jam, haha. Dasar dari awal sudah penakut yaa.

    Semoga terpenuhi bisa ke universal Studio Singapura ya Mbak, pasti seru dan menyenangkan. Aamiin :).

    ReplyDelete
  6. omg aku ga akan prnh bosen ke USS :D. battlestar galactica dan the mummy nya itu seruuuuuu byanget. kalo kesana, aku rela ngantri lama hanya utk repeat naik 2 wahana itu mba hahahaha. untungnya suamiku jg seneng semua wahana yg menantang adrenalin. jd kita berdua bisa triak2 heboh berdua wkwkwkw

    ReplyDelete
  7. saya tahun lalu ke Singapur tapi ga main ke mari mbak, whehehe.... semoga kesampaian cita-citanya untuk main disana, amiiin...

    kalau saya sendiri melangitkan mimpi ke Azerbaijan tahun ini, travel selama 7 hari di ibukotanya yaitu Baku... semoga cita2kita terpenuhi, amiin

    ReplyDelete
  8. aku juga belum pernah ke Singapore mba semoga juga bisa kesini bareng keluarga kencengin doa sama sedekahnya yes mba semoga bisa kesini aamiin seru pisan

    ReplyDelete
  9. Semoga impiannya tercapai, ya, Mbak. Aku pun anak kampung yang tak pernah segan bermimpi hingga Allah mengantarnya dengan mudah... :)

    ReplyDelete
  10. Wah keren banget ya tempatnya, aku jadi pingin ke sana. Kapan ya kesampaian hehe

    ReplyDelete
  11. apa cuma bisa mimpi ya bisa sampai kesitu, hehehe, btw makasih banyak tulisanya banyak informasinya

    ReplyDelete
  12. Jan-jane aku pingin numpak roller coaster. Tapi wediiii...

    ReplyDelete
  13. Saya naik halilintar di Dufan aja trauma apalagi naik roller coaster itu yak T.T

    ReplyDelete
  14. Wah, keren mb... Semoga terwujud mimpinya untuk piknik bersama keluarga ke singapura... 😍😍

    ReplyDelete
  15. Saya aminkan doanya ya mbak, semoga terwujud. Kalau saya nggak kepengen naik roller coaster tertinggi itu, bayangin aja udah gemetar maklum takut ketinggian hahaha ��

    ReplyDelete
  16. Aku ke Universal Studio Singapore terakhit tahun 2016, pas libur lebaran. Sekarang kalau kesana kudu nabung lagi nih karena tiket masuk sekarang temenku bilang sudah 700an perorang. Tapi emang seru banget sih main disini, bisa seharian.

    ReplyDelete
  17. Mau ke USS lagi!
    beneran worth it deh.
    Ke sana dari pagi supaya ga antre naik wahana. Begitu pintu dibuka, langsung menuju wahana yang potensi ramai.
    Paling seru ya transformer (masih ada gak ya?) dan roller coaster merah-biru.

    ReplyDelete
  18. saya juga pengen kalau ke universal studio tapi kalau saya entah kapan bisa kesana hihihi. Semoga cepat tercapai ya mba bisa jalan-jalan ke universal studio :D

    ReplyDelete
  19. Noted! Semoga suatu saat aku dan keluarga bisa kesana :)

    ReplyDelete
  20. Di Batu saja, saya belum menjajal semua tempat wisata di sana. Padahal sodara-sodara saya banyak di Malang. Bismillah ya mbak, semoga bisa segera ke Singapore :)

    ReplyDelete
  21. Pengen banget kesana tapi nggak berani nyobain permainan seperti wahana gitu..main wahan di Dufan aja aku gemetaran haha

    ReplyDelete
  22. Pengen banget ke sini tapi apa daya belum ada budget berlebih.
    Saya pernah dikasih oleh oleh merchandise-nya saja sih. Suka saya. Semoga beneran bisa ada di sana.

    ReplyDelete
  23. Kerennya yak.. semoga bisa kesini bareng kiddoz

    ReplyDelete
  24. Jadi pengen main ke sini kapan kapan. Tapi untu permainan yang jejumpalitan aku belum berani Mba Sulis hehehhe. Samaan bocilmu sama aku suka kungfu panda

    ReplyDelete
  25. Sebelum ke SG harus nabung dulu supaya bisa beli tiket ke Universal Studio sekeluarga.
    Semoga bisa segera kesampaian kesana.

    ReplyDelete
  26. Semoga terwujud mbaa..aku takut banget naik roller coaster hihi..

    ReplyDelete
  27. Aku ga sanggup naik roll coaster. Soalnya parno ketinggian. Suka keleyengan

    ReplyDelete
  28. Bisa mulai dianggarkan nih dari sekarang. Biasanya kan ada promo tiket ya ke Singapore, harus segera berburu untuk sekeluarga. Sayang banget ya kalau belum pernah menikmati Universal Studio yang terdekat dengan negara kita.

    ReplyDelete
  29. Wahhh belum pernah kessini huhuhu, jauh banget dan biayanya mahal bangett :(

    ReplyDelete
  30. Uwowwow! Mau banget Mbak sampai sono. Memang harus direncanakan kalau mau agak jauh pikniknya ya (Kencengin ikat pinggang). Harus nih...

    ReplyDelete