Glagah Indah, Destinasi Wajib Wisata Pantai Kulon Progo


Glagah-indah-kulonprogo

Ngomongin Jogja dan pantai-pantai yang dimilikinya memang berasa nggak ada habisnya. Eh..habis ding, cuma lamaa. Tiga dari 4 kabupaten dan 1 kota yang ada, semuanya memiliki pantai. Asyiknya,  semuanya cantik, dengan ciri khasnya masing-masing. 


Di Gunungkidul, kita tahu ada pantai Indrayanti yang begitu tersohor. Kabupaten Bantul, dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, yang bahkan seolah-olah sudah menjadi icon wisatanya Bantul. 

Btw, hari ini kita mau mantai kemana?

Lama nggak mantai dan nggak posting tentang pantai, tiba-tiba saya kangen dengan suasana pantai. Bagi saya, ke pantai itu nggak harus nyebur, apalagi berenang. Bahaya, apalagi saya nggak bisa renang.

Warna biru yang dominan,  suara debur ombak, angin yang berhembus kencang, serta mata yang seolah merdeka karena bisa lepas tanpa batas, adalah hal-hal yang saya sukai dari suasana pantai.

Baiklah, kita dolan dan kita cari yang akses lokasinya mudah, nggak begitu jauh dari pusat kota. Yup, ada Pantai Glagah Indah, Kulonprogo. 

Dari Jogja, pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer, arah barat tepatnya menyusur jalan Wates, arah Purworejo. Akses jalan menuju Glagah Indah cenderung lurus-mulus, tanpa tanjakan maupun tikungan tajam, dan itu sangat jauh berbeda dengan rute menuju kawasan pantai di Gunung Kidul. 

Posisi pantai juga sebelahan persis dengan Bandara barunya Jogja yang saat ini masih tahap pembangunan. Jadi, besok kalau bandaranya sudah beneran pindah, bisa  multitasking; ke bandara sekaligus ke pantai, atau ke pantai, sekaligus lihat pesawat 😀

Lokasinya yang mudah dijangkau menjadikan pantai Glagah Indah terlihat paling ramai pengunjung. Selain faktor lokasi, ada beberapa hal lain yang menjadikan pantai ini saya nobatkan sebagai satu dari sekian destiasi wajib wisata pantai di Kulonprogo. Favoritnya pantai Kulon Progo lah!

Pantai Glagah memiliki laguna, yang  beneran Indah


Pantai-Glagah-Indah-Kulonprogo
Laguna Pantai Glagah Indah, Kulon Progo

Dari sekian banyak pantai di Jogja, tak banyak yang memiliki laguna. Terletak tak jauh dari muara Sungai Serang, laguna pantai Glagah Indah terbentuk secara alami akibat terjebaknya ombak laut di daratan yang memiliki cekungan, yang kemudian membentuk semacam telaga atau danau.

Di sisi selatan, tepian laguna yang dangkal dimanfaatkan sebagai arena bermain anak-anak dan juga wahana bermain bebek air, dan juga memancing, sementara di sisi lainnya digunakan sebagai dermaga perahu-perahu tempel yang siap sedia mengantarkan pengunjung untuk mengelilingi laguna.

Misal ke sana trus perut keroncongan dan Butuh wisata kulineran?  Ada. Beberapa warung makan  berada di tepian laguna, dan siap dengan aneka masakan ikan laut yang bisa dinikmati sembari merasakan semilir angin laut di bawah rimbunnya pohon cemara udang.

Pantai dengan  Tetrapod dan dermaga

Selfie diatas dermaga, diantara tetrapod

Secara mudah tetrapod diartikan sebagai beton berkaki empat, yang dengan bentuknya tersebut diharapkan mampu berfungsi sebagai pemecah gelombang/ombak, dengan cara mengalirkan gelombang laut melalui sela-selanya. Sudah lebih dari 5 tahun, ratusan atau bahkan ribuan tetrapod ini dipasang di Pantai Glagah. Otomatis, tampilan pantaipun berubah dan terlihat unik. Apalagi di kamera, cantik!

Pantai Glagah Indah dikenal sebagai pantai berpasir hitam, landai
tetrapod sebagai pemecah ombak, lokasi mancing ternyaman, dan background favorit

dermaga pantai Glagah, dengan aneka warung setengah permanen di kiri jalan

Keberadaan dermaga yang memanjang ke arah tengah laut juga memungkinkan pengunjung untuk mendekat dan lebih merasakan aroma lautan. Selain memancing, rata-rata pengunjung jalan sambil melihat pandangan, bernarsis ria di depan kamera, atau njajan-njajan karena banyak warung di sepanjang dermaga. Oh, iya..bawa sepeda juga bisa. 
Sekedar tips:
  • Di siang hari, pantai ini puanass. Kecuali di pinggir laguna. Teduh kalau di sana. Waktu terbaik adalah pagi hari, atau menjelang sore
  • Bagaimanapun, tetrapod adalah buatan manusia. Bisa rapuh, rusak, dan kekuatannya berkurang, seiring usia. Selalu berhati-hati, terlebih saat gelombang tinggi. Diujung dermaga terdapat garis batas aman. Selalu patuhi, jangan hanya karena pengen selfie..lantas mengabaikan keselamatan diri.
  • Di awal pintu masuk maupun sepanjang dermaga, banyak penjual makanan, oleh-oleh maupun produk khas Kulonprogo. Jangan khawatir, sepanjang pengalaman saya belanja oleh-oleh atau jajan makanan/minuman, semua harga adalah wajar, tanpa markup. Bahkan cenderung murah.
Berikut, pantai Glagah Indah versi video yang saya buat:



Jadi gimana, apakah kesimpulan kita tentang Pantai Glagah Indah hari ini sama?


You Might Also Like

26 comments

  1. Boleh deh nih.. kalo pas ke Jogja sekalian ke pantai ini hehe...pasirnya beda dengan pantai di daerah saya..

    ReplyDelete
  2. Hai mbak salam kenal,

    Saya dulu lama tinggal di Jogja, tapi eksplor laut cuma di Bantul dan gunung kidul, belum sampai ke Kulonprogo. Ini pantai tipe laut selatan ya mbak, ombaknya lumayan nggak jauh beda sama cilacap kayaknya. Kalau saya paling demen ke pantai habis subuh persiapan, jadi enak main nggak begitu panas. ��

    ReplyDelete
  3. Kalau gak baca tulisan ini, saya gak bakal tau kalau ternyata jogja mau punya bandara baru. ah kemana saja saya selama ini, haha. Referensi ok nih, mengingat kulonprogo yg saya tahu hanya lantai satunya lagi

    ReplyDelete
  4. Kalau gak baca tulisan ini, saya gak bakal tau kalau ternyata jogja mau punya bandara baru. ah kemana saja saya selama ini, haha. Referensi ok nih, mengingat kulonprogo yg saya tahu hanya lantai satunya lagi

    ReplyDelete
  5. Pantai Glagah memang indah banget ya mbak. Dulu aku pernah kesana satu kali.

    Cuma nih aku kalau ajak anak2 selau balik lagi ke Parang Tritis, yg jalurnya paling enak gak gitu rumit 🤣

    ReplyDelete
  6. Jogja itu banyak pantainya yaa.. tp aku blm pernah ke oantai di Jogja. Wkt ke Jogja lebaran kmrn aja gak sempet nyicipin pantai.
    Pgn juga coba kesini, pgn liat tetrapodnya, kok kayaknya lucu ya :D

    ReplyDelete
  7. Baru denger nama pantai Glagah ini. Padahal sering ke Jogja. Kurang tergauli kek nya diri ini *sigh*

    Penasaran deh, orang-orang banyak yg pepotoan di antara Tetrapodnya itu gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetrapod ini jadi background favorit buat pepotoan mba...😊

      Delete
  8. Wah Mantaaiii, pen popotoan di sanaa *ehh
    Aku sering ke jogja tapi jarang mantaiii..

    ReplyDelete
  9. Banyak aja pantai di Jogja, ya. Kayaknya selalu ada aja pantai di sana yang saya baru tau. Unik juga karena ada lagunanya

    ReplyDelete
  10. Aku pernah mampir ke kulon progo tapi ga ke glaha indahnya mak. Ternyata cantik tempatnya. Emang sih jogja gak ada abisnya buat dikunjungi ya :)

    ReplyDelete
  11. Jaman masih kuliah Pantai Glagah ini termasuk pantai yang cukup sering saya kunjungi mbak. Soalnya teman satu kos rumahnya di jalan masuk ke Glagah, jadi kalau ke rumah dia pasti mampir ke pantai ini, nggak bayar retribusi pulak hihihi. Sekarang Glagah makin cantik ya, jadi kangen main ke sini lagi.

    ReplyDelete
  12. Pantainya cantik ya Glagah, baru sekali ke sana dan bocah senang banget..kalau Semarang ada laut tapi pantainya kurang huhu..

    ReplyDelete
  13. Wah pantai di Jogja cantik-cantik banget sik. Jadi pengen ke Jogja lagi. Pengen mengeksplor pantai-pantai kece di sana. Terus banyak juga ya kan tempat wisata baru di Jogja. Cincaiii euyy

    ReplyDelete
  14. Waktu ke Jogja juga saya lewat Pantai Selatan, tapi sayangnya malam hari jadi cuma dengar deburan ombaknya aja.

    ReplyDelete
  15. Tetrapod ini gak di semua pantai ada ya Mbak ? Penampakannya memang cantik dan bikin orang masa kini gatel pengin pepotoan. Btw, belum pernah ke Pantai Glagah, klo Pantai Depok udah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya hanya pantai Glagah yang dikasih pemecah ombak mba..

      Delete
  16. disana boleh pakai baju hijau gk mbk e

    ReplyDelete
  17. Proyek bandara NYIA -nya sudah jadi berapa persen mbak? Dulu pas saya mampir di Congot itu kayaknya belum jadi, kalau ini sudah kah?

    Setuju. Hal yang bikin seneng ke Glagah itu karena ada laguna sama spot tetrapod yang menjorok ke laut itu. Ngomong-ngomong, saya baru tau kalau itu namane tetrapod. Biasane cuma bilang "pemecah ombak", gitu tok. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Targetnya bandara baru beroperasi tahun ini kan? Masih "jauh" sih kelihatannya... Kecuali nanti menjelang deadline trus dikebut pengerjaannya

      Delete
  18. Setuju mba ke Pantai itu tidak hanya untuk berenang atau main air. Menikmatinya saja membawa kepuasan tersendiri.

    ReplyDelete
  19. Oh dari post ini aku baru tau kalau ternyata pantai Glagah punya laguna ya ..., kayak pantai Depok yang juga punya laguna.

    Pemecah ombak atau tetrapodnya unik buat lokasi foto-foto.
    Cuma musim penghujan seperti sekarang ini rada takut ke pantai dulu, takut tiba-tiba ombak besar dateng.

    ReplyDelete
  20. oh, tempat ini namanya kulon progo. pernah lihat foto pemecah ombak punya teman saya di jogja dulu.. nice info mba..

    ReplyDelete
  21. Kalau lihat pantai, mata saya langsung ijo. Maklum tinggal di kota yang nggak punya pantai jadi gampang iri kalau ada yang bicara soal pantai.. hikss..

    Foto yang pertama itu paling bagus karena bisa menampilkan keindahan da keunikan pantainya.

    Keren Mbak..

    ReplyDelete
  22. Tetrapod-nya berfungsi ganda ya Mbak, selain untuk pemecah ombak juga bisa untuk pepotoan. Tetrapod penting ya, sebaiknya setiap pantai punya pemecah ombak, terutama pesisir selatan yang ombaknya terkenal besar :).

    ReplyDelete