Kulineran Siang di Baleroso Resto, Prambanan

Menu-Baleroso


Nama restonya Baleroso, tertulis jelas di bagian depan resto yang berlokasi di jalan Prambanan-Piyungan Km 4,8, Madurejo, Prambanan, Sleman.  Ancer-ancernya gampang, klo dari utara, setelah kompleks Candi Boko, kiri jalan. 

Begitu lepas dari parkiran, yang pertama kelihatan adalah ikan gurameh besar-besar yang lagi pada berenang di aquarium bagian dapur. Sengaja mungkin ikan-ikan segarnya dipamerin ke pengunjung...biar pada tau, kalau ikan yang dimasak  para chef Baleroso benar-benar segar. Apalagi, menu andalan di resto ini memang gurameh. 

Sebenarnya, ini pengalaman kedua makan di sini. Pertama, jaman balik dolan dari Magetan, bareng konco-konco kantornya pak suami, udah agak lama. Statusnya dipesenin, dibayarin juga, jadi tinggal makan. Nggak sempat lihat daftar  menu, ngintip harga, apalagi foto-foto.

Trus balik ke sini kemaren, ternyata sudah ada perluasan area. Area parkir dan makannya makin luas, makin bisa menampung banyak pengunjung, dan tentunya, makin nyaman.

Tempo hari, nggak terencana juga sebenarnya mampir di sini. Awalnya karena sulung saya pas libur, karena siswa kelas 6 lagi UN. Eh, si bungsu juga libur karena area jalan sekolahnya ditutup, kepake acara nyadran. Pak suami libur karena sabtu. Ya udah, survai sebentar, nanya-nanya ke Muhammadiyah Boarding School  Yogya (yang lokasinya di Prambanan) tentang PMB untuk SMP. Yaa..kali aja, Raka tertarik buat ikut seleksi pas kelas 6 nanti. 

Balik survai, sekalian cari makan siang. Karena pas masuk masih pukul 11.00 an, belum banyak yang berasa lapar kali yaa.. Baleroso masih sepi. Jadi untuk tempat duduk, masih banyak pilihan. Formatnya, yang saya tahu, semuanya lesehan. Dengan sigap, seorang mas-mas waiter menghampiri kami sambil membawa 2 buah buku menu. 


Pilihan-Menu-Baleroso
beberapa pilihan menu

Hmm..mau pesen apa yaa? Ada sistem paketan, ada yang nggak. Agak bingung juga karena varian makanan di sini banyak. Tapi endingnya kami pesen yang biasa dimakan aja..
  • Ayam kremes
  • Cumi krispi asam manis
  • Nila bakar (isinya 2 ekor)
  • 2 Milshake coklat
  • 1 es Kelapa Muda
  • 1 es teler
  • Nasi putih
Segitu cukup. Saat mas staff restonya pergi baru keingat...lhah, sayur sama sambel kelupaan pesen? Sayur sih bisa di skip. Tapi makan tanpa sambel? Berasa makan tanpa bumbu kalau saya... 

Menunggu pesanan disiapkan, Ngobrol-ngobrol dulu, paling 15 menitan.

Dan ternyata..


Ayam-goreng-kremes-Baleroso
Ayam goreng kremes



Cumi asam manis



Nila bakar

Ada trancam sebagai ganti lalapan

Begitu yang kami pesen datang, ternyata apa yang kami pesen sudah dilengkapi dengan trancam+sambal. Jadi berasa beruntung tadi nggak order sayur... dan kebetulan saya penyuka trancam. Itu tuh, sejenis urap, tapi sayurannya mentah. Jadi seger!

Oke, yuk mari dicicip rasanya! Dari segi tampilan, semua masakan yang disajikan Baleroso terlihat bersih. Kesannya menarik. 

Milkshake
Milkshake

Es Klamud
Milshake nya saja menggoda banget kan kalau pas haus dan cuaca lagi panas? Saya sempat nyruput sedikit minumnya anak-anak ini...nyoklat beneran rasanya.

Saya yang pesen es kelapa muda pake gula jawa juga puas. Derajat kemudaan kelapanya pas. Jadi nggak muda banget, tapi juga nggak terlalu tua. Empuk kelapa dan manis kuahnya pas dan nyegerin. 

Kalau yang es teler, nggak nyicip. Punya pak suami.. mana mau dia berbagi minuman. Cuma sekilas, buahnya macem-macem. Nanas, melon, sama nangka. Seger kelihatannya.

Menu-menu yang digoreng juga terlihat kering, crunchy..nggak banyak minyak. Demikian juga dengan menu bakarnya...coklat menarik!

Rasanya? Yaa..jelas enak lah. Untuk cumi krispinya, kurang sedikit asin. Untuk ayam, pas. Kremesnya renyah banget.

Nah..waktu kami makan ini, Baleroso semakin ramai. Di sebelah kiri tempat duduk kami ada rombongan keluarga besar. Acara syukuran kayaknya.. Nggak lama kemudian, datang rombongan anak-anak muda pakai bis. Rombongan wisata sepertinya. 

Kelar makan, gila! Kenyang banget perutnya. Meski itungannya 1 porsi, tapi ukuran menunya besar. Kalau untuk makan satu orang/porsi..menurut saya sudah cukup pake banget. Malah sisa paling..dan bisa dicemil belakangan.

Selain porsinya yang lebih dari cukup alias besar, harga-harga makan dan minum Baleroso masih standar lah, 39 ribu untuk satu piring cumi, 18 ribu untuk satu porsi ayam goreng, 35 ribu untuk nila bakar, 15 ribu untuk segelas milkshake+es teler, dan 7 ribu untuk satu gelas es kelapa muda yang segar. Apa yang dibayar, seharga dengan apa yang disajikan. Terlebih, fasilitas di Resto ini juga lengkap, ada parkiran luas, kamar mandi yang bersih, dan juga mushola dengan mukena yang wangi. 

Mau nyoba kulineran di Baleroso, Prambanan, Jogja?





You Might Also Like

3 komentar

  1. Ceritanya dan pengalamannya menarik dan super lengkap itu yg saya tangkap. Saya serasa ikutan makan juga, hahay.....makyuzzzzz! :)

    BalasHapus
  2. Es klamut-nya bikin ngiler bangeet :D

    BalasHapus
  3. Trancam plus sambalnya pengganti lalapan ... hmm .. bikin langsung mendadak lapeer ...

    Disantap pake nasi panas kepul-kepul ... bikin makin lahaap

    BalasHapus