Nyicip Menu di Resto Baru, Joglo Jamal 17 Yogyakarta

Joglo-Jamal-17

Kalau ada tempat makan baru, biasanya saya penasaran. Pengen tahu tempatnya kayak apa, menu makanan dan minumannya enak apa biasa aja, dan harga-harga nya sesuai nggak sama yang kami dapat. Hal tersebut, berlaku juga saat ada resto baru yang barusan di soft launching, dengan lokasi yang paling cuma 3 menit dari rumah. Deket banget. Namanya Joglo Jamal 17

Belum ada seminggu restonya dibuka. Bener-bener gress! Sesuai namanya, resto ini bentuk bangunan utamanya joglo. Pakai embel-embel nama Jamal17 di belakang namanya, karena lokasinya berada di Jalan Magelang Km 17. Kalau dari kota Jogja, 2 kilometer an sebelum masuk wilayah Magelang, Jawa Tengah, berdampingan persis dengan depo pasir SKS.

Aslinya saya juga kepikiran..kenapa bisnis kulineran di samping depo pasir? Apa nggak berdebu? Tapi sepertinya pemilik resto sudah mengantisipasi resiko tersebut dengan menanam aneka pohon di sekitar resto. Harapannya di samping untuk peneduh, bisa juga sebagai filter udara agar polusi debu-debu pasir bisa diredam.

"Wah..investasinya gede ini. Bangunannya full kayu gini. Bagus-bagus lagi" gumam pak suami begitu nyampe, trus kami keliling-keliling liat suasana. Tentunya, setelah sebelumnya order makanan dulu.
masih dalam tahap pembangunan

Tempat makannya lapang

Untuk variasi, menu makanan di sini belum terlalu banyak, tapi sudah mencakup minuman, makanan, maupun menu-menu ringan yang bisa dijadikan cemilan, atau pengganjal perut saat tak terlalu lapar. Sayang, menu makan beratnya belum ada jenis-jenis ikan/seafood.

Pas kami mampir, belum ada pengunjung lain yang datang. Iya, cuma kami berempat. Judulnya pulang dari jemput sekolah, trus mampir sebelum balik ke rumah. Harusnya sih, waktu tunggu kami cuma sebentar, tapi ternyata..lumayan lama juga kami nunggu. Tapi ada manfaatnya juga, karena saya bisa ambil foto-foto suasananya resto.

beberapa bulan ke depan, tempat ini akan menunjukkan keasriannya

salah satu sudutnya Joglo Jamal 17

area untuk makannya lapang, banyak pilihan tempat yang nyaman untuk duduk dan menikmati makan

Namanya baru. Jadi kami masih maklum kalo masih sepi, masih banyak tukang di sana-sini, staff yang kelihatannya masih kaku, dan lain sebagainya, termasuk waktu tunggu yang memakan waktu sekitar 30 menitan tadi.

"Maaf lama menunggu...". Dua waitress datang dengan nampan membawa pesanan kami. Kenapa nggak minuamanny dulu sih yang diantar, batin saya. Berikut makanan/minuman yang kami pesen:
  • Mie goreng
  • Nasi goreng sapi
  • Ayam goreng bakar madu+nasi
  • Pisang goreng bakar madu
  • 2 rainbowjuice
  • 1 strawberry breeze
  • 1 es  jamal

Dari segi rasa bagaimana?
Ini hasil icip-icip lidah saya, plus menampung masukan anak anak dan pak suami lho yaa..

Mie-Joglo-Jamal
Bakmi  Goreng  17000/porsi
Seperti kebanyakan anak-anak, Alya pecinta mie. Jadi, mie goreng ini bisa jadi senjata ampuh kalau pas dia milih nggak mau makan, saat kami bertiga pesen makanan.

Dia lahap makan mie di Joglo jamal ini. Itu artinya, mie nya enak dalam artian nggak keasinan, kebanyakan merica atau gimana. Saya sempat nyicip, gurih kok mie gorengnya. Potongan daging ayamnya juga banyak dan empuk. Rate 7,5 dari skala 10.

Ayam bakar madu, 12.000 per porsi


Ini ayam bakar madu, pesenan pak suami. Mungil ya ukurannya? Dari segi ukuran, ayam di sini potongannya lebih minimalis dibanding ukuran ayam di beberapa tempat njajan yang sebelumnya kami coba. Meski labelnya ayam goreng madu, tapi rasa madu/manisnya nggak begitu kerasa. Jadi mirip yang tanpa label madu.."rate 6 skala 10" kata pak suami

Pisang Bakar Madu,  7.000/Porsi

Mirip ayamnya, pisangnya juga mungil. Tapi memang harganya ga mahal. Mau dapat banyak..ya, beli aja di pasar, trus bakar sendiri, makan sendiri..kenyang! Bha..ha..ha. Rasanya standar. Nggak istimewa, nggak mengecewakan. Poin 7 skala 10.

Ini pesenannya Raka. Cepet sih dia ngabisinnya. Karena enak+lapar sepertinya. Saya sempat nyicip juga, pedesnya pas. Gurihnya juga bukan gurih kebanyakan bumbu instant. Recomended kalau yang ini. Skor 8 deh!
Nasi Goreng Sapi, 17.000/porsi

Geser ke minuman. Biar ga rebutan, sengaja pesen minumnya sama antara Raka dan Alya, Rainbow juice.

Rainbow Juice, 12.000
Tampilannya menarik untuk anak-anak, karena warna-warni. Rainbow juice berisi juice alpukat, mangga, dan jambu yang disusun sedemikan rupa agar terlihat cantik. "Jus jambunya kebanyakan" komentarnya Raka. Iya, saya nyicip punya Alya..rasa jambunya memang paling dominan diantara 2 rasa lainnya.  

Straberry Breeze (gula cair terpisah), 15.000

Straberry breeze merupakan campuran straberry dan daun mint yang di blender kasar. "Memang blendernya nanggung gini ya klo breeze itu?" Tanya pak suami ke saya.
"Lha embuh..orang aku juga nggak pernah pesen minum aneh-aneh. Mungkin biar kelihatan aja klo itu beneran strawbery yang diblender" 

Es Jamal, !7.000
Malah sebenarnya minuman dengan nama Es Jamal ini yang menurut saya agak aneh kombinasi dan rasanya. Jadi awalnya saya penasaran trus mesen ini gara-gara saya pas lihat di buku menu (tanpa gambar/foto), trus nanya ke mbak waitress
"Es jamal kayak apa ya mba...? "
"Es..campur-campur bu"
"Yang dicampur?"
"Roti...ya macam-macam"
Jawaban mengambang kayak gini yang bikin penasaran. Setelah di depan mata, beneran saya lihat campuran. Agak ajaib sih. Pertama baru nemu ada es dengan komposisi air gula merah dengan diberi pelengkap pipilan jagung manis rebus, roti tawar, sagu mutiara, potongan kolang kaling dan kacang merah, trus dikasih es. Paduan warnanya kurang menarik menurut saya. Rasanya juga biasa banget. Kenyang setelah minum es, karena karbonya banyak😊

Namanya resto baru, saya pikir memang masih butuh masukan, dan saya berharap ini berguna. Kedepannya lagi...kalau suatu hari saya mampir lagi..semoga menu-menunya makin komplit.

Kalau penasaran dengan menunya Joglo Jamal, lokasinya di Jalan Jogja-Magelang KM 17, Cungkuk, Margorejo,  Sleman, Yogyakarta.




You Might Also Like

7 komentar

  1. Buka puasa masih lama ya, Mbk ?
    Udh kebayang2 aja nih bawaannya abis main ke sini... hahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lama mba... Ini baru dhuhur..πŸ˜€πŸ˜€ makasih mb, sudah mampir..

      Hapus
  2. Membaca kebersamaan keluarga Mbak ketika menikmati Kuliner, membuat saya sedikit2 mulai mengerti tentang apa yang disukai oleh keluarga Mbak. :)

    BalasHapus
  3. Sukanya pesen nasi goreng ya Kang...

    Ha..ha. murah-meriah, nggak pake nunggu lama soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naci oleng saya memang suka mbak, palagi free... :)

      Hapus
  4. Haduh siang2 liat yg seger2 jadi pengeenn... *ehh

    BalasHapus
  5. Kemarin saya juga penasaran pingin nyoba mbak. Tapi melihat pengalaman Mbak Sulis....sepertinya nunggu menunya banyak dulu sajalah.

    BalasHapus