Itinerary 3D2N Wisata ke Batu Jawa Timur, Start dari Jogja

4 comments
Itinerary Jogja Malang 3 hari 2 malam dari yogya

Saat merencanakan sebuah perjalanan wisata, ketika hal-hal yang sifatnya  teknis beres, kadang kita masih kepikiran tentang besok kalau dah nyampai lokasi mau kemana saja dan berapa lama alokasi waktu yang dibutuhkan. Itulah kenapa, saya menganggap meski tidak harus detail dan saklek, itinerary menjadi sesuatu yang diperlukan untuk dipikirkan/ disusun. Termasuk ketika kami merencanakan untuk liburan keluarga dari Yogya ke Malang selama 3 hari dua malam.

Secara mudah saya mendefinisikan Itinerary sebagai rencana perjalanan, atau kalau dalam sebuah kegiatan mirip rundown acara.  Dalam rencana perjalanan ini akan ada daftar destinasi, jadwal harian, transportasi yang digunakan bahkan bila perlu budget yang dianggarkan.

Untuk tipikal perjalanan keluarga yang mandiri, menurut saya meskipun itinerary ini bisa banget nanti nyesuaiin situasi dan kondisi lapangan, tapi ya paling tidak tetep ada gambaran kasar rencana mo ngapain aja di sana.

Tempo hari, saya dan keluarga dolan ke Batu, Jawa Timur dan mungkin tulisan ini membantu teman-teman lain yang hendak melakukan perjalanan serupa.

Itinerary  3 Hari 2 Malam (3D2N) Yogyakarta-Batu, Jawa Timur

Day 1, Jum'at
Dari Jogja  kami berangkat pukul 10 pagi. Terlalu siang sebenarnya, tapi karena nunggu Raka pulang sekolah, pasca ujian semester. Tujuan kami, daerah Oro-oro Ombo sesuai lokasi homestay yang sudah dibooking beberapa hari sebelumnya.

Perjalanan Jogja-Batu, memakan waktu total  sekitar 9 jam dengan kendaraan pribadi. Itu sudah termasuk 2 jam perjalanan nyobain tol terbaru Solo-Kertosono.  Biaya tol, sekitar 120an ribu.

Sekitar waktu Isya, kami sudah memasuki kawasan Batu. Langsung check-in? Nggak. Mumpung belum terlalu malam, menikmati suasana malam di Alun-alun Kota Batu terlebih dahulu.

Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Batu di waktu malam

Nongkrong di alun-alun termasuk wisata malam yang murah meriah, plus bisa sambil nyari  tempat makan malam juga. Di seputaran alun-alun banyak berjejer penjual makanan menggunakan gerobak dengan menu sajian beragam. Harganya logis, tanpa mark-up😊 Malam itu saya njajan bakso Malang, perporsi dihargai  hanya10ribu rupiah.

Di samping kulineran, Alun-Alun Kota Batupun bisa digunakan sebagai arena momong anak, karena memiliki playground ukuran lumayan besar yang bisa dinikmati secara gratis, komidi putar dan juga ferris wheel ukuran raksasa yang bisa dicoba hanya dengan membeli tiket seharga 5000 saja. Saya nggak nyoba, antriannya panjang bangettt😀

Pukul 21.00, wahana permainan tutup. Pelan tapi pasti, alun-alun Batu mulai menyepi. Kami menuju homestay (Lancar homestay syariah, review di post terpisah) yang berjarak 4,5 kilometeran dari Alun-Alun. Check-in, bersih-bersih, istirahat.

Baca juga : Lancar Syariah, Homestay Nyaman dengan Harga Terjangkau

Day 2, Sabtu
Rata-rata obyek wisata non-alam di Batu jam operasionalnya siang, di atas jam 9 pagi. Makanya, biar bisa maksimal eksplor kawasan wisata, jam pagi adalah jatah untuk wisata alam. Kami start jalan hari itu pukul 08.00 pagi, tentunya sudah mandi segar dan sarapan kenyang,.

Coban Rondo

Berada di Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Dari Batu, jarak yang kudu ditempuh sekitar 12 Km, nggak sampai 30 menit  perjalanan. Batu di waktu pagi, tidak begitu macet.

Air terjun di akhir pekan, padat dengan pengunjung

Awal musim hujan, debit belum terlalu besar
Pesona yang dimiliki tempat wisata ini sudah kelihatan begitu jalanan mulai berubah menjadi banyak kelokan dan sedikit menanjak, dengan hutan pinus di kanan-kiri jalan. Dikelola PT. Palawi Risorsis, harga tiket masuk yang dikenakan ke pengunjung bervariasi, tergantung week end/non week end dan juga jenis wisata yang dipilih, terusan atau non terusan. Kami milih yang non terusan, @20.000, plus biaya parkir 10.000. Untuk tiket terusan, selain air terjun pengunjung memang bisa menikmati fasilitas wisata yang lain, yakni taman labirin. Post mengenai Coban Rondo, nanti saya tulis terpisah.

Jatim Park 3
Menjadi destinasi berikutnya karena obyek wisata yang dibuka akhir tahun 2017 ini memulai jam operasionalnya pukul 11.00 siang. Jatimpark 3 berada di Jl. Raya IR Soekarno No 144, Beji Jun Rejo Batu. Untuk masuk, ada beberapa jenis  tiket  yang bisa dipilih pengunjung untuk bisa menikmati wahana permainan di Jatim Park tiga ini.

Harga tiket bervariasi, mulai 100-170ribu

Salah satu wahana di Dinopark; jelajah 5 jaman

dinopark

Warung Makan Mbok Sri

Tempat makan ini dekat banget dengan Jatim Park 3, cuma sebrangan jalan. Jadi bisa banget klo habis muterin Jatim Park 3 trus mampir ke resto ini buat isi BBM tubuh😊

Tempo hari, kami makan di sini setelah pulang ke homestay, mandi, sholat dulu, baru nyari makan. Dari segi restonya, asyik. Jadi kami lesehan lantainya kaca dan di bawah kami ikan yang lagi pada renang, dengan suasana lampu temaram. Ada playground juga buat anak-anak, jadi Alya betah. Satu lagi, saya pesan ayam dan empuk banget rasanya...jadi bisa bersih makannya. Tinggal tulang.

Ayam bakarnya empuk se tulang-tulangnya

suasana pas malam, bisa lesehan, bisa pake meja-kursi

Harganya? Nggak mahal banget, tapi juga nggak termasuk murah. Ya, mungkin karena saya terbiasa di Jogja yang gampang banget nemu resto murah.  Oh, iya alamat Warung Mbok Sri ada di Jl Raya Beji No.105, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Baca juga : Lagi di Jogja? Cobain deh warung of Raminten

Malang Night Paradise

Sesuai namanya, Malang Night Paradise merupakan salah satu wisata malam yang bisa dinikmati saat berada di Malang. Beberapa pertunjukan yang bisa dinikmati pengunjung diantaranya Dancing Water Fointain, aneka warna lampion, dan warna-warni lampion dengan tema yang masih dekat dengan dunia dinosaurus. Lokasinya di tengah perumahan elite,  Perumahan Graha Kencana dan se lokasi dengan Hawai Waterpark. Kalau siang yang aktif waterparknya, baru pukul 18.00-23.00 baru Malang Night Paradise. HTM: 30 ribu/orang.

Temanya masih dino-dinoan gitu lah...

Day ke 3, Minggu

Hari terakhir kami di Batu. Pada bangun kesiangan gara-garanya capek😀 Target dolan kita hari itu satu obyek saja, Jatim Park 2 saja plus nyari oleh-oleh. Sesuai info, Jatim Park 2 mulai buka 09.30, dan kami kelar mandi sarapan, dsb pukul 08.00.

Sekalian check-out, kami langsung ke Pusat oleh-oleh Deduwa. Pertimbangannya karena ini pusat oleh-oleh yang terdekat dan termasuk besar. One stop shopping. Mikirnya, pasti lengkap, dan memang lengkap sih.

Jatim Park 2

Begitu sampai lokasi, pas loket tiket baru saja dibuka. Saya beli tiket untuk Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, @120.000/orang.  Setelah tiket ada di tangan, bebas mau masuk Museum dulu, atau Batu Secret Zoo dulu. Sekedar info, namanya museum sifatnya indoor, tertutup jadi ga masalah kalau hujan. Berkeliling museum sekitar 1 jam sudah selesai.

Sementara untuk Batu Secret Zoo, rata-rata outdoor dan dibutuhkan 5-6 jam untuk mengeksplore semua zona yang ada. Serius, di Jatimpark 2 ini..masuk pagi, keluar sudah sore saking luasnya.

Pukul 15.00 akhirnya kami sampai di pintu keluar. Ha..ha, pegel! Review lengkapnya nanti saya tulis terpisah saja. Senin Pak Suami ngantor, jadi memang kami memang harus segera balik Jogja.

Udah panjang nulisnya. Blog sebelah juga udah antri minta diupdate. Maaf, beberapa hari kemaren kena sindrom M ---males.. Semoga sekarang sudah beneran sembuh, ha..ha! C U...