Traveling Romantis Budget Minimalis? Bisaaa.... Ke Jogja Aja!

  • February 23, 2020
  • By Tri Sulistiyowati
  • 7 Comments

Traveling-romantis-jogja
Cinta, kasih sayang itu universal, milik semua orang. Cinta dan kasih sayanglah yang mendasari relasi antar sesama.  

Cara mengungkapkan dan mengapresiasikannya saja yang bisa jadi berbeda. Menyatakan cinta tidak melulu harus melalui rangkaian bunga ataupun manisnya cokelat kan? Bagaimana dengan sebuah perjalanan yang romantis, namun tak membuat dompet tipis?

Kamu bisa mencobanya di Jogja. Yup, di kota ini kamu bisa berwisata romantis “gaya koper” maupun “gaya ransel”. Berikut, tempat-tempat wisata romantis yang bisa kamu sambangi, dengan budget minimalis.

Menjelajah negeri dongeng di The Lost World Castle

The Lost World Castle berada di Desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman di atas tanah seluas 1300ha.  Selain udara pegunungan yang bersih dan segar,  daya tarik lain tempat ini adalah spot-spot foto yag instagenik.  Cukup merogoh kocek 30000/orang dan pengunjung bisa memiliki banyak foto dengan background yang memukai.

The-Lost-world-castle-Jogja
image instagram @vian_sadewaproduction

Sayangnya, bangunan The Lost World Castle didirikan terlalu dekat dengan puncak Merapi, dan masuk dalam kawasan rawan bencana. Bahkan penamaan The Lost World sendiri konon berhubungan dengan bencana erupsi Merapi, dimana sebelumnya kawasan ini pernah hangus terlalap awan panas. Karena itu, satu pesan sebelum kamu memutuskan untuk bewisata romantis di sini adalah update status gunung Merapi terlebih dahulu ya


Menikmati Suasana Malioboro


Malioboro-waktu-malam
image: instagram @malioboro_insta

Suasana malam di Malioboro itu romantis lho.  Banyak kok yang bisa kamu lakukan di salah satu ruas jalan legendaris di Jogja ini. Menikmati sore sambil duduk-duduk di kursi-kursi panjang yang tersedia sebenarnya sudah cukup menyenangkan. Atau kalau sekiranya kamu butuh oleh-oleh atau kenang-kenangan khas yang ada, susuri saja trotoar di depan komplek pertokoan yang ada. Kalau kamu pintar menawar, nantinya kamu akan mendapatkan berbagai souvenir dengan harga yang sangat bersahabat. 

Lapar? Ah, nggak perlu khawatir. Ada ragam kulineran yang bisa kamu coba di seputaran Malioboro, mulai lesehan dengan menu-menu khas seperti gudeg dan aneka bebakaran (ayam, ikan, bebek, burung dara) atau mungkin kamu penasaran dengan kopi Joss? Bisa dicoba!


Bermain Masangin di Alun-Alun Kidul


image: instagram @myaprika

Bisa jadi permainan masangin ini hanya ada di Jogjakarta, tepatnya di Alun-Alun Kidul. Inti dari permainan ini adalah berjalan diantara dua beringin dengan mata tertutup. Mitos yang beredar, kalau kamu bisa melaluinya, konon katanya permintaanmu bakalan terwujud.

Tradisi masangin ini sudah ada sejak jaman dahulu, dan biasa dilakukan setiap malam satu suro oleh prajurit dan abdi dalem Keraton Kasultanan Yogyakarta. Ritual ini mereka yakini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan berkah dan meminta perlindungan dari serangan musuh.

Saat ini, masagin banyak dilakukan oleh masyarakat pada umumnya, termasuk wisatawan.  Ya, kalau saya anggap saja itu sekedar permainan. Dengan mata tertutup, mencoba berjalan melalui pohon beringin bersama pasangan, romantis bukan?

Selain masangin, hal lain yang membuat Alun-Alun  Selatan menarik adalah kerlap-kerlip mobil odong-odong yang banyak dijumpai di seputaran alun-alun dan juga aneka kuliner pinggir jalan tersedia lengkap, mulai wedang ronde, jagung dan kacang rebus, dan juga cilok. Dijamin, kamu akan puas menikmati aneka jajanan rakyat dengan harga merakyat pula tentunya.


Menikmati “Kerlip Bintang” di Bukit Bintang, Hargodumilah

Bukit Bintang atau Bukit Hargo Dumilah berada di Jalur wisata utama arah  Kabupaten Gunungkidul. Posisinya yang berada di ketinggian, menjadikan pengunjung leluasa untuk menikmati panorama Jogja bagian bawah. Lampu kota yang menyala di petang/malam hari, akan tampak seperti bintang bertebaran bila dilihat dari atas. Inilah yang menjadi daya tarik utama Bukit Bintang, Hargodumilah.

Di sini, kamupun bisa memilih ragam kuliner untuk melengkapi wisata kamu. Mulai warung-warung kecil, sampai yang kelasnya restoran ada. Makan malam dengan view berupa panorama “ribuan bintang” dari kota Jogja sepertinya pilihan menarik! Kamu tinggal menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.


image: koleksi pribadi

Waktunya Berburu Tempat Istirahat

Capek raga setelah menikmati beberapa tempat wisata di Jogja? Ada baiknya, kamu mengistirahatkan badan. Di Jogja banyak sekali penginapan yang bisa kamu pilih. Budget minim? Itu bukan halangan untuk mengekpresikan cinta kamu ke pasangan. Tetep banyak pilihan yang bisa kamu coba. Misalnya saja nih salah satu penginapan di area Bukit Bintang Ini, Bukit Indah Hotel dan Restaurant.  Hotel ini  termasuk satu dari sekian banyak OYO Hotels yang ada di Jogja. Aku aja ngiler loh untuk bisa berakhir pekan, staycation di sini bareng suami sama anak-anak di sini. 


Bukit-indah-dan-resto
oyo hotel : Bukit Indah Hotel dan Restoran






Dari tampilannya sudah kelihatan  serunya nginep di sini. Pertama, posisinya sangat dekat dengan tempat wisata Bukit Bintang. Kedua, hotel dan restaurant berada dalam satu kawasan jadi lebih gampang urusan nyari makanan saat lapar. Ketiga, view nya itu loh! Cakep banget. Bahkan ibaratnya nggak usah beranjak dari hotel alias sekedar staycation trus gegoleran saja di kamar tetep bisa menikmati pemandangan alam dan urusan perut juga terkondisikan.

Rate harga? Jelas amanlah... sekarang, apa sih yang sulit apalagi untuk urusan nyari hotel murah di Jogja? Makanya, aku follow aja akun IG dan twitternya OYO, biar nggak ketinggalan info.






Jadi Gimana, sudah mulai nyusun itinerary untuk ke Jogja?

You Might Also Like

7 comments

  1. Wah, banyak pilihan ya kalau mau eksplore Jogja. Pantesan Jogja selalu penuh. Ide menarik ini, nginep di sekitar buku bintang. Asyik kayaknya..apalagi pakai OYO yang ramah di kantong. Tfs..

    ReplyDelete
  2. Saya kok belum bisa move on dari Malioboro ya mbak. Masih ada dendam kesumat yang belum tuntas: berfoto di bawah tulisan jalan Malioboro. Duhh, receh banget yaa, tapi masih penasaran sebelum ditunaikan.

    Semoga Allah masih memberi kesempatan suatu saat nanti bisa kesampaian. Langsung deh akan saya jadikan pp, hehe. Aamiin ... 😍😊

    ReplyDelete
  3. Aku lgs sukaaaaaa liat view dari jendelanya mbaaaa. Kebayang sih duduk2 di kamar ato resto hotel sambil melihat kelip2 lampu kayak bintang begitu pas malam :D. Jd pengen balik ke jogjaaa . Udh lama sih aku ga kesana.. catet dulu ini mah hotel OYO nya :D. Harus nginep disana kalo ntr ke sini lagi

    ReplyDelete
  4. Jogja memang tempat favorit buat traveling dengan budget minimalis. Makanannya enak2 dan murah meriah.....
    Duh semoga balada virus ini cepat berlalu biar bisa traveling lagi.

    ReplyDelete
  5. Kapan yo wabah ini berakhir, aku wes ora tahan pengin jalan2. Tiap hari bingung mau ngapain. Selasa wage juga ditiadakan to. Pokoknya kalau wabah berlalu, yg pertama dilakukan harus piknik.

    ReplyDelete
  6. Malioboro dan Jogja memang punya daya tarik sendiri. Ga prnah bosan kalau ke jogja. Salah satu cara menikmati jogja adalah dengan berjalan kaki :D

    Hotelnya sangat bagus. Cocok untuk menikmati pemandangan jogja dari perbukitan.

    Liburan di Jogja selalu menyenangkan.

    ReplyDelete
  7. Akh, semoga epidemi corona segera berakhir ..., kangen rasanya jalan-jalan lagi ke Malioboro setelah lihat foto di artikel ini.

    ReplyDelete