Menikmati Gagahnya Merapi dari Bukit Klangon

  • February 14, 2020
  • By Tri Sulistiyowati
  • 1 Comments

Merapi-dari-bukit-klangon

Kemarin pagi (13/2) Merapi erupsi. Untungnya, semuanya masih aman terkendali. Status masih waspada, dan aktivitas warga masih normal, seperti hari-hari sebelumnya.

Bagi masyarakat Jogja, sampai kapanpun Merapi tetap gunung berapi yang misterius. Saat murka, bisa jadi ia menjelma menjadi momok yang menakutkan dan harus segera dijauhi. Tapi saat tenang, dan sosoknya terlihat jelas maka berbondong-bondong orang ingin menikmatinya secara lebih dekat. 

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk melihat cantiknya Merapi adalah Bukit Klangon

View-Merapi-dari-Klangon
View Merapi dari Bukit Klangon saat cuaca cerah

Dulunya, Bukit Klangon dikenal sebagai Bukit Glagaharjo karena berada di wilayah Desa Glagah Harjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Merujuk dari beberapa sumber, sebenarnya bukit ini sudah dibuka untuk umum pasca erupsi Marapi 2010. Tapi baru belakangan, pamor Bukit Klangon melejit, salah satunya, berkat peran media sosial.

Hal-Hal Menarik yang Bisa ditemui di Bukit Klangon

Jembatan-Bukit-Klangon

Udara yang segar, itu pasti. Datang pagi hari, dan hirup udara pegunungan sepuas-puasnya. Kalau bisa ngomong, pasti paru-paru akan bersorak gembira.

Setelah itu naik ke menara pandang yang disediakan. Rugi kalau cuma numpang foto saja, pandangi juga lama-lama Merapi yang berdiri gagah.

Berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Merapi, saat cuaca cerah ini saya bisa melihat rekahan sisa erupsi 10 tahun silam. Ngeri-ngeri takjub. Keinget jaman berstatus jadi pengungsi gara-gara Merapi erupsi. 


Ngecamp bisa, atau sekedar santai-santai bawa bekal dari rumah atau beli di warung-warung kecil di lokasi 

Selain digunakan sebagai salah satu spot menikmati Merapi, pengunjung sebenarnya juga bisa berlama-lama di sini dengan cara nge-camp atau berkemah. Ada fasilitas camping ground yang bisa digunakan. 

Tak hanya menggunakan motor dan mobil, banyak juga pengunjung yang datang ke Bukit Klangon ini dengan menggunakan sepeda gunung. Kalau untuk golongan awam kayak saya, berat sih rutenya. Nanjak terus!

Tapi banyak juga yang membawa sepeda dengan menggunakan pick-up, untuk kemudian loading dan melakukan downhill di track yang ada. Beneran menguji adrenalin kalau yang ini..

Intinya, sebenarnya banyak yang bisa dilakukan di Bukit Klangon ini. Tapi ingat ya, datang ketika situasi Merapi tengah dalam kondisi aman. Ok?!

Baca juga postingan serupa tentang puncak Telomoyo: Satu dari 7 Kilometer Menuju Puncak Telomoyo

You Might Also Like

1 comments

  1. Rutenya ada lis? Gmaps-nya mungkin?

    Menarik ini. Bisa ngajak anak-anak sekalian. Mumpung sdh pada ngerti.

    Tur biar ada kenangan sama merapi, ben ra ilang ambune jogja😁

    ReplyDelete