Bepergian Kok Seperti Mau Pindahan, Terapkan Tips Packing Ini Biar Bawaan Semakin Ringkas Yuk!

  • October 11, 2019
  • By Tri Sulistiyowati
  • 2 Comments

Perasaan cuma nginep di luar rumah dua hari. Kenapa mesti  bawa 1 travel bag gede gini yaa? Mana masih gendong backpack pula. Trus, ketemu sama teman sekamar di hotel, mba Irul si pemilik catatansiemak.com. Bajunya gamis, jilbabnya gede, tapi kok barang bawaannya terlihat lebih ramping.  Kok bisa yaa?
***
Itulah sekelumit pengalaman saya, saat mengikuti sebuah event blogger beberapa waktu lalu. Kalau kamu sendiri, punya kisah mengesankan tentang per-packing-an?

image dari pixabay.com

Packing atau mengemas barang bawaan  memang hal yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas bepergian atau travelling. Mau dekat, mau jauh, entah ke gunung, ke pantai, atau menghadiri acara formal sekalipun yang butuh waktu lebih dari 1 hari tetep harus membawa barang bawaan, minimal baju ganti.


Cuma masalahnya, tak semua orang bisa menyiapkan barang bawaannya menjadi seringkas yang ia mau. Kadang sudah niat hanya membawa yang diperlukan saja. Tapi giliran sudah tertata, tetep saja banyak yang mesti dibawa? Dan Kalau coba ditelusuri, pasti ada yang salah dengan teknik yang selama ini dipergunakan.

Kesalahan yang sering dilakukan saat packing
  • Melakukan packing beberapa menit sebelum berangkat; teknik packing ngebut ini  sebenarnya  nggak aman alias rawan ada yang kelewat/tertinggal.
  • Kadang kita terjebak dengan seberapa lamanya kita akan  bepergian, sehinga dengan sengaja membawa begitu banyak barang namun  akhirnya hanya mubazir atau tidak terpakai di tempat tujuan.
  • Terlalu banyak membawa/menaruh celana jeans di dalam tas/koper, padahal sebenarnya tahu kalau jeans termasuk jenis pakaian yang berat dan membutuhkan banyak space.
  • Tidak memanfaatkan ruang dalam tas secara maksimal, misalnya asal memasukkan barang-barang tanpa mengklasifikasikannya terlebih dahulu/tidak menggunakan ruang kosong dalam sepatu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.
  • Kalau sudah begini, baru percaya bahwa keahlian mengepak barang itu sesuatu yang wajib dikuasai, terlebih untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Siapa sih yang nggak kepengan bepergian dengan “ramping” tanpa perlu membawa banyak barang bawaan? 
Tips packing sebelum memulai perjalanan
  • Yang mesti dilakukan pertama kali adalah bikin daftar semua kebutuhan. Buat cek list mana barang yang sudah masuk/mana yang belum. Ingat, daftar barang-barang yang dibutuhkan, bukan barang-barang yang ingin untuk dibawa
  • Membawa satu alas kaki yang bisa untuk semua keperluan, adalah salah satu cara juga untuk meminimalisir barang bawaan saat bepergian. 
  • Gulung pakaian, bukan dengan cara melipatnya seperti saat kita menaruh di lemari. Menggulung baju disamping menghemat ruang penyimpanan juga dipercaya bisa mencegah pakaian berkerut.
  • Hindari membawa pakaian yang tebal. Kalaupun mesti membawa jenis pakaian tebal, pakai saja saat berangkat.
Selain itu, ada faktor yang tak kalah penting, yakni mengenai pemilihan jenis pakaian. Bawa pakaian dengan warna netral, dengan harapan akan lebih mudah untuk dipadupadankan. Pemilihan jenis kain juga penting. Pilih baju-baju dengan jenis kain yang tipis, mudah kering, tapi tidak gampang kusut. Lantas bagaimana dong, kalau jenis baju-celana yang kita punya masih sedikit yang masuk kategori tersebut diatas? Yaa, memang mesti beli sih. Masih instal aplikasi Blibli di smartphone kan? Update saja di versi terbaru, terus ikut ‘Blibli.com Histeria Syok!’

Belanja Spesial Kebutuhan Traveling Kamu di Blibli.com Histeria Syok



Berlangsung mulai 1 Oktober sampai 31 Desember2019, selama 3 bulan Blibli akan memberikan penawaran istimewa buat penggunanya, dan ini bisa banget dijadikan sarana berburu kebutuhan-kebutuhan saat traveling. Teknisnya juga nggak ribet kok. 

Jadi, setiap belanja minimal 100 ribu + nglakuin beberapa aktivitas yang direkomendasiin sama Blibli kamu akan mendapatkan 1 token. Nah, tokennya ini digunakan untuk main game capit di aplikasi Blibli. 

Di game capit, kamu bisa ngedapetin barang-barang (random) dengan harga yang mbikin syok! Dan kamu bisa menebusnya dalam waktu 24 jam. 


Ini sebagian kecil barang yang bisa ditebus
Pas harbolnas nanti, yakni 10/10-11/11-12/12 denger-denger Blibli juga bakalan ada program SUPERSYOK! Ya ampun, kenapa jadi nggak sabar  ya. Buruan tengokin app, lihat barang-barang yang ada, belanja apa yang kamu butuhkan, trus kumpulkan token yuk! 

You Might Also Like

2 comments

  1. kalo soal packing, itu suamiku jagonya :D. jd kalo jalan aka dia,aku santai mba. tp giliran aku traveling ama temen, baruuu berasa pusingnya packing hahahaha.. Stress nyusun barangnya :p. makanya aku rada kapok kalo jalan jauh tp suami g ada..

    ReplyDelete
  2. Nggak pernah packing-packing karena belum pernah bepergian jauh nih Mbak, hehe. Tapi tipsnya berguna sekali, siapa tahu suatu hari nanti mau ke luar kota, jadi sudah tahu triknya gimana cara packing yang benar :).

    ReplyDelete