Menginap, Memetik Stroberi di De Villa Cetho, Karanganyar

N
ok..bangun, mau petik stroberi ndak?" Kata pak suami sembari mengguncang tubuh Alya yang masih meringkuk di dalam selimut tebal. Udara di sini memang lumayan dingin, sekitar 17 derajat celcius. Ada AC di setiap kamar De villa Cetho ini, tapi saya offkan sejak semalem.

"Stroberi...?" Tanya bocah saya sambil membuka sedikit matanya. Masih ngantuk rupanya.

"Iya...di depan itu banyak stroberinya, kita  bisa metik kok...! Habis itu main sepeda aja. Katanya, hari ini mau sepedaan". Imbuh saya sembari menyiapkan baju bersih untuk anak- anak.  Biar nanti selepas mandi tinggal pada makai

Minggu pagi,  dan itu hari kedua kami di Karanganyar, Jawa Tengah. Berangkat dari Jogja Sabtu siang selepas anak-anak sekolah,  sampai di De Villa Cetho ini sekitar 1 jam an sebelum Maghrib. Adanya Tol Colomadu-Karanganyar, lumayan mempersingkat jarak dan waktu tempuh hingga kami bisa sampai Karanganyar sebelum gelap.

Sebenarnya, ini pertama juga kami nginep  di De Villa Cetho. Modal mbaca  review yang katanya nyaman, trus booking beberapa hari sebelumnya. Dengan bantuan aplikasi peta, nggak sulit menemukan lokasi Villa.

De Villa Cetho berjarak 45 km dari Solo, 19 km dari Tawangmangu, dan 55Km dari Bandara Adi Sumarmo. Dari Jogja, sekitar 3,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi

Berbentuk bangunan minimalis, De villa Cetho memiliki 14 kamar dengan 3 macam tipe, yakni deluxe, keluarga, dan family deluxe

Villa-dekat-candi-cetho
Kamar tipe family

Terlihat paling mencolok dibanding penginapan-penginapan di sekitarnya,  De Villa Cetho tampak asri dengan berbagai tanaman bunga dan juga beberapa tanaman buah, salah satunya stroberi. Info tentang fasilitas tambahan bahwa tamu bisa memetik stroberi yang ada, memang sudah diinfokan oleh pak Giyatmo, sang owner kemarin sore sesaat setelah kami check in. "Silakan petik yang sudah merah. Kalau masih ada putihnya, tunggu satu hari lagi", begitu pesannya.

Tanaman stroberi dimana-mana

Ngopi sambil menikmati bakwan jagung yang gurih


Sejak semalam, sebenarnya kami sudah punya rencana, apa yang mau dikerjakan  di Minggu pagi.  Mau santai-santai dulu lah intinya di villa ini, dan  kalau sudah siangan nanti baru dolan ke kebun teh. Posisi De Villa Cetho ini strategis. Hanya 200 meter dari Candi Cetho, nggak nyampai sekilo turun sudah sampai kebun teh Kemuning, dan sekitar 4 kiloan dari candi Sukuh.

Selain tanaman bunga, tanaman stroberi mungkin sudah menjadi semacam ciri khas dari De Villa Cetho. Di depan kamar, di area taman, dan juga di kebun depan, satu tanaman yang paling mencolok adalah stroberi. Hampir semuanya tengah berbuah, dan merah-merah. Dan itu menggoda sekali.

View depan De Villa Cetho

Ini yang namanya Pak Giyatmo. Pagi itu menunjukkan binatang peliharaan villa, si kelinci
Anak-anak...mereka suka stroberi, dan makin seneng ketika stroberi itu mereka petik sendiri langsung dari pohonnya

Segerrrr!

"Pagi Pak! Stroberinya yang merah kami petik lho...." Sapa saya ke Pak Giyatmo yang hendak berkeliling meninjau area villa sembari menyapa para tamu.

Tak hanya para staff di De Villa Cetho, Pak owner villa ini juga ramah sekali ke semua tamunya. Kami dan beberapa tamu yang menginap diperlakukan layaknya keluarga, bukan hanya orang asing yang sekedar singgah sementara

"Nggak apa-apa, petik saja.." jawabnya. "Kalau pagi, jatahnya 20 stroberi perkamar ya, biar lainnya kebagian. Nanti kalau sudah siang dan stroberinya masih...bebas, mau petik berapa saja boleh" tambahnya sambil memeriksa tanaman-tanaman stroberi yang ditanam di polibag

"Ini..meski warnanya kurang menarik, tapi ini manis." Kata Pak Giyatmo sambil memberikan satu stroberi  berwarna merah sedikit coklat ke Alya. "Ini karena kurang air saja. Dulu..gede-gede sekali sroberinya, tapi ini telat mindahin ke polibag  baru, jadi memang kurang maksimal. Berawal dari 300 tanaman, sekarang 3000 mba.. Ini nanti rencananya saya akan tambah dengan beberapa tanaman buah lainnya. Itu ada jeruk dan jambu kristal." Tambah Pak Giyatmo

Sepintas saya lihat, stroberi memang belum banyak dibudidayakan di sekitaran daerah ini. Rata-rata petani memilih menanam sayuran, terutama daun bawang. Jadi memetik stroberi langsung dari pohonnya bisa menjadi semacam daya tarik tersendiri untuk villa ini. Saya yang gede saja seneng, apalagi anak-anak.

Selain Stroberi, Apalagi yang Menarik Dari De Villa Cetho?

Yang pasti view alam, karena posisi villa ini tinggi, dan di depan. Jadi hanya berjalan sebentar, maka pemandangan Karanganyar bagian bawah bisa dinikmati dengan leluasa. Selain itu, empat sepeda kayuh, terdiri dari 1 sepeda anak dan 3 sepeda dewasa yang terparkir di depan ruangan resto, bisa digunakan para tamu sebagai fasilitas untuk berolahraga. Kalau misal enggan bersepeda, nikmati saja beberapa sudut cantik di villa ini. Saya paling suka duduk-duduk dibawah rindangnya pohon alpukat, sembari menikmati suasana.

Saya lebih seneng anak-anak ngabisin libur mereka dengan bersepeda, atau bermain yang menggerakkan fisik daripada sibuk dengan game smartphone
Mau petik stroberi juga?
Playground di depan villa. Asyik buat duduk-duduk, ngemil, nikmati suasana sambil momong bocah


Terus kesimpulannya apa? Menginap di sini itu asik. Nggak cuma dapat tempat singgah untuk tidur, tapi bisa dapat banyak plus-plusnya. Mata dan paru-paru sehat, pasti. Badan jadi segar, bisa. Minusnya, koneksi wifi aja yang kurang stabil, sementara sinyal dari operator ponsel ilang.  Tapi nggak masalah juga, toh ke sini ya buat berlibur, bukan buat ngurusi kerjaan.

Oh, iya lanjut tentang petik stroberi, siangnya sebelum kami checkout berhubung stroberi yang matang di pohon  banyak, anak-anak disuruh petik lagi sama pemilik villa. Kebayang kan girangnya mereka. Kamu mau nyoba menginap dan memetik stroberi juga? De Villa Cetho berlokasi di Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah. Informasi lebih lanjut, bisa langsung ke owner di 08112551408 (Giyatmo)

You Might Also Like

27 comments

  1. Tadi sempet mikir, Jogja-Cetho cuma 1 jam? Cepet banget. Oh ternyata lewat tol. Hahaha.
    200 meter dari Cetho, berati ini sampai nglewatin jalan yang nanjaknya ekstrem itu mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 jam sebelum Maghrib Nu...jam setengah 5 an lah kami sampe. Berangkatnya jam 1 an. He eh, ini lewat banyak tanjakan yang ngeri2 sedap... Tapi bukan tanjakan yang sebelum Cetho yang tinggi banget itu. Jadi lokasinya persis sblm tanjakan tinggi banget sblm parkiran candi

      Delete
  2. Wah stroberiiii...damar seneng banget sm stroberi. Recommended bgt ya iki villanya.

    ReplyDelete
  3. Wah... Cetho itu destinasi idaman... Suasananya asri banget ya. Masih maju mundur dengan rutenya yang konon menantang...rate berapa ini di villanya pak Giyatmo mb?

    ReplyDelete
  4. Wah asyik ya Mbak, bisa menginap di tempat yang nyaman dan sejuk, sekaligus bisa metik strawberi banyak-banyak. Anak-anak pasti senang yaa.

    ReplyDelete
  5. Waduuh, ini paporit aku bangeeeett!
    View-nya menawan, dan banyak stroberi.
    Ya ampuun aku bakal hepii kalo nginep di sini nih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Stroberiiii ... cita-cita banget pengen punya kebun stroberi. Tapi punya 1 pot aja koq gak numbuh-numbuh ya hiks ..

    ReplyDelete
  7. Mauuuuuu...alo lihat stroberi jadi otomatis kebayang smoothie stroberi pisang. manis creamy si pisang berpadu sama seger wanginya stroberi, itu bagiku sarapan perfecto! Akkkk jadi pen nginep di sini kan....

    ReplyDelete
  8. Vilanya kece bisa metik stroberi.. Ulalaa... buah kesukaanku. Noted, lah barangkali mau ke sini juga. Pemandangannya juga bikin mata adem ya, mba.

    ReplyDelete
  9. Aku ke Karanganyar sekitar 7 tahun lalu dan tanjakannya itu...ampuuun. Untung Paksu dah punya jam terbang tinggi nyetirnya dan pas bukan akau yang giliran bawa. Ada tanjakan yang arah candi tinggi banget ya Mbak
    Dan waktu itu kami belum nemu penginapan kayaknya. Baru ini de villa cetho ya?
    Bisa nih disimpan infonya kalau ke sana lagi nanti

    ReplyDelete
  10. Wah, adik banget villa ya.. Bangunan ya juga bagus, modern ya mbk.. Biasanya villa kan bentuknya kayak rumahan gitu. Ini lebih modern

    ReplyDelete
  11. Wuih asyik ya, pesta stroberi... Tempatnya juga asyik ya, cocok buat quality time sama keluarga...

    ReplyDelete
  12. Villa di daerah Tawangmangu memang makin cantik-cantik yo, Mbak. Makin banyak pilihan dan makin oke fasilitasnya. Kalau dulu beneran pilih2 kalau mau nginap di sana. Sekarang bisa baca review kayak gini jadi lebih yakin. Dan lagi juga makin banyak fasilitas pendukung wisata yang ditawarkan. Makin asyik wis, dolan di desa.

    ReplyDelete
  13. Mbaaak asyik tempatnya. Adem gitu, kayaknya kalau nginep di sana aku pasti golar goler mulu hihihi. Bisa masukin dalam bucket list nih. Apalagi dekat sama candi cetho dan kebun teh. Ditambah lagi bisa petik stroberi juga, Bre pasti seneng banget nih.

    ReplyDelete
  14. Padahal villanya di area pegunungan ya, tapi masih dipasang AC juga.
    Pemandangannya bagus, dan banyak tanaman strawberry dan para tamu bebas memetik tanpa dikenai biaya tambahan. Ih asyik banget ini

    ReplyDelete
  15. Waahhh mupeng ke karanganyar, aku baru sampai sukuh belum ke cetho mbak. Btw villanya asyik banget juga tuh

    ReplyDelete
  16. Iya ya, di Karanganyar banyak kebun strawberry. Tahun lalu ada acara kantor ke Karanganyar, terus sempat diajakin piknik tipis-tipis ke kebun strawberry, metik sendiri. Seruuu banget.

    Btw, nama villanya unik juga: De Villa Cetho

    ReplyDelete
  17. Baru nih sekali merekuh dayung dua tiga pulau terlampaui,bisa nginap sekaligus petik stowbery asyik banget nih

    ReplyDelete
  18. Vilanya asik banget buat staycation yaaa. Aku juga suka anak anak main di outdoor sepedaan mbak. Apalagi metik strawberry itu kesukaan Shoji sama Rey banget

    ReplyDelete
  19. Vilanya asik banget buat staycation yaaa. Aku juga suka anak anak main di outdoor sepedaan mbak. Apalagi metik strawberry itu kesukaan Shoji sama Rey banget

    ReplyDelete
  20. Kebun stroberinya keren banget aku pengen kesana ajak anak aku.. Pasti anak aku suka.. Stroberi soalnya buah yang enak dan anak2 suka

    ReplyDelete
  21. Ya Allah enak banget dikelilingi pohon stroberiii. Ownernya itu baik banget yah, Mbak. Pasti tamunya pada happy, betah dan pada pengin balik lagi dan lagi nginep di De Villa Cetho.

    ReplyDelete
  22. Waaahh senangnya memetik strawberry mbak, duh aku jd pengen jg ajak anak2 petik2 gtu. Liburan dan staycationnya asyik banget mbak. baru tau di daerah Cetho Karanganyar pun strawberry tumbuh bagus ya. Termasuk dataran tinggi ya berarti di sana? :D

    ReplyDelete
  23. Enak banget ini asriiii tempatnyaaaa.
    Bisikin semalemnya berapa dong. Seger banget minum serba strawberry sambil nabung ya pak pembeli.

    ReplyDelete
  24. Enak banget ini asriiii tempatnyaaaa.
    Bisikin semalemnya berapa dong. Seger banget minum serba strawberry. Nikmaaaat

    ReplyDelete
  25. Uwuuwu~
    Asiknya panen stroberi.
    Hitungannya per-gram berarti ya, kak?
    Anak-anak semangat banget kalau diminta berkebun.
    Bisa dapet bibit stroberinya juga gak ya...?

    ReplyDelete
  26. Ya ampun, aku tu penasaran banget lo sama wisata kebun gini, belum pernah banget
    Bahkan pakde rumah di Batu Malang aja, klo sudah sampe sana tetep wee mager kluar, karena dingin
    Bikin pengen itu stroberi

    ReplyDelete