Suka Menikmati Jogja Dengan Bersepeda? Berikut 5 Spot Gowes yang Lagi Nge-Hits

spot-nanggulan-sleman

A
da banyak cara untuk menikmati Jogja, salah satunya dengan bersepeda atau Nggowes.  Yup, setelah sempat “sepi” beberapa saat belakangan perpaduan hobi dan olahraga ini terlihat marak. Amati saja jalanan Jogja di hari libur atau akhir pekan, maka akan banyak ditemui rombongan pesepeda baik dari yang solo, keluarga maupun rombongan (komunitas).

Selain ramah lingkungan, hobi yang menyehatkan ini juga bisa dinikmati hampir semua umur dan semua kalangan masyarakat. Selain itu, Nggowes juga dipercaya mampu meredam stress. Hormon endorfin yang diproduksi tubuh saat bersepeda, mampu memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. 

Saat ini, ketika banyak destinasi wisata baru bermunculan, maka aktivitas bersepedapun kian berkembang.  Selain memanjakan mata dengan panorama sepanjang perjalanan, para pesepeda ini biasanya punya target atau destinasi wisata tertentu sebagai titik akhir sebelum akhirnya kembali pulang. 

Beberapa Tempat Menarik di Jogja yang Bisa Dijadikan Spot Bersepeda


Di Jogja sendiri, ada beberapa Spot bersepeda yang saat ini sedang naik daun, dan hampir semuanya dikarenakan memiliki view alam yang menawan. Lima diantara sekian banyak  spot gowes yang menarik adalah:

Nostalgia masa anak-anak dengan menyusuri areal sawah Nanggulan

Tiga puluh tahun silam, bisa jadi hamparan tanaman padi di sawah adalah pemandangan alam yang sangat biasa. Tapi ternyata setelah wajah Jogja banyak berubah karena pembangunan fisik, maka hamparan tanaman padi menjadi sesuatu yang menarik. 

Adalah Desa Pronosutan Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo yang belakangan semakin ramai karena hamparan tanaman padi. Biasanya Pesepeda datang di pagi atau sore hari, untuk bisa merasakan kesejukan alam pedesaan.

areal-persawahan-nanggulan
Image: MTB Baret Community

Untuk sampai ke sini, track yang mesti dilakoni para Gowes-ers termasuk datar, dengan jalur yang cukup mudah.  Dengan start point dari Tugu Jogja, jarak yang mesti ditempuh sekitar 19 kilometer, dengan rute Tugu  lantas kebarat melintasi Jembatan Progo, dan melewati perbatasan Sleman dan Kulonprogo baru kemudian  masuk ke tengah desa menuju jalan persawahan Bulak Pronosutan. 

Menatap gagahnya Merapi dari Bukit Klangon

Klangon
Image: dokumen pribadi

Suka track yang menantang alias banyak tanjakan, tapi nanti begitu finish  langsung mendapatkan spot yang menawan? Bisa di coba, nggowes ke Bukit Klangon. 

Bukit Klangon adalah salah satu salah satu tempat wisata yang masih lumayan baru. Dari Jogja, Klangon berjarak sekitar 35 kilometer dengan ketinggian sekitar 1100 meter di atas permukaan laut.  Daya tarik tempat ini adalah udara yang segar, alam yang masih relatif perawan, dan juga bisa puas menatap secara dekat  gagahnya Merapi.

Jembatan, gardu pandang setinggi 5 meter, atau jalan setapak yang nanti akan membawa kita ke padang bunga edelwais adalah beberapa spot di Klangon yang bisa digunakan untuk lebih medekat ke alam.  

Menaklukan Kawasan Hutan Pinus Mangunan


jalur-bersepeda-mangunan
Image: @ryancool

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di Dusun Sudimoro, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Dulunya kawasan Mangunan merupakan area yang tandus hingga kemudian dilakukan reboisasi dengan tanaman pinus, akasia, dan kayu putih di bawah pengelolaan RPH Mangunan.

Saat ini, Mangunan sudah tumbuh menjadi area wisata baru dengan banyak spot-spot menarik.

Baca juga : Pasar Kakilangit, Pasar Nostalgianya Jogja

Mirip dengan Bukit Klangon, bersepeda di Kawasan Hutan Pinus Mangunan memerlukan niat dan perjuangan yang kuat, karena mesti menaklukan banyak tanjakan. Tapi seandainya bisa menjangkaunya, saya yakin pasti akan merasakan kepuasan tersendiri. 

Untuk bisa menaklukan kawasan Hutan Pinus Magunan, setidaknya ada 2 jalur yang bisa dilewati, yaitu jalur Girirejo Mangunan atau melewati jalur Patuk-Mangunan. Track yang mesti dilewati hampir sama, kaya akan tanjakan. Jadi persiapkan stamina dan juga pastikan sepeda dalam kondisi prima.

Menyusuri eksotisme Sungai Oya di Selopamioro Imogiri

Kali-Oya-Selopamioro
Image @ettyk 

Tidak menyangka, kalau Selopamioro, Imogiri menyimpan kecantikan yang selama ini seakan tersembunyi. Berjarak sekitar 20 kilometer dari nol kilometernya Jogja, Selopamioro bisa dijangkau dari beberapa arah.  Jalur yang paling mudah adalah melewati Jl. Imogiri Barat maupun Jalan Imogiri Timur.  

Asyiknya, tak perlu menjadi pesepeda level expert untuk bisa ke Selopamioro, karena rute ini bisa dijangkau dengan berbagai tipe/jenis sepeda. 

Komposisi alam yang indah dipandang, adalah daya tarik utama Selopamioro. Aliran Sungai Oya dengan airnya yang bening, tebing, areal persawahan  ditambah udara yang masih cukup bersih menjadi magnet bagi para pengangum keindahan alam.

Bendungan Kamijoro


Image : MTB Baret Community

Bagaimana jadinya kalau sebuah bendungan kemudian dilengkapi dengan sebuah taman? Tentunya akan menarik bukan? 

Pemandangan itulah yang bisa dinikmati di Bendungan Kamijoro, Bantul. Berada di wilayah kecamatan Pajangan, bendungan Kamijoro mulai dibangun pada tahun 2016 dan selesai pengerjaan di tahun 2018. Fungsi utama dari bendungan ini sebenarnya adalah sebagai sarana irigasi, untuk mengairi sawah seluas 2370 hektar di kawasan bantul  dan juga penyedia air baku ke arah Kulonprogo dengan besaran 500 liter/detik.

Bendung-Kamijoro-Bantul
Image : MTB Baret Community
Keberadaan taman dan juga tenda dome, ditambah jalur yang cenderung landai menjadikan bendungan Kamijoro sebagai salah satu ruang publik yang banyak mejadi incaran para Gowes-er.  Mengunjungi Bendungan Kamijoro di sore hari, sepertinya menjadi tawaran terbaik. Tak hanya badan yang sehat, kamupun bisa mengurangi paparan sinar matahari yang berlebihan.

21 komentar

  1. Aku belum pernah gowes sepeda kalau pas liburan di Jogja, jadi tertarik buat bersepeda di Jogja. Ternyata ada spot yang oke juga nih buat sepedahan ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Yang Kulon Progo aku udah pernah lewat. Tapi naik mobil sih, pas mudik 2018 yang lalu. Emang spot-nya kece banget. Udaranya juga seger. Jalannya pun gak terlalu padet, mana mulus alus, cucok banget buat nge-gowes rame2.

    ReplyDelete
  3. Bersepeda menyusuri pemandangan yang indah rasanya seperti dapat double happiness ya. Kesenangan berolahraga dan kesenangan menikmati indahnya ciptaan Tuhan ^^

    ReplyDelete
  4. Bagus-bagus tempatnya Mba, pengen ikutan nyusurin sungai Oya Imogiri juga deh

    ReplyDelete
  5. Saya suka bersepeda, Mbak. Tapi di sini nggak ada lokasi persawahan seperti di Nanggulan apalagi sungai indah seperti Sungai Oya hehe. Paling hits di Jakarta itu sepedahan pas car free day di sekitaran jalan Sudirman-Thamrin. Itu juga belum pernah sepedahan sampai sana, sih, karena jauuuuh banget, belum sanggup!

    ReplyDelete
  6. Wah dari semua list, pengin banget ke hutan pinus Mangunan, tempatnya sejuk dan asyik, ya. Bersepeda bareng teman-teman itu seru banget, ditambah sekarang jalan sudah ramah untuk para bikers.

    ReplyDelete
  7. hwaa asik banget sepedahan sambil menikmati pemandangan indah. aku sepedahan cuma sebatas ke tukang sayur aja hihihi

    ReplyDelete
  8. ke jogja paling aku lebih sering jalan kaki. itupun sekitaran daerha malioboro aja..selebihnya naik gojek..hihiih

    ReplyDelete
  9. Wuaahh seru gowes bareng2 gtu. Emang keindahan alam sana kyknya lbh bisa dinikmati sambil jalan atau sepedaan yaaa, ketimbang naik mobil aja haha :D
    Kalau saya kyknya gak mau spot yang susah, mau yang santai aja tapi pemandangannya apik haha

    ReplyDelete
  10. Waah....bersepeda sambil menikmati alam seperti ini istilahnya apa yaa..?
    Kami sekeluarga juga sedang senang naik sepeda.
    Dan suami mulai membiasakan bike to work.

    Salam olahraga.

    ReplyDelete
  11. Menarik banget yang pinus mangunan dan klangon, tapi uwooww harus yang udah kuat banget ya sepedaannya, jalurnya sungguh menguras tenaga. Sesuai banget sih dengan hasil akhirnya, tapi harus pastikan fisik kuat.

    ReplyDelete
  12. Aah keren banget mbak, menyinggung Jogja aku jadi kangen pengin kesana, setiap kesana pasti ada spot baru yang bikin takjub

    ReplyDelete
  13. Cakep banget spot wisata Alam di Yogya!
    Eh, saya kan jarang bersepeda. Keliling Yogya ya milih sewa motor. Kalau sewa sepeda selama di Yogya apa ada juga? Biar enggak repot bawa dari daerah asal.

    ReplyDelete
  14. Ada bendungan dan taman unik nih, aku tuh ajakin suami ke YOgya dia gamau padhaal Yogya banyak destinasi wisata ini aku mupeng hahahah

    ReplyDelete
  15. Subhanallah keren banget mba view2 nya.. Yogja emang selalu ngangenin yaa

    ReplyDelete
  16. Baru tahu kalau di Jogja saat ini ada spot untuk sepedaan. Lokasinya asyik dan membaur dg alam begitu. Apalagi yang di pinggir Kali Oya di Imogiri. Cantik banget. 🥰🥰

    ReplyDelete
  17. Cakeppp..
    Ke Jogja dengan bawa pick up rame2 berisi sepeda, asyik juga ya mbak. Pemandangannya juga seger nih. Bisa jadi alternatif berwisata saat ke Jogja

    ReplyDelete
  18. Aku pengen gowes juga nih..tapi kira2 masih bisa ga ya..lama ga gowes..hihi...btw bendungan kamijoro itu yang barusan diresmikan pak jokowi ya? Pengen ah kapan-kapan ke sana...

    ReplyDelete
  19. Iya nih kak, akhir akhir ini banyak banget yang gowes di Jogja, rindu banget deh zaman rame rame nya jogja berspeda semua.. Semoga masih ada dan tidak hilang hilang lagi sampai kapanpun., Dengan adanya spot ini jadi gak kesepian lagi kalo lagi sepedaan hehe

    ReplyDelete
  20. wuihhhh, spot nya keren-keren. MAsih hijau nan asri pula. Benar-benar spot yang rekomended deh buat jalan-jalan sembari gowe santai, panorama hijau nan asrinya bisa bikin rasa capek nge gowes ndak terasa deh keknya

    ReplyDelete