Erista Garden, Resto Cantik dan Unik di Kaki Merapi


Erista-Garden-Sleman

"Seger udaranya..." Dua kata itulah yang diucapkan Alya begitu kami nyampai di Erista Garden. Saya pun merasakan hal yang sama, dingin tapi nyaman dihirup. Berada di Kaki Merapi atau tepatnya Jl. Kaliurang Km 17,5 Demen Pakembinangun, Pakem, Sleman menjadikan tempat makan ini berhawa sejuk.

Baca juga : Pagi di Tlogo Putri, Kaliurang

Bukan kebetulan juga saya, anak-anak dan Pak Suami milih makan di Erista Garden. Sudah diniatkan semenjak pagi malahan, pengen nyoba menu-menu masakannya, yang kata seorang teman enak, unik, dan murah. Mantep aja klo ada keywordnya enak dan murah😁

Kalau Alya terkesan dengan sejuknya udara, mata saya langsung tertambat pada banyaknya tanaman-tanaman bunga, dan beberapa diantaranya tengah menampakkan kelopak-kelopak tercantiknya. Pengen punya bunga-bunga juga di rumah, tapi kok males ngerawatnya...ha...ha

Erista Garden, Toko Tanaman Iya, Tempat Makan Juga


Secara garis besar, konsep yang dimiliki Erista Garden ini  mirip Kampung Flory; menggabungkan Resto + bisnis tanaman hias dalam satu tempat. Bisa ditebak,  secara penampilan, Erista Garden hadir sebagai tempat makan yang  terlihat segar, dan tentu saja cantik. 

Sebelum memilih tempat untuk duduk, saya sempatkan dulu berkeliling, melihat-lihat berbagai tanaman yang ada. Beberapa jenis bunga, seperti mawar dan celosia,  sudah familiar, tapi banyak juga yang terasa asing untuk saya. 

Tak jauh dari tempat saya berdiri, beberapa pengunjung terlihat tengah memilih beberapa tanaman hias. Ada yang sekedar melihat-lihat, banyak juga yang langsung melakukan transaksi. Asik juga kalau menjadikan tanaman bunga sebagai buah tangan bagi yang di rumah.




Meja berpayung dengan 5 kursi, akhirnya menjadi pilihan. Enakan makan di area outdoor, meskipun kalau mau indoor juga tersedia. Tapi secara garis besar, Erista Garden mengusung konsep ruang terbuka. Back To Nature menjadi style yang mendominasi Erista Garden, mulai dari bangunan utama (Griyo Dhahar), mushola, termasuk menu-menu makanan dan minuman yang disediakan. 


Di sini bisa milih, mau makan di dalam ruangan terbuka,atau di dalam. Bisa menyesuaikan jumlah rombongan + kondisi cuaca tentunya. 


kolam berair mancur di tengah,  menjadikan suasana terlihat makin asri

Saat udara cerah, Gunung Merapi akan menjadi background dari Erista Garden 

Minuman dan Nasi Bunga Telang, Unik!

Menu makanan yang unik, menjadi kekuatan utama Erista garden. Tengok saja nasi yang dibuat tumpeng, dan berwarna biru. Warna biru didapat dengan memanfaatkan sari bunga telang. 

Tumpeng biru, tahu, tempe, terong goreng, lalap+sambal, 1 porsi 11.000 rupiah
Bunga telang sendiri dipercaya memiliki banyak khasiat, seperti melancarkan buang air kecil, mengobati gangguan telinga, membersihkan darah, dan beberapa manfaat lainnya. Secara  rasa, bunga telang tidak banyak berpengaruh/tidak banyak mengubah rasa, jadi rasa nasipun tetap sama seperti nasi putih pada umumnya.  Penyajiannyapun dibuat menarik, dengan menggunakan tampah, atau alas yang berasal dari anyaman bambu.

Selain sebagai pewarna nasi, sari bunga telang juga digunakan sebagai campuran beberapa jenis minuman. Selain lebih sehat, tentu saja warna minuman menjadi lebih menarik.

Beberapa minuman berbahan bunga telang, telang rosella, telang lemon, telang timun selasih, @ 8000 rupiah

Dari segi harga? Aman, pake banget. Sistemnya pun bisa paketan atau yang model sendiri-sendiri. Jadi pengunjung bisa memilih sesuai kebutuhan. Tapi di Jogja ini, memang masih gampang sih nyari tempat makan yang harganya aman buat dompet.

 Baca Juga : Lagi di Jogja? Cobain Deh Njajan di Warung Raminten

Menurut saya, di luar nasi birunya, pilihan lauk yang  disediakan di Erista Garden adalah menu-menu simpel yang banyak dimasak di dapur masyarakat Indonesia,  seperti telur dadar, lele goreng atau bakar, tahu goreng dan tempe goreng. Sebagai pelengkap, ada pula beberapa jenis tumisan sayur, dan juga snack nusantara; mendoan, misalnya.  Bahkan di sini, dijual pula jadah, tempe bacem, dan juga wajik --cemilan khasnya Kaliurang.


Menu-menu nusantara yang bisa dipilih
pilihan minuman
So, kalau kamu lagi di Jogja dan membutuhkan tempat hangout dengan dengan suasana sejuk, menu nusantara, dan harga yang ramah untuk semua, kamu bisa nyobain wisata kulineran di Erista Garden.

Lokasi Erista Garden

You Might Also Like

4 comments

  1. Waaaa, minumannya warna-warni dan menyegarkan. Mereka sekalian jual bibit bunga telang nggak, ya? Akutu pengen nanam je. Seru ya mbak makan di tengah kebun gini.

    ReplyDelete
  2. akupun sbnernya sukaaa bangeg liat tanaman2 cntik gini, dan pgn jdiin hiasan di rumah. apadaya yaaa, nih tangan kayaknya ga hijau samasekali, tiap handle tanaman, dijamin mati wkwkwkwkwkk...jd lbh seneng ngeliatin aja drpd harsus nanam di rumah.

    kebayang sih cantik banget ni resto. makannya bisa jd lbh lahap krn sambil ngeliatin view bunga2 gini.

    dulu aku prnh rasain tumpeng biru dari daun teleng. di jkt ada penjual tumpeng biru. awalnya penasaran rasanya bakal gmn. ternyata sbnrnya sama aja, tp tampilan jd lbh unik dgn biru :)

    ReplyDelete
  3. bisa jadi berwarna gitu ya kalau di kasih sari bunga telang. rasanya gimana mbak. penasaran

    ReplyDelete