Ada Baleroso Resto di Jl.Godean, Sleman, Jogja. Udah Nyobain Menunya?

30 comments
menu balerosto rsto godean

"Kok lama tho Yah...udah mau sampai belum..?"

Sejak di jalan, bocah saya Alya berkali-kali nanya ke ayahnya, kapan nyampai. Penasaran plus keburu lapar mungkin. Klo Raka sibuk ngegame di belakang. Akhir pekan,  dia punya jatah untuk megang hape.. cuma sempat order aja; mau makan kepiting!

Ceritanya memang mau njajan.  Saya kan klo Minggu males masak..wkkk.. Alasan. Biar nggak jenuh sama masakan sendiri yang bolak-balik telur dadar-telur ceplok-tumis-sop. Dari rumah, tujuannya cuma 1...jalan Godean Km 10. Ada Baleroso dengan cabang barunya. Klo yang Prambanan si udah pernah nyoba dulu


Nggak sampe setengah jam, udah nyampe. Halaman parkir yang luas, plus rumah Jawa yang lapang menyambut kami. Rumah joglo, klo nggak gitu limasan...soalnya keduanya mirip. 


suasana baleroso resto godean
Bangunan  resto berbentuk rumah tradisional Jawa, dengan lokasi yang berada persis di tepi jalan raya hingga mudah untuk dicari


daya tampung baleroso resto
Untuk makan, format paling banyak adalah lesehan. Recomended buat yang bawa anak-anak/datang dengan keluarga besar


Yang pasti, tempat makannya luas banget, hanya terpisahkan banyak tiang, nyaris tanpa sekat. Sebagian besar formatnya lesehan, meski  meja-kursi juga tetap ada di bagian belakang. Format seperti ini  mengingatkan saya pada tempat makan pas njajan di Pancingan 100, Janti, Klaten.


Banyak tempat duduk yang bisa kami pilih. Klo bandingannya sama  yang Baleroso Prambanan, di sini jauh lebih sepi. Mungkin karena baru juga. 


menu dan harga baleroso resto

Begitu duduk, seorang waiter langsung mendatangi kami, tentunya dengan bawa buku menu..selagi pak suami dan anak-anak liatin buku menu buat pesen makam & minum, saya ajakin aja mas nya ngobrol.

"Restonya, baru kok ya ini mas...?"
"Iya, baru dua bulan klo yang di sini, Bu.."

"Buka-tutup jam?"
"Kami buka jam 09 pagi...tutupnya jam 09 malam"

"Menu-menunya...sama nggak dengan yang di Prambanan?"
"Sama. Karena intinya masih satu managemen"

Saya dapat informasi, anak+anak dan pak suami dapat apa yang mereka cari.


menu khas balreoso resto jalan kaliurang
Selain menu-menu ikan laut, di Baleroso Resto juga tersedia aneka olahan ikan air tawar dan juga ayam

daftar harga baleroso resto
Beberapa menu minuman

Untuk makan, pada sepakat pesen Paket Kembul Seafood. Jadi beberapa macam seafood  (kepiting, kerang hijau, kerang dara) dimasak dengan saos plus campuran jagung manis potong. Masih termasuk dalam paket kembul seafood, ada juga 5 potong daging ayam terasi yang di sajikan terpisah. Mungkin ini untuk njagani klo misalnya ada yang nggak suka/alergi sama seafood.


makan di baleroso resto

Soal seafood, saya sendiri nggak alergi. Cuma memang nggak begitu suka. Doyan, tapi klo ada opsi lain, mending yang lain. Untungnya nemu si ayam terasi ini. 

Ayam terasi, dari segi tampilan mirip kayak ayam goreng tepung. Cuma warnanya memang lebih coklat. Efek kandungan  terasinya pasti. 

Rasanya? Ya..ada berasa terasi. Tapi nggak kuat banget. Jadinya lain dari biasanya. Enak kok. Tapi anak-anak nggak suka.  Aneh di lidah mereka mungkin, karena  saya memang hampir tidak pernah menambahkan terasi dalam bumbu masakan. 


paket kembul seafood baleroso resto
Paket Kembul Seafood, @Rp 160.000


harga menu baleroso resto
Pesen 1 paket, plus nasi, plus minum cukup lah untuk keluarga kecil

Klo yang seafood, porsinya yang nggak nguatin. Buanyak. Sempat nyicip kuah saosnya, mantep! Tapi ada miskomunikasi dikit pas order...udah pesen nggak pedes, tp tetep ada nemu cabe di sana. Atau mungkin karena  default bumbunya mesti pake sedikit cabe. Kalau lidahnya Raka doyan. Alya yang nggak mau, akhirnya cuma minum sama ngemil jamur krispi. Makan satu atau dua suap aja. 

Di sini, anak-anak+suami pesennya minum standard. Coklat milshake, jus stroberi, teh. Sayanya yang pengen beda, WEDANG PLETHOK! Unik ya namanya. Kayak gini ni tampilannya, mirip wedhang uwuh --wedhang khasnya daerah Imogiri.

Wedhang Plethok, kaya rempah, kaya manfaat. @ Rp11.000

Intinya sih minuman rempah. Dari semua rasa, jahe yang dominan. Warna merah berasal dari secang, kemudian jahe yang digeprek, sereh, sedikit cengkih, kapulaga, dan kayu manis. Dari segi rasa, mungkin akan lebih enak milkshake atau minuman yang lebih kaya gula ataupun kaya lemak. Tapi dari segi manfaat...pasti wedang plethok ini lebih sehat.

Kesimpulan
Untuk tempat kulineran, pada intinya Baleroso yang cabang jalan Godean ini nyaman. Meskipun untuk rate harga makanan/minuman, memang lumayan. Tapi sepadan  sama kualitas dan kuantitasnya kok 

Areal parkir lapang, tempat makan luas dan bersih banget. Kamar mandi dan musholla juga oke. Saya yang kelupaan bawa mukena padahal mau sholat maghrib, akhirnya make mukenanya Baleroso, dan suka karena wangi. Biar nggak repot lepas-pake sepatu, disediain juga banyak terompah kayu buat wudhu. Trus ada lagi yang pro perempuan banget, yakni adanya ruang Laktasi. Beneran, saya baru nemu restoran yang nyediain ruangan khusus untuk menyusui/merah ASI. Mantep kan!

Alamat Baleroso Resto : Jl. Godean Km 10 (200m timur pasar Godean) 0818.0218.8885


Related Posts

30 comments

  1. Dari soko sokonya keliatan ningrati mb lis
    Po mneh menu krab huaaaa ngiler...

    ReplyDelete
  2. Aku pikir itu wedhang uwuh karena warnanya yang kemerahan. Kalau wedhang uwuh sudah pernah nyoba, dikasih teman yang abis main ke Yogya. Wedhang plethok yang belum.

    ReplyDelete
  3. Nuansa restonya benar-benar nyaman banget ya mbak, seperti bangunan jawa. Selain itu menunya juga kelihatan banget kalau enak, bikin ngiler aja ih.

    ReplyDelete
  4. pake kembul sifut nya itu enak banget loh yaaa diliatnya
    makin seger pas ada jagungnya
    duh lah pengen

    ReplyDelete
  5. Wah bisa buat referensi neh kalo main ke Jogya. Kalau istri suka ama seafood, saya pun jadi ketularan. LUmayan buat selingan agar ga bosan makan ayam atau lele mulu.

    ReplyDelete
  6. Cuman mau bilang, saya lapar!
    mengapa juga baca ini ppukul 1 malam yak, pas perut krucuk2 pula, mau makan lagi males gosok gigi lagi hahaha

    Saya catat mba, buat referensi kalau ke Jogja, kami sukaaaa banget ama seafood :)

    ReplyDelete
  7. Mungkin paket seafood juga akan jadi pilihan kami jika berkesempatan ke sini, Mbak. Vani suka kepiting dan kerang, suami juga suka, kalau saya sih nggak pernah nolak makanan, hehe ....

    Kalau ayam mungkin sudah agak bosan karena dalam seminggu pasti ada menu ayam. Saya mau juga loh nyoba Wedang Plethok, cuma warnanya agak ngejreng ya, bikin maju mundur mau nyeruput, hehe :).

    ReplyDelete
  8. Waaa,tempatnya asik banget ya Mbk. Lesehan,luas pula. Ini ni resto yang dicari. Paket seafoodnya ngilerable banget Mbk..

    ReplyDelete
  9. Ya, ampuuun, porsinya seafood godem bngt, tarip 160rb. Makanan lain juga mengundang selera trus nyerusup wedhang plethok. Hhmm...so nikmat

    ReplyDelete
  10. Resto dengan konsep lesehan gini favorit banget. Anak2 jadi leluasa makannya. Btw, paket seafoodnya menggoda bgt ^^

    ReplyDelete
  11. Paling suka kalau resto konsepnya begini, terlihat njawani banget dan lesehan. Semoga pas ke Jogja lagi, saya bisa mampir ke sini.

    ReplyDelete
  12. Paket Kembul Seafoodnya mengoda bangetzzz. Itu kudu dimakan bareng-bareng. Kalau sedirian ya mubadzir karena porsinya banyak banget

    ReplyDelete
  13. Aku sula seafoos, duh pengin kepitingnya.

    ReplyDelete
  14. Bener banget, ini recomended buat bawa keluarga, karena aku pun kalo makan lebih memilih yg lesehan. Anakku lebih anteng. Kalo kursian, sering takut jatuh anak-anak

    ReplyDelete
  15. Wedang plethok ... warna merahnya dari secag .. secang itu yang kayu itu ya Mak?

    Saya penasaran dengan makanan ikannya, enakkah?

    ReplyDelete
  16. wah puas amat cuman 160rb itu dapt segitu seafoodnya ya mba dan aku salfok sama wedhang plethok belum pernah cicip

    ReplyDelete
  17. Tempatnya bagus ini, kalau ke Jogja biasanya makan di Angkringan tapi ini bolehlah dicoba kalau pas main kesana.

    ReplyDelete
  18. Menggiurkan banget itu sea food di loyang
    Btw aku cuma ber 3 sama suami dan anak, terus suami sering kerja dan makan di sana, jadi jarang masak, gapapa andok mak hahahaha

    ReplyDelete
  19. Waduh, seafoodnya menggoda sekali. Bisa buat banyakan ya ini. Kenyaaaang. :D

    ReplyDelete
  20. Blm pernah nyobain. Bedanya wedang plethok dg wedang uwuh apa? Wedang plethok lbh kuat jahenya ya?

    ReplyDelete
  21. Kapan2 mampir sini ah. Penasaran dg ayam terasinya

    ReplyDelete
  22. Mukbang besar ini ya..
    Suka penasaran sama menu2 mukbang di Youtube ternyata di jogja juga sudah ada ya

    ReplyDelete
  23. Wah, ayam terasi? Penasaran nih pengin nyobain. Termasuk masih baru ya Baleroso ini, belum pernah nyobain. Bisa jadi tujuan berikutnya nih kalau kulineran di Yogya.

    ReplyDelete
  24. Aku pernah kesini, sukaaa dengan suasananya yang adem. bangunnanya ya Jawa banget plus alunanmusik langgam Jawa, bikin betah berlama-lama dan bisa lupa pulang deh.

    ReplyDelete
  25. Aku mah hari biasa pun malas masak, mbak hahaha. Buat menu seafood segini mah murah yaaaa

    ReplyDelete
  26. Tempatnya mengasyikkan sekali Mbak. Tiang-tiangnya mengingatkan saya pada bangunan-bangunan zaman dulu.

    ReplyDelete
  27. wedang pletok ini sama gak kyk wedang uwuh yaa?
    suasana restonya cozy yaaa legaaaa

    ReplyDelete
  28. Hmm.. menunya sukses bikin bumil ngenceees. Hahaha. Apalagi utk penggila seafood macam saya. Bisa habis 3 porsi sekali duduk. Wakaka

    ReplyDelete
  29. Waini patut dicoba ni, jalan Godean berkembang pesat termasuk kulinernya ya sekarang. Suwun infonya mba.

    ReplyDelete

Post a Comment