Dua Hari di Jogja? Obyek Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan



Hai, Sugeng rawuh! Selamat datang di Jogja dan selamat membaca DolaNjajan.com!

Selain dikenal sebagai kota pendidikan, kota budaya, telah lama Jogja dikenal pula sebagai salah satu tempat tujuan wisata. 

Memang, di hari libur atau pas akhir pekan Jogja semakin rame, tapi sebenarnya kamu #KapanAjaBisa ke Jogja..lha wong sudah tiba jaman dimana beli tiket, cari hotel buat liburan cuma modal smartphone sama jempol aja. Eh, tetep mesti rajin nabung juga ding😀

Dan seandainya nih, kamu termasuk salah satu yang punya rencana atau cita-cita untuk liburan di Jogja, tapi jatah libur cuma 2 hari, itu juga masih bingung mau ke mana saja, berikut beberapa pilihan obyek wisata yang  bisa kamu kunjungi.

Hari Pertama
Hari pertama, kita di tengah kota dulu. Pilihan pertama ada Taman Pintar di yang berada di jantung kota, tepatnya di jalan Panembahan Senopati no 1-3 Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar merupakan tempat wisata yang "sarat ilmu" sekaligus bisa digunakan untuk merefresh pikiran, pas dengan tagline mereka 'Mencerdaskan dan Menyenangkan'. Dengan harga tiket masuk sebesar 12 ribu untuk anak-anak dan 20 ribu rupiah untuk dewasa, Taman Pintar bisa dikunjungi sendiri, berpasangan, tapi paling enak formatnya liburan keluarga yang ngajakin anak-anak. Oh, iya..jangan ke sini di hari Senin, karena kalau nggak pas tanggal merah/libur nasional, Taman Pintar libur.

Taman-Pintar-Yogyakarta
Mencerdaskan dan Menyenangkan. Kalo anak-anak diajak jalan ke sini...saya yakin, pasti suka
image dari www.tamanpintar.co.id

Untuk mengeksplore semua sudut Taman Pintar, waktu sekitar 3 jam cukup, sudah termasuk njajan makan siang di foodcourt, sekaligus belanja buku di pasar bukunya Taman Pintar.

Tengah hari, kita ke Keraton Jogja. Karena siang hari Jogja seringnya panas, nyari tempat wisata yang indoor aja dulu. Jarak antara Taman Pintar ke Keraton Jogja, deket banget. Jadi kalau yang nggak bawa kendaraan ptibadi, kamu bisa naik becak, atau ojek online.

image dari www.wisataterindah.net

Di Keraton, silakan deh, puas-puasin melihat budaya dan tradisi Jogja lebih dekat.

Dua jam di Keraton, saya rasa cukup. Di luar, pasti matahari sudah mulai ke barat. Kita nyari tempat nginep dulu. Lebih enak di sekitar keraton saja. Pertimbangannya, nanti pas hari ke dua, kemana-mana gampang (karena posisinya pas di tengah), biar nuansa Jogjanya juga dapat. Saya merekomendasikan Airy Room Syariah yang ada di Jl. Panembahan Mangkurat no 9, Penembahan, Kraton. Yogyakarta.

image dari www.airyroom.com

Dari luar saja, tampilan bangunannya sudah nJogja banget. Harganya juga bersahabat. Fasilitasnya komplet. Nyaman luar dalam sepertinya.

Setelah dapat tempat nginep, istirahat sejenak. Saatnya menikmati Jogja di malam hari. Tak jauh dari penginapan, ada alun-alun kidul dengan permainan Masangin yang masih tetap banyak membuat penasaran, kulineran khas rakyat jelata,  atau sedikit ke utara, ada jalan Malioboro yang tak pernah tidur. Terserah, mau pilih yang mana. Yang pasti, jangan lupa untuk menyiapkan energi  hari kedua di Jogja esok hari.


Hari kedua
Oke, kita lanjut eksplore Jogja. Kalau kemaren sempat muterin pusat kotanya Jogja, hari kedua saya sarankan keluar area, ke wilayah kabupaten lain yang ada di propinsi ini. Tinggal milih sebenarnya, karena Jogja kaya tempat wisata.

Yang suka gunung, udara yang sejuk, ke Sleman saja. Posisinya di Jogja sisi utara. Ada Gunung Merapi, dengan banyak kawasan wisata di sekitaran punggungnya. Sebut saja Kawasan Kaliurang yang terkenal dengan Lava Tour dan juga Tlogo Putri, ada Museum Gunung Merapi, dan juga Merapi Park; tempat pepotoan dengan background landmark dunia. Untuk wisata kulinernya, bisa sekalian mampir di Waroeng of Raminten. Hanya di warung ini kamu bisa menemukan aneka menu-menu unik, yang mungkin nggak akan kamu temukan di tempat lain.

Suka pantai? Ada dua opsi. Ke kawasan Bantul, kabupaten di sisi selatan dengan pantai Parangtritis dan juga Pantai Depok, dan juga beberapa pantai baru lainnya, yang nantinya bisa sekalian mampir ke desa wisata gerabah Kasongan, atau hunting hasil kerajinan kulit di Desa Wisata Manding.

Di Manding, kamu bisa hunting berbagai kerajinan berbahan dasar kulit.
image dari bantulkab.go.id

Opsi ke dua, ada Kabupaten Gunung Kidul yang terletak di sisi timur. Andalan wisata kabupaten ini juga deretan pantainya yang indah dan berpasir putih.

Kalau kamu memutuskan ke Gunung Kidul di hari kedua, sekalian saja mencoba kuliner khas wilayah ini; Gathot Tiwul (yang terkenal Yu Tum) dan juga belalang goreng. Tapi kalau punya riwayat alergi, jangan ya!

Ah..ke Jogja itu mesti ke candi! Bisa jadi kamu tipe pecinta sejarah. Kalau kamu tipe yang itu, saya saranin kamu pergi ke arah timur laut. Ada kecamatan Prambanan dan juga Kalasan, dimana kamu bisa berwisata candi. Ada banyak candi berukuran kecil tersebar di area ini, dan yang paling besar tentu saja kawasan Candi Prambanan dan juga kawasan Keraton Ratu Boko yang terkenal dengan keindahan sunsetnya.

Keraton Ratu Boko, Image dari Republika.co.id

Mumpung di area Kecamatan Prambanan, kamu bisa juga sekalian ke Tebing Breksi, untuk menyaksikan ex tambang batu kapur, yang kini telah bermetamorfosa menjadi obyek wisata yang sudah mendunia.


Dari sekian banyak referensi tempat wisata di Jogja tadi, sebenarnya kamu tinggal milih aja. Sesuaiin aja sama hobi dan minat kamu saat travelling. Oke deh, semoga tulisan membantu ya! Ingat  #KapanAjaBisa ke Jogja. Kan ada Airy😁

You Might Also Like

7 komentar

  1. Betul sih, wisata diatas cocok buat yang travelling 2 harian ya, Teh.
    Tapi kalau sekarang saya sehari beres itu..hihi

    BalasHapus
  2. Saya yang udah pernah hanya ke Taman Pintar aja mbak. Itu tempatnya edukatif banget, cocok buat Wisata Pendidikan anak-anak sekolah. Menurut saya lebih bagus lagi menggunakan Guide (nggak tahu juga disana ada Guidenya atau tidak), karena ada pos-pos tertentu yang butuh penjelasan.

    Dan tidak cukup satu atau dua jam menjelajah tempat ini secara keseluruhan dan rinci. Saya dulu hanya sebentar karena waktunya dibagi dengan obyek lain, jadi nggak puas. Sudah keliling semua sih, tapi cuma lewat dan nengok sebentar.

    Apalagi saya melewatkan deretan kios buku di luar gedung karena harus segera ke Malioboro :).

    Iya saat ini banyak Hotel murah dan bagus, sehingga nggak sayang kalau harus bermalam dan melanjutkan berwisata lagi besoknya..

    BalasHapus
  3. Oh, iya..jangan ke sini di hari Senin, karena kalau nggak pas tanggal merah/libur nasional, Taman Pintar libur.
    ==================================
    jadi senin tanggal merah buka ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka mb, insyaalloh. Ada informasi di bagian depan gedung.

      Di hari biasa, operasional selasa-minggu.

      Klo pemahaman saya seperti itu..

      Kebetulan saya bbrp kali ke taman pintar pas Minggu sih.

      Hapus
  4. Kalau ke Jogja pasti nyempetin diri ke nol kilometer di depan Benteng Vredeburg. Kalau malam hari disana seru banget. Banyak yang bisa diliat.

    BalasHapus
  5. Bagiku nggak cukup dua hari kalo ke Jogja, mesti satu minggu wkwkwkwkwk....

    BalasHapus
  6. kayaknya kalo ke Jogja sekarang dua hari aja kurang, butuh seminggu buat explore semuanya biar makin mantap liburannya


    www.diahestika.com

    BalasHapus