Nyobain Kesegaran Es Murni Mertoyudan, Magelang

Siang hari ketika matahari bersinar terik, maka jajanan yang paling menggoda untuk dicoba adalah es.

"Yang ada es buah, kiri jalan mana ya?" Tanya suami saya sambil mengemudi.

" Mana yaa.. , aku nggak hapal e daerah Magelang, " jawab saya. Waktu itu kami memang sedang melintas di daerah Magelang. Daerah Canguk, arah ke Jogja.

"Oh..di daerah Mertoyudan itu kayaknya ada. Klo nggak Es Enny, Es Murni!"  tiba-tiba saya ingat karena dulu pernah mampir di salah satu tempat tersebut, bareng teman-teman waktu masih kerja lapangan.

Maka nggak pakai acara ba-bi-bu, saya dapat job baru. Mencari dimana posisi pasnya target yang njual es tersebut. Yang paling pertama ketemu, Es Murni. Lokasinya di Mertoyudan, tepatnya Ruko Prayudan Permai Blok A/1-A, Jl. Mayjen Bambang Soegeng, Mertoyudan, Magelang. Dari plang nama sih kayaknya cita rasa Es ini legendaris, soalnya ada kata citarasa dari 1962 gitu kalau nggak keliru.

Jaman jauh sebelum saya lahir, es ini sudah lahir. Oke lah, masuk ke rukonya. Pas sepi, cuma kami berempat saja yang pas njajan di situ. Ruangannya nggak begitu besar. Mungkin untuk kapasitas 20an orang, dengan  beberapa tatanan meja-kursi untuk duduk. Di meja utama, ada beberapa toples berjajar aneka warna berisi racikan es. Ada dua waitress yang sudah siap, dan kemudian menyodorkan menu ke kami.

Daftar-harga-es-murni-Magelang
sebagian kecil menu es Murni Magelang

Menu-Es-Murni
Menu selain es


Banyak ragam es yang ditawarkan es Murni. Ada makanan berat juga sebagai pelengkap. Lumayan lengkap juga. Menu es nya mbikin bingung saking banyaknya. Penasaran dicampur bingung mau pesen apaan, suami pesen Es campur mandarin. Ternyata pesenannya diikuti sama anak-anak. Jadinya, 3 gelas es campur mandarin kami order. 

Saya? Saya milih es roti aja. Tampilan di buku menunya menggoda. Sesuai niatan memang cuma cari seger-seger, kami cuma pesen es saja.

Nggak pake lama, pesanan kami datang ke meja. Dari sisi content Es campur mandarin ternyata berisi air perasan jeruk, sirup merah aneka jelly dengan beberapa warna-bentuk-dan ukuran, biji selasih, dan buah kelengkeng beku yang kemudian ditambah es di atasnya.

es-campur-mandarin-es-murni
es campur mandarin, dengan jelly smiley


es-roti-es-murni
es roti coklat. Mengenyangkan juga kalau yang ini

Anak-anak suka dengan jelly yang bentuknya lucu-lucu. Nggak ada komentar khusus dari pak suami atau Raka mengenai rasa es ini, tapi kata Alya..es nya kecut. Iya sih, mengingat kandungan air perasan jeruknya. Ketika saya cicip, memang yang dominan rasa kecut-manis. Alya akhirnya nggak mau menghabiskan segelas esnya. Rejeki ibunya yang selalu berperan layaknya ikan sapu-sapu😁 Oh ya, segelas es campur mandarin ini dibandrol harga 16ribu.

Ini penampilan es roti yang saya pesan. Karena saya pesen yang ada embel-embelnya 'coklat' jadi, isi dari mangkok ini adalah es batu, santan lumayan kental sebagai kuah, roti, plus susu kental manis rasa coklat. Simpel sih ya kelihatannya. Rasanya perpaduan seger-manis dan gurihnya santan yang kentara. Cocok untuk lidah-lidah Jawa kayak saya. Satu mangkok es roti, berharga 12 ribu rupiah.

Menurut saya pribadi, dari segi harga agak overprice  untuk ukuran es yang konsepnya dijual di ruko seperti ini. Beda kalau saya njajannya di mall atau konsepnya resto yang agak gede gitu. Apalagi ini masih di Magelang. Ya..tapi mungkin karena es Murni sudah melegenda itu tadi, dan cabangnya ada di beberapa tempat, mosok mau pasang harga beda-beda. Nggak mungkin banget kan? Yang penting udah pernah nyicipin rasa..sudah menolong dahaga.


Lokasi Es Murni Mertoyudan


You Might Also Like

1 komentar

  1. Anak-anak itu kalau lagi di jalan selalu saja merengek minta es. Padahal sebelum berangkat sudah minum air dingin. Tak lama kemudian sudah haus lagi dan butuh minuman manis. Kadang kepikiran pengen bawa termos saja. Tapi tahan berapa lama di jalan.

    BalasHapus