Dolan Motoran ? Pastikan Cek 5 Bagian Ini, Demi Perjalanan yang Aman dan Nyaman

9 comments
A

da banyak alasan hingga seseorang memilih keluar rumah untuk tujuan berwisata menggunakan kendaran roda dua.  Bisa jadi karena hanya itulah alat transportasi yang dimiliki, demi mendapatkan pengalaman baru atau mungkin saja hanya motor yang bisa menjangkau daerah tujuan. 

Komponen penting motor yang wajib dicek

Touring atau melakukan perjalanan  menggunakan motor dinilai  lebih menghemat biaya, lebih fleksibel dalam pengaturan waktu, akan lebih eksploratif, meskipun secara stamina, akan lebih melelahkan. Lebih romantis juga sebenarnya, jika kita melakukan perjalanan wisatanya bareng pasangan. 

Saat melakukan perjalanan dengan sepeda motor, satu poin yang tidak boleh dikesampingkan adalah selalu nomor satukan keamanan berkendara. Cek secara rutin kondisi kendaraan yang digunakan agar kita bisa selamat sampai tujuan dan pulang kembali ke rumah dalam kondisi tak kurang satu apapun. 

Bagian Yang Wajib Dicek Saat Melakukan Service Sepeda Motor

Sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor, setidaknya ada dua bagian yang harus “disiapkan." Pertama adalah kesiapan fisik pengendara. Pastikan badan dalam kondisi yang sehat. Selain itu, sepeda motor pun harus dipastikan dalam keadaan terbaik. Cek bagian-bagian penting/vital, seperti misalnya:


1. Kampas Rem

Saat berkendara, bukan tidak mungkin kita akan melewati berbagai medan seperti kemacetan, turunan, dan beberapa kondisi jalan yang menuntut fungsi pengereman berjalan baik. Salah satu spare part yang berkaitan dengan hal tersebut adalah kampas rem atau brake pads.

Kampas rem berfungsi untuk menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam, sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda.  Ia merupakan komponen yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan saat dikehendaki. 

Bagaimanapun, pada kendaraan bermotor kampas rem sangat penting dalam menunjang keamanan dan kenyamanan pengendaranya. 


2. Ban

Pada dasarnya ada beberapa fungsi ban pada sepeda motor. Ban merupakan penyangga berat pada motor, penyerap guncangan dari permukaan jalan, pengontrol arah kendaraan, dan juga memudahkan sepeda motor saat berubah arah. 

Sebelum melakukan perjalanan dengan sepeda motor, hal wajib yang harus dilakukan adalah mengecek kelayakan pakai dan kondisi ban. Layak-tidaknya kondisi ban bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan visual dan juga mengukur tekanan ban.


3. Oli Mesin

Saat melaju, mesin motor akan bergerak dan panas. Oli lah yang berperan untuk melumasi mesin, membersihkan, melindungi dari aus serta sebagai pendingin mesin sepeda motor. Rata-rata produsen sepeda motor menganjurkan penggantian oli mesin setiap 2000 atau 3000 km atau 2 bulan sekali, mana yang tercapai lebih dulu. Klausul “mana yang tercapai lebih dulu berkaitan dengan engine hour atau waktu yang sudah dilalui oleh mesin motor.

Oli mesin

Untungnya beberapa bulan terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian oli mesin matik sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini dikarenakan oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester dan menghasilkan base oil tertinggi di kelas oli.


4. Oli Gardan

Pengguna kendaraan matic, wajib tahu pentingnya pengecekan oli gardan ini. Oli transmisi atau gardan pada motor matic berfungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis. Interval penggantian oli jenis ini memang lebih lama apabila dibandingkan dengan oli mesin. Saat terdengar suara bising/berisik dari boks CVT, suara motor  kasar dan motor terasa bergetar saat dikendarai bisa dipastikan gejala tersebut merupakan pertanda kalau Oli gardan harus segera diganti karena tidak layak untuk dipakai lagi. 


5. Busi

Busi pada motor berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.  Tanpa busi, motor tidak dapat dihidupkan mesinnya. 

Ketidakberesan pada busi biasanya bisa terdeteksi melalui beberapa gejala awal seperti motor yang sulit dihidupkan, muncul gejala berhenti sesaat, akselerasi motor yang tidak maksimal dan juga suara mesin yang kasar dan terasa ada getaran. Akan repot jadinya kalau sampai busi bermasalah di tengah perjalanan. Makanya, cek dulu kondisi busi sebelum pergi. Ok?!

Lakukan Juga Tune Up Sepeda Motor Rutin

Seandainya badan sepeda motor itu diibaratkan badan manusia, Tune up ini mirip  refreshing, healing, shoping, pijit terapi  atau apapun hal menyenangkan lainnya yang bertujuan merefresh otak. 

Pada sepeda motor, proses Tune up motor adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standar. Langkah ini bertujuan untuk membuat sepeda motor tetap aman dan nyaman saat digunakan. 

Tiga sektor yang perlu diperhatikan saat melakukan tune up motor meliputi sektor mesin, chasis, dan transmisi. Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada pemilik motor tentang apa saja yang harus diganti dan kisaran biaya yang diperlukan. Kalau terjadi kesepakatan oleh dua belah pihak, mekanik baru akan melakukan perbaikan. Untuk urusan ini, teman-teman bisa menyerahkan urusan dengan mekanik kepercayaan. 

Memilih Bengkel/Tempat Service Motor Terbaik

Beberapa urusan yang menyangkut maintenance sepeda motor, kadang-kadang bisa kita lakukan sendiri. Mengisi BBM dan menjaga kebersihannya misalnya. Namun, untuk hal-hal yang bersifat teknis menurut saya akan lebih baik kalau diserahkan kepada ahlinya. Dengan kata lain, bawa saja ke bengkel untuk dilakukan perawatan dan pengecekan rutin. 

Planet ban adalah salah satu bengkel motor yang bisa diandalkan. 

Selain menanggulangi kebocoran ban tubeless, ganti ban dalam, ganti ban luar, dan ganti aki motor yang mati, Planet Ban juga menerima jasa service sepeda motor, termasuk penggantian oli motor matic.

Di bengkel ini, konsumen bahkan akan mendapatkan servis  rasa mesin baru. Service dilakukan menggunakan teknologi modern dalam pembersihan mesin motor, tanpa membongkar banyak bagian mesin sehingga lebih hemat waktu/lebih efisien.

Keuntungan  Melakukan Service Motor di Planet Ban

Tak jauh dari rumah, ada gerai Planet Ban yang sudah cukup lama berdiri dan hampir selalu terlihat ramai setiap hari. 

Tapi memang wajar, sebagai bengkel dengan banyak gerai  dan tersebar di banyak kota di Indonesia, ada beberapa poin plus yang dimiliki Planet Ban dan tidak dimiliki banyak bengkel kebanyakan:

Setelah diservis, mesin akan lebih bersih. Mesin motor yang sama, tapi dengan rasa mesin baru. Jika di bengkel kebanyakan masih sering ditemukan banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tersisa di beberapa bagian mesin motor pasca servis, maka saat melakukan servis motor di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan bahkan  kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body semuanya akan bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran. Mesin akan terlihat seperti mesin baru. 

Dengan begitu, motor akan jauh terasa lebih nyaman dikendarai. Hal ini tentu berhubungan dengan mesin lama rasa mesin baru yang ditawarkan Planet Ban. Hasil service di Planet Ban membuat tarikan motor lebih enteng, emisi turun dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin menjadi bersih total. Secara tidak langsung kita jadi ikut membuat bumi lebih sehat karena telah meminimalisir polusi udara.

Kabar gembiranya adalah, harga  pelayanan semua jasa yang bisa motor kita nikmati di Planet Ban bisa dikatakan terjangkau. Harga service motor di Planet Ban yang bisa dikatakan lengkap banget, rupanya tidak terlalu mahal. Tarif service motor injeksi hanya 20.000 rupiah, service CVT sekaligus rantainya 19.500 rupiah, sementara service throttle body hanya 20.000 rupiah. Informasi mengenai tarif ini penting banget untuk ibu-ibu selaku "Menteri Keuangan" rumah tangga😊

Bagaimana? Sudah yakin kondisi badan fit dan sepeda motor yang kita miliki siap sedia? Let’s go!!

Related Posts

9 comments

  1. Wah ternyata banyak bagian penting yang harus diperiksa secara rutin yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi keamanan mba...drpd repot dijalan nantinya...

      Delete
  2. Aku masih sering sepeda motoran kemana-mana mba, sejak tahu planet ban, jadi milih servis motor di sana karena lokasinya nggak begitu jauh dar rumah

    ReplyDelete
  3. Waini, penting banget cek ricek kondisi kendaraan supaya jalan-jalan lancar tanpa hambatan dan mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tak diinginkan..

    ReplyDelete
  4. mba makasih ya Tipsnya, soalnya memang aku butuh banget tips ini sering luar kota ke rumah ibu motoran

    ReplyDelete
  5. Suka mampir ke Planet Ban karena isi anginnya gratis. :D

    ReplyDelete
  6. Wah, iya bener banget mba. supaya aman dan nyaman saat berkendara, motor wajib dirawat ya. Aku jadi ingat ganti ban tubles dua motor matic ku di Planet ban

    ReplyDelete
  7. Planet ban bagus ya pelayanannya. Lengkap pula servisnya. Bisa jadi andalan.

    ReplyDelete
  8. Penting banget untuk cek rutin sepeda motor ya kak terutama bagi yang suka bepergian

    ReplyDelete

Post a Comment