Rekomendasi Tempat Wisata Rekreatif-Edukatif di Jogja. Otak Fresh, Ilmu Dapat!

1 comment

Siapapun ngerti, Jogja menjadi  terkenal salah satunya karena keragaman di sektor wisata. Ibarat mau makan, kita seperti disuguhi beragam menu dan kita tinggal milih sesuai preferensi kita. Termasuk bagi parents yang ingin mengajak buah hati untuk plesiran di Jogja. 

Meskipun tidak semua orang tua memiliki kecenderungan yang sama, tapi beberapa biasanya lebih suka mencari tempat dolan yang bisa sekalian belajar. Ya, belajar sambil jalan-jalan. Tujuannya tentu saja bisa mendapatkan  wawasan baru dengan cara menyenangkan.


Taman Pintar


Taman pintar

Ketika predikat sebagai kota pelajar dan kota wisata berpadu, maka  Taman Pintar adalah jawabannya. Taman Pintar berada di jantung kota, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati no 1-3 Yogyakarta. Sejak awal kebereradaannya obyek wisata ini memang memadukan unsur rekreasi dan edukasi dalam satu lokasi.

Beragam wahana bisa dinikmati pengunjung di sini. Ada wahana bahari, dimana pengunjung bisa merasakan petualangan singkat mengelilingi miniature perairan dengan kapal mini. Ada pula Zona Go Nature Go Carton dimana pengunjung bisa melihat dan mempelajari perjalanan kemasan karton tetra Pak. 

Gambaran mengenai proses pengebora geothermal, dari proses penelitian sampai pengolahan bisa disaksikan dengan menarik melalui Zona Panas Bumi di Gedung Kotak lantai 2. 

Selain wahana-wahana di atas, masih banyak wahana lain yang bisa dinikmati pengunjung seperti Zona perpustakaan, Zona Pengolahan Sampah. Di bagian luar Gedung, ada playground dan Kampung Kerajinan. Harga tiket untuk per  wahana berbeda, seperti  di Zona Peraga Sains dan Teknologi adalah 20.000 rupiah untuk dewasa dan 12000 rupiah untuk anak-anak, Wahana Bahari 6000 rupiah, Dino Adventure 20.000 rupiah. Untuk informasi lebih detail, teman-teman bisa mengunjungi halaman web mereka di www.tamanpintar.co.id


Gembira Loka Zoo

Meskipun Gembira Loka Zoo (GL Zoo) bukan satu-satunya kebun binatang di Jogja, tapi inilah kebun binatang pertama, terbesar, dan dengan koleksi binatang yang paling lengkap. Selain sebagai kebun binatang, GL Zoo juga merupakan pusat penelitian satwa sekaligus paru-paru kota Yogyakarta.

Hanya sekitar 15 menit dari Taman Pintar, tepatnya di Jalan Kebun Raya no 2, lokasi Kebun Binatang Gembira Loka didirikan di atas lahan seluas 22 hektar, dan separuhnya berupa hutan lindung. 

Ratusan spesies satwa hidup di situ serta sekitar 61 spesies flora dijaga kelestariannya. Jadi bisa kan kebayang besar dan teduhnya tempat ini?

Banyak sekali wahana yang dimiliki kebun binatang ini. Sebut saja Petting Zoo. Di area ini pengunjung bisa berinteraksi dengan beberapa jenis satwa seperti kambing etawa, keledai, domba batur, kelinci jerman, ayam brahma, kura-kura sulcate dan kura-kura emys. 

 Zona cakar adalah zona di mana pengunjung bisa melihat secara lebih dekat berbagai jenis karnivora seperti harimau sumatera, macan tutul jawa, beruang madu, kucing bakau, singa afrika, dan masih banyak lagi. 

Kalau teman-teman penasaran dengan kehidupan satwa primate seperti siamang, tonkean, monyet tupai, marmoset, owa, lutung jawa dan beberapa jenis primate yang lain, maka Zona Primata adalah tempatnya. Sementara Zona Reptil merupakan rumah bagi beberapa jenis ular seperti python burma, sanca, kobra, dan juga beberapa jenis reptil lain.

Diantara semua zona, buat saya Zona Taman Burung adalah zona yang paling menarik. Rugi banget kalau sampe men-skip zona ini. Di zona Taman  Burung, pengunjung bisa berinteraksi dengan beragam burung dengan bulu warna-warni pada sebuah taman, seperti kakatua amazon, elang bondol, nuri abu-abu afrika, dan banyak jenis burung endemik Indonesia maupun mancanegara.  Bayangin saja begitu banyak burung yang terbang di atas kepala kita. Cakep banget!

GL Zoo

Pengunjungpun bisa mendapatkan pengalaman baru dan tak terlupakan dengan memberi pakan langsung dan berfoto dengan jenis gajah sumatera yang merupakan salah satu koleksi satwa GL Zoo.

Danau buatan yang berada di tengah-tengah area kebun binatang, saat ini juga digunakan untuk beberapa wahana air  seperti speed boat dan juga bumperboat. 

Harga tiket masuk: Senin-Jumat 60.000 rupiahSabtu/Minggu/hari libur nasional : 75.000 rupiah

Web: gembiralokazoo.com


Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Ingat dengan pesawat N-250 yang pernah menjadi pesawat kebanggaan Indonesia di masa nya? Saat ini pesawat made in Indonesia ini bisa ditemui kembali di museum Dirgantara Mandala Yogyakarta. Berada di lingkungan Kompleks Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta sejak awal keberadaannya memang difungsikan untuk mengabadikan peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI-AU. 

Selain diorama peristiwa bersejarah Angkatan Udara Indonesia, sejumlah foto-foto pahlawan dan tokoh-tokoh sejarah, museum ini juga menyimpan sejumlah pesawat tempur yang kebanyakan berasal dari masa PD II dan perjuangan Indonesia. 

Tak hanya itu, Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta juga dilengkapi koleksi beberapa prototype bom yang merupakan bom latih dan juga bom tajam. 

Untuk bisa masuk dan menikmati koleksi dari Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta, pengunjung hanya dikenalkan tiket masuk sebesar 6000 rupiah/pengunjung. Bahkan kalau teman-teman hanya mau menikmati suasana luar museum yang rindang dengan masih bisa melihat koleksi pesawat yang “terparkir” di halaman, teman-teman tak dikenakan biaya masuk alias gratis. 

Itu tadi, tiga tempat wisata di Yogyakarta yang edukatif dan juga rekreatif dan cocok banget dijadikan tempat dolan bareng keluarga, terlebih yang punya bocah. Jadi bagaimana, sudah punya planning mau kemana saja kan pas menghabiskan waktu liburan di Jogja?


Related Posts

1 comment

  1. Taman pintar yg aku pengen bangt datangin. Soalnya, beberapa kali datang ke tempat2 yg berbau ilmu pengetahuan gini, tapi Krn dikemas secara menarik, jadinya lebih mudah menangkap ilmunya mba. Menjelaskan ke anak juga LBH gampang.

    Dulu aku benci pelajaran science, tapi mungkin Krn cara guru menjelaskan boring. Yg ada malah ga paham ๐Ÿ˜„. Coba kalo dibuat semenarik mungkinkan seperti wahana di taman pintar atau wahana science di beberapa themepark lain๐Ÿ˜

    ReplyDelete

Post a Comment