Makan dan "Dimakan Ikan" di Joglo Khasanah

5 comments

Makan dan dimakan ikan? Judul yang aneh ya😀 Ini juga gara-celetukan Alya yang spontan, "Wah, kalau gini...ceritanya kita makan ikan sambil dimakan ikan dong..!"

Kok bisa..? Baca terus ya, pasti nanti nemu jawabannya😀

makan di joglo khasanah resto

Tentang Joglo Khasanah Resto




Kalau teman-teman melintas dari Jogja mau ke arah Wonosari, tepatnya di Jalan Wonosari Km 7 (Dusun Mantup) pasti akan nemu sebuah tempat makan berbentuk Joglo dengan nama Joglo Khasanah. Rumah makan ini belum begitu lama ada, jadi masih bisa dibilang relatif baru. 

Kalau dari Jogja, Joglo Khasanah ini berada di sisi kanan jalan, persisi di pinggir jalan. Sementara kalau dari arah Wonosari rumah makan di kiri jalan. Jadi sebenarnya bisa lah jadi tempat pengisi amunisi selepas turun dari "Jogja lantai 2"  alias dari kawasan atas (Gunung kidul). 

Kecuali memang keburu lapar...ya, mending cari makan di daerah Gunung Kidul, atau Wonosari kota yang juga memiliki kekayaan kuliner yang beragam.

Seperti namanya, bangunan utama restoran berbentuk Joglo. Dalemannya meja dan kursi-kursi kayu tebal dan panjang yang kesannya berat. Sesuai protokol kesehatan, semua pengunjung diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk. 

Penataan kursi, meskipun berhadap-hadapan, tapi pihak resto menyarankan agar hanya 1 sisi yang diisi. Satu sisi lainnya sengaja dikosongkan, dengan memberi tanda silang berwarna hitam. Cuma dalam prakteknya...tetep ada sih (terutama yang keluarga) duduknya tetep berhadapan. 
 
Secara ukuran, Joglo Khasanah lumayan lapang. Bangunan utama, berada di lantai bawah. Sementara agak ke belakang, ada tangga yang akan mengantar ke lantai dua, dan merupakan ruangan untuk keperluan rapat, arisan, dan sebangsanya yang melibatkan banyak orang. 

Dari sisi fasilitas, space parkiran aja yang agak-agak terbatas karena posisi memang di pinggir jalan. Selebihnya, cukupan lah. Ada toilet, mushola, dan juga Wi-Fi yang bisa diakses gratis. Yaa...kali aja, mau makan sambil donlot film😀


Terapi Ikan sembari Menikmati Hidangan di Joglo Khasanah


joglo khasanah jalan wonosari
Area makan dengan "bawahan"  berupa kolam ikan Garra rufa yang siap menyerbu kaki-kaki yang masuk


Satu hal yang unik dan bisa ditemukan di Joglo Khasanah Resto adalah adanya kolam terapi yang sekaligus sebagai tempat makan. Kalau di tempat lain --misalnya Sendhang Mbudho -- kolam terapi diletakkan terpisah, maka di Joglo khasanah ini ada satu space dimana kita bisa menikmati hidangan sembari melakukan terapi ikan atau fish teraphy.

Di sisi barat bangunan Joglo, kita bisa menemukan space berukuran sekitar 2,5 x7 meter dengan ketinggian air sebetis orang dewasa. Nah di kolam ini, ada ratusan ikan jenis garra rufa yang siap mengerubuti kaki untuk memakan kulit mati di kaki kita. Geli😀 Tapi bisa dicoba, biar dapat pengalaman yang berbeda.

Inilah yang kemudian menimbulkan celetukan Alya, "Wah...kita makan ikan...sambil dimakan ikan!"

 
makan di joglo khasanah
wajah pada ga niat foto. Lapar paling 😊 Tapi backgroundnya cakep yaa.. Ha..ha, kurang kerjaan banget makan di tengah jembatan.


Menu dan Harga Makan-Minumam yang Ada di Joglo Khasanah


Dari segi keberagaman, menu yang dimiliki oleh Joglo Khasanah ini lumayan lengkap. Untuk menu makan, ada beberapa macam olahan bebek, olahan ayam, olahan ikan air tawar, dan juga olahan ikan laut. Pilihan untuk minuman pun cukup komplit, Termasuk menu snack/cemilan.

menu joglo khasanah
cumi asam manis,  1 porsi Rp. 20.000


menu paket joglo khasanah
Menu paling simpel, paket lele goreng. Menu makan+ air mineral Rp. 15.000


udang asam manis joglo khasanah
udang krispi asam manis, 1 porsi Rp. 18.000



Soal harga makanan dan minuman?  Menu-menu di Joglo khasanah bisa dibilang ramah untuk dompet. Bahkan untuk beberapa menu saya lihat harganya hampir sama dengan harga di warung tenda pinggir jalan, tapi dengan tampilan yang lebih menarik dan tempat yang jauh lebih nyaman dan lebih bersih tentunya.

Klo saya pribadi nggak nyesel sih sudah dapat kesempatan nyicip sedikit dari sekian banyak menu di sini. Besok klo lewat, ada kemungkinan nyobain menu lainnya. 


Gimana, mau mbuktiin sendiri?

Lokasi Joglo Khasanah


Related Posts

5 comments

  1. Wah, tampak menggiurkan menunya. Seafood dan ikan aku sukaaa.

    ReplyDelete
  2. Wah, tampak menggiurkan menunya. Seafood dan ikan aku sukaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... sehat juga..asal ga over aja. Klo over, kolesterolnya.. :-D

      Delete
  3. Aku ada plan ke gunkid pas ke Jogja akhir OCT ini mba. Bolehkah restonya aku catet dulu , mungkin ntr pada tertarik mau makan seafood :D. Murah2 yaaa harganyaaa. Itu yg aku seneng dr Jogja, msh pada murah.

    Aku prnh baca review ttg sate ratu yg mba prnh tulis. Kalo yg itu aku udh niat hrs cobain mba :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mba. nginep dimana jadinya mba Fan? klo di rich jogja, Sate Ratu tinggal jalan...deket Jogja City Mall juga.

      Delete

Post a Comment

Follow by Email