3 Tempat di Jogja Utara yang Asyik Buat Jogging

Post a Comment

Semakin berumur, maka definisi “dolan” untuk saya menjadi semakin luas. Bahkan saat berolahraga pun, sebisa mungkin otak saya minta untuk mendefinisikan itu sebagai kegiatan yang menyenangkan. Termasuk saat melakukan aktivitas jogging atau sekedar jalan santai demi membakar kalori. 

Iya, faktor usia dorongan utamanya. Saya mau punya badan sehat, itu intinya. 

Untungnya, di daerah tempat tinggal ada beberapa tempat yang enak banget dijadikan lokasi untuk jogging. Kalau teman-teman sedang mencari referensi tempat Jogging di Jogja utara, semoga tulisan ini bisa membantu ya.

Wisdom Park UGM

Pertama, kita ke Wisdom Park UGM. Tempat ini semacam fasilitas publik yang dimiliki Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, berlokasi di kawasan kampus namun bebas diakses oleh publik. Semacam taman kota yang sangat besar. 

Wisdom park ugm

Sebagai area terbuka hijau dengan luas sekitar 6 hektar, tempat ini dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti danau, lapangan, area bermain, jogging track, dan tentu saja kedai makan/minum ataupun toilet umum.

Wisdom Park UGM menjadi tempat yang digemari banyak orang karena secara lokasi mudah dicari. Banyaknya pepohonan, tanaman bunga, burung-burung serta keberadaan danau, sungai dan selokan menjadikan Wisdom Park sebagai tempat yang menyenangkan untuk berolahraga sekaligus menyegarkan pikiran. 

Dengan jam operasional mulai pukul 05 pagi hingga pukul 6 petang,  waktu terbaik untuk  mengunjungi tempat ini adalah di pagi dan sore hari. Tidak ada biaya masuk yang dibebankan kepada pengunjung, bahkan tidak ada charge untuk parkir kendaraan. 


Lapangan Pemda Sleman


Lapangan Pemda Sleman

Tempat berikutnya yang sering dijadikan publik sebagai area Jogging  di area Jogja utara adalah Lapangan Pemda Sleman, atau yang biasa dikenal masyarakat sebagai Lapangan Beran. Teman-teman bisa dengan mudah menemukan lokasi ini karena posisinya tak jauh dari jalan nasional, Jalan Yogya-Magelang. 

Poin plus tempat ini adalah selain bisa berlari/jalan di jogging track melewati tepi lapangan, atau menyusuri jalan antar kantor-kantor pemda, teman-teman juga bisa bebas mengakses beberapa alat olahraga yang disediakan. 

Tak ada jam operasional khusus, tapi jam yang paling disarankan tentu saja pagi dan sore hari. Selain berolahraga, di akhir pekan teman-teman bisa sekalian njajan produk-produk UMKM Sleman. Iya, karena di hari Sabtu dan Minggu ada semacam bazzar kuliner. Jadi,  teman-teman bisa berolahraga dengan ditutup njajan aneka produk makanan lokal.  


Embung Kaliaji, Turi

Sesuai namanya, fungsi utama tempat ini jelas sebagai tempat penampungan air.  Berada di daerah Donokerto, Turi, Sleman, embung ini dianugrahi view alam yang cantik dan udara yang segarnya luar biasa. Karena itu, berjalan atau berlari kecil mengelilingi embung menjadi pilihan kegiatan yang bisa dilakukan di sini. 

Enbung kaliaji


Tak hanya berkeliling dengan jalan kaki, kalau mau sesuatu yang lain teman-teman juga bisa bersepeda di sini. Dengan luas kawasan sekitar 20.000 meter persegi, tempat ini juga sering digunakan sebagai camping area maupun lokasi outbond. Mau kulineran selepas olahraga? Bisa, karena di beberapa sisi embung terdapat beberapa resto dan juga warung makan  dengan berbagai  varian menu makanan. 

 

Related Posts

Post a Comment