5 Alternatif Kegiatan Seru Isi Liburan Sekolah

1 comment

Yey, masa liburan sekolah sudah tiba. Akhir tahun seperti saat ini, anak-anak biasanya seneng, karena untuk beberapa hari mereka akan terbebas dari rutinitas bangun pagi, nggak ketemu upacara bendera, serta kewajiban mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kegiatan pengisi liburan sekolah

Beberapa orang tua juga memiliki waktu yang lebih panjang bersama keluarga, mulai dari cuti kantor, serta libur nasional natal dan tahun baru. Nah, moment liburan seperti ini biasanya kreatifitas para orangtua yang gentian diuji. Anak-anak disiapkan kegiatan apa ya, biar nggak hape an terus? Intinya kegiatan alternatif agar waktu screening mereka berkurang. 

Berikut, ada 5 kegiatan seru yang bisa dicoba untuk mengisi liburan bersama anggota keluarga. 


Jalan-Jalan atau Piknik

Pergi saja ke tempat baru yang belum pernah teman-teman datangi sebelumnya. Libatkan anak saat kita  mempersiapkan segala sesuatunya, misalnya saja ikutkan para bocah saat kita mengepak pakaian, menyiapkan bekal, atau mengecek kesiapan kendaraan misalnya.

Kegiatan pengisi liburan

Nikmati perjalanan, dan rekamlah dengan ingatan hal-hal menarik apa yang  ditemui di lokasi yang didatangi. Resikonya, tentunya terjebak macet. Tapi toh itu bisa disiasati, misalnya keluar saat bukan jam sibuk atau mencari jalur-jalur alternatif. 


Membaca, Datang ke Perpustakaan Daerah Misalnya

Halah, liburan kok baca buku? Eits, jangan salah.  Menjelajah dunia lewat Pustaka itu juga seru kok. Apalagi Jogja punya Gedung perpustakaan yang sangat besar dengan ribuan buku-buka yang sangat menarik. Kalau kemarin anak-anak sudah sibuk dengan buku pelajaran sekolah, di masa liburan seperti sekarang, bebaskan mereka untuk membaca buku bacaan yang sifatnya ringan dan menghibur. 

Berkebun

Punya halaman tapi belum termaksimalkan? Liburan sekolah bisa lho diisi dengan berkebun. Aktivitas ini bisa dilakukan seluruh anggota keluarga. Bagi jobdesk masing-masing mulai tahap persiapan sampai eksekusi.

Aktivitas berkebun bisa dimulai dengan berbelanja benih tanaman, pot, dan juga media tanam. Setelah itu, tinggal eksekusi deh. Melibatkan anak-anak dalam aktivitas berkebun secara tak sadar membawa anak-anak  belajar tentang alam dan lingkungan. Untungnya bagi orang tua? Rumah kita makin asri lah..

Memasak

Mmm, bisa jadi chief-chief yang sekarang terkenal itu dulunya adalah kakak-kakak yang hobinya memasak waktu kecil. Jadi apa salahnya kita mengikuti jejak mereka. Nah…kalau teman-teman memang memiliki ketertarikan  dengan dunia masak-memasak, maksimalkan saja pas liburan sekolah. Mulai dulu dengan resep-resep sederhana. Teman-teman bisa cari inspirasinya di media sosial. Orang tua pun begitu juga. Bisa sekalian belajar, langsung dipraktekkan. Ya..itung-itung usaha diversifikasi olahan makanan, biar nggak melulu berputar di telur dadar-telur ceplok-dan sop melulu. Ha..ha..ha. Aku banget.  


Berkemah

Tidur di tenda, bisa lihat bintang di langit, mbakar sosis bareng, Ah, pasti seru! 

Ada banyak kok tempat kemah yang gampang dijangkau. Dari beberapa lokasi kemah jogja yang sering direkomendasikan, tinggal pilih dan menyesuaikan dengan situasi saja.

Sadar nggak, kalau kegiatan saat memasang tenda, menyiapkan menu makanan, dan kegiatan bersama dengan anggota keluarga/teman itu melatih kita untuk makin solid sebagai sebuah keluarga. 

Nah, gimana…sudah bebas galau kan, buat mutusin liburannya mau ngapain saja?


Related Posts

1 comment

  1. Paling pusiiiing kalo dah libur sekolah Mbaa 😄. Ujung2nya mentok staycation di hotel sekitaran Jakarta kalo memang papinya ga bisa cuti 🤭😁. Mau sih ngajakin anak2 kemping, tapi tetep hrs nungguin papinya cuti juga

    Nasiiib rumah ga punya halaman gini 😂

    ReplyDelete

Post a Comment