Jenuh? Berikut Beberapa Game di Solitaire.org yang Mudah Dimainkan, Seru, dan Berfaedah

1 comment
P

ernah nggak ngerasa waktu berjalan sedemikian lambat, ngapa-ngapain terasa nggak asik dan cenderung membosankan? Iya, seperti itulah kalau kita tengah dilanda rasa jenuh. Dan jenuh itu manusiawi kok. Siapapun bisa mengalaminya.  

Cara mengatasi jenuh

Untuk mengatasi rasa jenuh,  sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Misalnya saja pergi ke suatu tempat dan menemukan hal baru di sana.

Tapi apa lantas pas jalan-jalan semua bisa lancer jaya? Harapannya iya. Tapi kan kadang nggak semua keinginan kita berjalan sesuai harapan. Kadang ketemu macet, adakalanya ketemu antrian panjang, atau bisa jadi berjumpa dengan hal-hal yang kita tidak perhitungkan sebelumnya…

Nah, biar nggak merusak suasana, usir rasa jenuh atau mood yang kurang baik dengan sesuatu yang bermanfaat. Main game, boleh juga tapi pilah-pilih game yang berfaedah. Kalau kamu salah satu yang tertarik dengan opsi ini, yuk cobain mampir ke Solitaire.org

Game-Game  Seru dan Bermanfaat di Solitaire.Org

Apa yang ada di benak teman-teman kita mendengar atau membaca tentang Solitaire? Kalau saya, yang terbayang kemudian adalah game  kartu  pada personal komputer di era 90 an. 

Dulu, di rumah kakak yang sering memainkannya sembari mengerjakan skripsi. Saya jarang, karena tidak begitu paham dengan permainan komputer yang model menggunakan kartu. 

Hingga kemudian seorang teman memberitahu tentang Solitaire.org, dan ternyata tidak melulu game kartu yang ada di sana. Web game dengan teknologi game web based  ini memiliki beberapa kategori seperti Solitaire card, mahjong, hidden object, match 3, logic puzzle, dan juga word. Dalam tiap kategori masih dibagi lagi ke banyak banget game, dan asyiknya semua permainan bebas iklan. 


Solitaire

Untuk bisa memainkannya, disamping koneksi internet teman-teman cukup modal smartphone,laptop ataupun personal computer. Pilih mana yang paling nyaman atau tinggal disesuaikan dengan situasi dan kondisi saja. 

Disamping sebagai pengusir jenuh, game-game yang ada di Solitaire.org bisa juga melatih kesabaran dan ketelitian. Bahkan ada beberapa yang membawa saya bernostalgia, serasa kembali menjadi muda. Ha..ha


Bermain Labirin di Daily Maze Logic Puzzle


Maze

Kesan pertama memang ruwet, seperti melihat banyak jalan, tapi bingung mana yang mau dilewati. Tapi percayalah, ini cuma game dan bakalan menyenangkan kalau sudah dicoba. Lagian, kita juga bisa ngatur levelnya kok mau mudah, sedang, atau sulit. 

Ada beberapa ukuran juga yang bisa dipilih, yakni 10x10, 15x15, atau 20x20. Yang ukurannya lebih besar, biasanya lebih sukar dipecahkan. Malah lebih menantang sih benernya.

Kunci dari bermain Daily Maze Logic Puzzle ini adalah ketelitian. Iyalah, Namanya juga puzzle. Jadi diantara sekian banyak “jalur” kita mesti menghubungkan jalur masuk dengan pintu keluar tanpa ketemu jalur buntu. Selain teliti, kecakapan lain yang dibutuhkan adalah mampu berfikir cepat dan cekatan karena ada timer yang berjalan. 

Saya senang dengan game ini karena bisa dimainkan segala usia mulai anak-anak hingga dewasa. Oh, iya untuk parents yang punya anak balita, game ini bisa lho di ubah ke versi cetak. Jadi tinggal pilih opsi print, dan permainan bisa dimainkan dengan menggunakan kertas.


Melatih Kecerdasan Matematis dengan Daily-15-up


Game angka Solitaire


Daily-15-Up ini masuk ke kategori permainan logika. Logika matematis lebih tepatnya. 

Sebenarnya perintah umum dari game ini mudah kok, yaitu menjumlahkan beberapa kotak angka hingga berjumlah 15. Menjadi menantang, karena di Daily-15-up angka-angkanya  tersusun acak dan semua angka harus terpakai. Iya bener, harus semua angka.  

Ada 4 papan ukuran, yaitu: 6x6, 7X7, 8X8, dan 9x9 dengan 3 tingkat kesulitan yaitu mudah-sedang-dan sulit. Semakin besar papan, tingkat kesulitannya juga semakin rumit. Melatih ketelitian, ketepatan dan kecepatan berfikir, daily-15-up menjadi game yang  menarik untuk orang-orang yang senang bermain dengan angka.


Nostalgia dengan Zuma Legend dan juga Zuma Ball

Ah, ketemu lagi dengan Zuma! Ini game favorit saya jaman masih bekerja di media dulu. Biasanya saya memainkannya saat pekerjaan kantor sudah selesai, atau pas lagi nggak banyak pekerjaan. Jadi zuma ini pas banget untuk yang lagi pengen bersantai-santai sejenak.

Game Zuma Solitaire

Tidak ada perubahan berarti antara Zuma yang saya kenal dulu dengan Zuma nya Solitaire.org. Di dalam setiap level Zuma, kita akan ketemu dengan rantai bola yang terus bergerak menuju garis finish. Teknis bermain Zuma, baik zuma legend maupun zuma ball hampir sama, yaitu menembak ke arah yang tepat hingga tersambung minimal 3 bola dengan warna yang sama. 

Di sini Zuma Legend memiliki 100 level permainan, sementara Zuma Ball terdiri atas 10 level. Kalau ada yang nanya, diantara keduanya mana yang asyik dimainin? Semuanya asyik kok. Tapi kalau saya pribadi, saya lebih suka bermain Zuma Legend daripada Zuma Ball karena levelnya lebih mudah diselesaikan dan tan tampilan juga lebih menarik. Yang pasti, ketemu dengan Zuma ini saya berasa ketemu teman lama😍


Bermain Hidden Object, si Pelatih Kecermatan & Kesabaran

Percaya nggak, salah satu modal penting seorang ibu itu kesabaran. Nah, biar sabarnya makin terlatih, saya merekomendasikan game Hidden Object ini. 

Sesuai namanya, misi utama permainan ini adalah menemukan barang-barang yang letaknya (sengaja) disembunyikan. Intinya, kita harus menemukan benda-benda, angka, atau barang yang posisinya sudah disematkan ke dalam papan permainan. 

Hidden object Solitaire

Ada beberapa tema  game Hidden Object yang  bisa kita pilih seperti China Temple, Circus  Adventure, Garden Secret Hidden Objects, Hidden Kitchen, Hidden Princess, Medieval Castle Hidden, Pirates and Treasures dan juga The Palace Hotel. Kalau penasaran bagaimana asyiknya bermain Hidden Object ini, yuk kita barengan nge game nya. 

Manfaat Bermain Game yang Kadang Tidak Kita Sadari

Game itu mirip dua mata pisau; bisa berbahaya, namun bisa juga berguna. Semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya. Kuncinya ya sebenarnya ya di kita sendiri. Kalau dalam proporsi yang sewajarnya, game-game yang sering kita mainkan ini sebetulnya menyimpan manfaat yang kadang tidak terlihat, atau bahkan tidak kita sadari.

Game yang sifatnya mirip puzzle secara tidak langsung akan melatih otak untuk mengingat, mengatur strategi, berfikir cermat maupun berhati-hati dalam mengambil tindakan. Misalnya saja game model-model Maze ataupun game-game angka.

Disamping melatih ketelitian, game juga membiasakan kita untuk bersabar. Pernah kan lama banget berada di level yang sama dan bolak-balik gagal untuk maju ke level berikutnya? Sabar, kita sedang dilatih untuk bersabar sebenarnya😊

Game yang sifatnya tidak memerlukan banyak energi untuk berfikir, seperti Zuma misalnya akan membuat pikiran kita relaks dan santai. Bahaya juga kan kalau otak kita sepaneng sepanjang hari?

Related Posts

1 comment

  1. Eh aku blm pernah mainin yg daily 15 up dan labirin Mbaaa. Biasanya suka mainin yg Solitaire Ama mahjong ajaa 🤣🤣🤣. Yg ga pake banyak mikir hahahaha

    Sebenernya aku ga jago angka2 gitu. Tapi kali pake logika aja, masih suka sih. Seru tuh kayaknya buat asah otak biar ga pikun yaa 😄

    ReplyDelete

Post a Comment