Menginap 1 Malam di Hotel Santika Gunungkidul

2 comments

Bukan rahasia lagi kalau belakangan, pembangunan fisik di Gunungkidul itu sudah bikin pangling banyak orang. Tak lain tentu berkat  sektor wisatanya yang berkembang pesat. 

Nggak heran juga, saat melewati wilayah kabupaten yang dikenal dengan topografi berbukit-bukit ini  maka kita akan hampir selalu menemukan sesuatu yang baru; lokasi wisata baru, termasuk restoran, hotel maupun resort yang baru dibangun maupun yang sudah bisa ditempati.

“Cuma mall aja yang belum ada di Gunungkidul sekarang” seloroh salah satu teman asli Gunungkidul pada sebuah obrolan, ketika waktu itu kami ngobrolin tentang pesatnya pembangunan di wilayah yang terkenal dengan gatot-tiwulnya itu. 

Iya, memang benar. Semakin hari semakin banyak dibangun fasilitas-fasilitas penunjang kebutuhan hidup modern. Salah satu bangunan baru yang terlihat mencolok di sisi  jalan nasional yang menghubungkan Yogyakarta dengan Wonosari (ibukota Kabupaten Gunungkidul) adalah keberadaan Hotel Santika yang baru beroperasi akhir bulan 2022 lalu. 

Dengan lokasi yang strategis,  hotel 8 lantai   ini makin melengkapi kebutuhan masyarakat akan tempat yang nyaman selama mereka liburan.


Bermalam di Hotel Santika Gunungkidul

Menginap di hotel santika Gunungkidul

Ah..akhirnya dapat kesempatan pula sebentar leyeh-leyeh di Santika-nya Gunungkidul😊

Ceritanya ngepasi long weekend dan para bocah pengen jalan-jalan tapi minta pake acara nginep. Nginepnya pake syarat, harus ada kolam renangnya, wifinya kenceng, dan makanannya enak. Begitulah anak-anak sekarang  kalau punya kemauan😊

Dengan  beberapa pertimbangan, akhirnya diputuskanlah Gunungkidul sebagai tujuan. Tidak terlalu jauh, dan bisa sekalian main ke banyak pantai yang bagus dalam waktu satu hari menjadi pertimbangan utama.

Alokasi waktu hari Jum’at dan hari Sabtu agar Minggunya bisa beberes, istirahat, karena Seninnya para bocah ujian akhir Semester. Sebagai tempat menginap, dipilihlah Hotel Santika Gunungkidul. Alasan pertama, harga masih masuk budget, kedua ada kolam renang sesuai keinginan Alya, dan yang ketiga lokasinya strategis. 

Hotel Santika Gunungkidul berada di daerah Logandeng, Playen. Kalau dari Jogja, butuh sekitar 1 jam an waktu berkendara. Begitupun untuk ke daerah pantai, sekitar satu jam perjalanan pula. Secara lokasi, hotel ini memang berada di pusat kota kabupaten, hanya 5 menit perjalanan ke alun-alun kota Wonosari/Masjid Besarnya Gunung Kidul.

Kemudahan mencari makanan juga menjadi salah satu faktor yang jadi pertimbangan untuk nginep di sini. Tinggal nyeberang jalan, ada warung bakso lumayan gede yang selalu rame pembeli. Kalau pengen jenis makanan lain, tinggal jalan ke kanan-kiri hotel, banyak penjual makanan dalam berbagai format. Mau resto, warung biasa, atau warung tenda juga banyak. 

Kolam renang Santika Gunungkidul
Sengaja foto pas kolam sepi. Nggak enak sama yang lagi renang klo asal ambil dan upload di blog😊

Keberadaan kolam renang ini yang dicari anak-anak. Meskipun dari segi ukuran nggak begitu lebar, mereka memang senang karena kolam renang relatif sepi. Dari pohon-pohon di sekitar yang masih dalam fase "mau tumbuh" jadi keliatan kan kalau hotel ini memang baru kelar dibangun😊


Tidak tahu ada berapa jenis kamar di hotel ini, tapi pas booking tinggal tipe dobel bed yang tersisa. Pesan dua kamar dengan rate 500-an ribu/kamar. 

Review Santika Hotel




Ukuran kamar cukup lapang untuk dua orang  Perlengkapan yang ada, standar. Welcome drink, lemari untuk gantung jaket, mini brankas, kulkas mini, meja kerja, smart tv dan juga wifi yang ngebut. Ini yang kemaren membuat kami mepetin jam check out 😊

Tidak ada masalah juga dengan kamar mandi. Handuk dan keset bersih + harum.  Rain shower dan pemanas air bekerja dengan baik plus free sabun,  body gel, shampoo, sikat gigi+ shaver. 


Restoran Santika Gunungkidul

Ambil foto ini pas sarapan. Meskipun akhir pekan, resto terasa lapang dan banyak pilihan tempat untuk duduk. Pun dengan pilihan makanan. 

Saya dan Pak Suami yang sudah merasa harus lebih hati-hati untuk makan demi keseimbangan kolesterol, gula darah dan asam urat mengambil porsi makan seperlunya saja. Anak-anak yang agak euforia mencicip beberapa jenis roti dan desert dalam satu waktu. Yang penting dihabiskan dan tidak mubazir, itu aja sih😊

So,  seberapa puas nginep di Hotel Santika Gunungkidul? Cukup recommended kalau menurut saya.

Enaknya karena hotel masih baru, jadi semua perlengkapan juga masih baru dan bersih. Proses check in cepat, staff juga terbilang ramah. Keamanan bagus, karena kunci pintu sekaligus juga digunakan untuk akses di lift.

Minusnya hotel masih terlihat gersang, karena minim tanaman. Tapi bisa dimaklumi karena bangunan masih baru dan belum lama beroperasi.

Related Posts

2 comments

  1. Mungkin setelah beberapa tahun baru tanamannya semakin besar, jadi hotel juga makin cantik ya mba.

    Kemarin itu aku pusiiiing cari hotel di Jogja, Krn libur idul adha, bisa dibilang naik semua harganya. Sempet mau nginep dihotel daerah gunkid juga, tapi full 🤣. Santika ini ga kluar pas aku cari. Mungkin juga full atau belum gabung Ama OTA.

    Akhirnya dpt resort di daerah Bantul. Dah ga sabar ke Jogja lagiii 😄.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pas booking pke Traveloka mba. Mungkin pas penuh.. Nyimak klo mb Fanny mainnya smpe Jogja utara arah Magelang..kali aja bisa ketemuan kan?

      Delete

Post a Comment