Menikmati Cantiknya Magelang Dari Bukit Punthuk Setumbu

Masih ingat  salah satu adegan di film AADC  2 dimana Rangga ngajakin Cinta jalan ngabisin malam, sampai kemudian nikmatin Sunrise barengan? Kalau mereka menikmati Sunrise di Gereja Ayam Bukit Rhema, tak jauh dari tempat itupun ada pula tempat yang populer dengan matahari terbitnya.  Bukit Punthuk Setumbu namanya. 

Panorama Punthuk setumbu


Berada di dusun Kerahan, Karangrejo, Borobudur dulunya Punthuk Setumbu ini bukan tempat wisata, melainkan perbukitan biasa yang sering dipakai warga untuk menggembalakan ternak. Hingga kemudian ada seorang fotografer yang secara tak sengaja mendapatkan angle terbaik, mempublikasikan hasil karyanya di media sosial, dan kemudian banyak masyarakat sadar bahwa Punthuk Setumbu adalah salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit. 


Punthuk dalam bahasa Jawa berarti gundukan, sementara tumbu artinya tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Bisa jadi dinamakan Punthuk Setumbu karena bentuk bukit yang menyerupai tumbu . 

Daya Tarik Punthuk Setumbu


Sama seperti kebanyakan obyek wisata yang berada di ketinggian, view kawasan bawah menjadi daya tarik utama Punthuk Setumbu. Berada di ketinggian 400 mdpl, tempat ini bisa memanjakan mata teman-teman dengan bentang alam yang asri dan menyejukkan. 

Dengan tarif masuk sebesar 20ribu/pengunjung dan  jam operasional mulai 4 pagi sampai 5 sore, waktu terbaik mengunjugi Punthuk Setumbu adalah saat matahari terbit. Di pagi hari pengunjung bisa menyaksikan warna keemasan matahari yang jatuh menerpa kawasan Candi Borobudur dan juga Gereja ayam yang memang terlihat dari pelataran bukit Punthuk Setumbu

Wisata Punthuk Setumbu Magelang
Gereja ayam yang digunakan sebagai salah satu lokasi shooting AADC 2 terlihat cukup jelas dari bukit Punthuk Setumbu


Kalau datangnya tidak pagi bagaimana? Bisa aja. Tetap seru kok! Cuma memang ga bisa lihat matahari terbit. 

Tempo hari saya datang ke sini di siang hari karena sepagian Jogja dan sekitarnya diguyur hujan.  Bukan pas hari Minggu juga,  jadi Punthuk Setumbu lumayan  sepi dan bebas dari kerumunan. Suasana seperti itu kan yang dicari saat Corona belum sepenuhnya terkendali?

Seperti saya bilang di awal, datang di Punthuk Setumbu bukan di pagi buta, resikonya memang tidak bisa mendapatkan view kabut dan ketinggalan moment sunrise. Tapi, pasti tetap apa pengalaman baru yang didapatkan. 

Mendapatkan Pengalaman Mendaki Bukit

Pernah nggak, di satu sisi pengen mendaki bukit...itung-itung menikmati pemandangan alam sambil membakar kalori, tapi di saat bersamaan juga harus ngajakin anak-anak? 

Nah, di Punthuk Setumbu ini meskipun berada ketinggian namun jalur yang mesti dilewati masih tergolong ramah untuk anak. 
Wisata Punthuk setumbu
Medan untuk naik ke posisi tertinggi di Bukit Punthuk Setumbu Magelang 


Anak yang sudah bisa berjalan dengan kuat lho ya, bukan bayi atau balita yang mesti digendong atau didorong dengan stroler

Untuk bisa mencapai kawasan atas, pengunjung harus menapaki jalan setapak sekitar 400 meter, dengan jalan kaki. Sarana jalan tak begitu lebar, tapi sudah dikeraskan dengan semen atau juga berbentuk tangga di beberapa bagian. 

Selama berjalan, nikmati saja desiran angin dan tonggeret yang berbunyi riuh. Mengamati tanaman yang jarang di temukan di dataran rendah, mengamati bunga-bunga liar yang tak kalah cantik dengan bunga di toko tanaman, bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Kalau tiba-tiba haus atau lapar di tengah jalan? Opsi pertama, bawa bekal minuman atau cemilan. Atau kalau dirasa merepotkan, banyak warung di sepanjang jalur yang kita lewati. Soal konsumsi, aman pokoknya.

Rasakan Udara Segar  Melimpah dan View yang Alami!


Punthuk Setumbu merupakan bagian dari perbukitan Menoreh yang hijau dan rimbun dengan berbagai tanaman.  Datang ke tempat ini, berarti siap mengisi paru-paru dengan udara segar, dan juga siap memanjakan mata. 

Wisata Punthuk Setumbu Magelang
View areal persawahan yang siap memanjakan mata

Begitu sampai di atas, kita bisa sepuasnya menikmati hamparan hijau tanaman dan juga areal persawahan. Begitupun yang gemar mengabadikan kenangan pada sebuah gambar. Di Punthuk Setumbu, teman-teman bisa berfoto di beberapa spot yang sengaja disediakan pengelola, tanpa biaya tambahan. 


Wisata Punthuk Setumbu Magelang
Ha..ha! Saya paling nggak bisa gaya klo disuruh pepotoanšŸ˜€


Wisata Terdekat dari Punthuk Setumbu

Kalau teman-teman punya alokasi waktu yang cukup banyak, rugi kalau hanya mengeksplor potensi wisata Kabupaten Magelang di satu tempat. 

Punthuk Setumbu merupakan tempat wisata yang cukup strategis karena  berlokasi sangat dekat dengan Bukit Rhema/ Gereja Ayam, Candi Borobudur, dan juga tempat wisata alam/ spot foto yang kini tengah naik daun, Swarna Bumi.

Selain mengeksplor potensi wisatanya, jangan lupa sekaligus menjelajah kekayaan kuliner wilayah Magelang ya! 

Lokasi Punthuk Setumbu





Related Posts

Post a Comment

Follow by Email