Ngabuburit 'Sarat Gizi' di Depot Jawa Timur, Sleman City Hall Jogja


Sleman, 24 Mei 2019, suatu sore.

"Depot Jawa Timur, lantai berapa ya Pak?" Tanya saya ke seorang security yang berjaga, selepas saya memarkirkan motor.

"Oh, masih naik 2x mba, di lantai GF" Jawab sang Bapak ramah. 

"Baik Pak, terimakasih..."

Saya memang bukan ahlinya menjelajahi mall. Terlebih, Sleman City Hall masih tergolong baru, jadi daripada saya muter-muter, nyasar dan malah tambah lapar, saya milih tanya ke yang sudah hapal. 

Untungnya posisi tenant Depot Jawa Timur gampang dicari, apalagi kalau  masuk ke mall nya via Lobby depan. Tinggal lurus, di sisi kanan setelah melewati counter Roti BreadT**k,  dan ada tulisan berukuran gede DEPOT JAWA TIMUR.



Ukuran tenant yang besarnya standard resto-resto di mall alias ga begitu besar, sengaja di desain menjadi dua lantai oleh sang owner, hingga berasa jauh lebih lapang. Selain itu, tempat makan juga tampak bersih, artistik, dan juga berasa sejuk di mata. 

Selain pernik-pernik bernuansa vintage yang  langsung membawa ingatan kita untuk bernostalgia, banyak tanaman hijau yang menghias ruangan menjadikan suasana berasa segar ----meski sebenarnya hanyalah tanaman artificial.

Dalamnya Depot Jawa Timur, lumayan lapang, jadi bisa untuk acara keluarga

Optimasi Instagram Oleh Akbar a.k.a @Monyoku


Ini, pengalaman pertama saya menunggu waktu berbuka alias ngabuburit di Depot Jawa Timur. Sebenarnya alasan saya ke tempat ini juga dobel; ikutan #Ngabubutalk nya teman-teman Kompasiana Jogja tentang optimasi Instagram, sekaligus penasaran untuk  nyobain berbuka puasa dengan menu-menu Jawa Timuran ala Depot Jawa Timur

Soal optimasi, tau sendiri lah, hari gini, siapa sih yang nggak medsos-an, terlebih instagram. Selain digunakan sebagai media penampil karya-karya foto/video pribadi, dalam perkembangan selanjutnya akun instagrampun bisa di-monetize, dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Salah satu pegguna instagram Jogja yang sudah berhasil memaksimalkan akunnya adalah Akbar a.k.a Monyoku, pengelola akun @fyijogja. Dari Akbar ini kami belajar, bagaimana cara dan tips agar akun yang kami miliki lebih berdaya guna dan lebih berkualitas juga tentunya. 

#ngabubutalknya kompasianer Jogja, sebelum dimulai, doa dulu dipimpin sang ketua, Dimas A

Akbar a.k.a @monyoku, admin dari akun @fyijogja

Mencoba Menu Jawa Timuran ala Depot Jawa Timur.



Ingat lagu anak-anak di era 90 yang dinyanyikan Enno Lerian ini?

Mau makan di restoran Padang
Bukan berarti harus ke Padang
Cukup ada di sini
Dekat kita sendiri
Kita tinggal menikmati
Mau makan nasi gudeg Yogya
Bukan berarti harus ke Yogya
Cukup ada di sini
Dekat kita sendiri
Kita tinggal menikmati

Itulah enaknya hidup di Indonesia. Sudah kaya akan ragam kuliner, persebarannya pun meluas ke seantero nusantara.

Termasuk aneka masakan propinsi sebelah, Jawa Timur.

Seperti sore itu, saya yang ada di Jogja nggak perlu lagi ke Lamongan untuk menikmati segarnya soto Lamongan, tapi cukup datang saja ke Depot Jawa Timur ini. Selain soto Lamongan, tentu saja tersedia juga menu-menu lain khas Jawa Timur seperti rujak cingur, Gado-gado siram, Cwi mie malang, Lontong balap, dan beberapa menu lainnya.


Soto lamongan. Kamu mau pake sambel yang mana?

Gado-gado bumbu siram, salah satu menu yang bisa dipesan di Depot Jawa Timur

Tak perlu waktu lama bagi saya untuk menandaskan menu pilihan buka puasa saya sore itu. Segelas kolak, semangkok sup buah dan satu porsi soto lamongan dengan khas koyanya yang gurih, plus potongan daging ayam yang pas di mulut, masuk ke perut dengan cepat. 


Mendoan, tempe berbalut tepung...partner pas untuk semangkok soto lamongan



Awali berbuka dengan yang manis.Memilih segelas kolak ini sebagai hidangan pembuka, saya rasa adalah pilihan tepat

Kesimpulannya? Tak salah memilih Depot Jawa Timur untuk  menimba ilmu sekaligus menamatkan puasa hari itu. Otak saya terisi, badanpun tersuplai asupan nutrisi. Sekarang, giliran kamu untuk juga merasakan beragam sajian menunya. OK?!


Image : Riana Dewie + akun IG @Depot_Jawa_Timur
Mengabadikan kenangan. Sampai ketemu lagi di event berikutnya temans😊

You Might Also Like

0 comments