5 Hal Penting yang Mesti Dilakukan Agar Liburan Lancar Sesuai Harapan

  • November 12, 2018
  • By Tri Sulistiyowati
  • 3 Comments


Kalau sudah bulan November seperti ini, saya ngerasa hati kok kayak dipersimpangan jalan. Sedih dan seneng. Sedih karena tanda-tanda ketuaan saya akan semakin nampak jatah usia makin berkurang, dan seneng karena sebentar lagi masa liburan akan segera datang. 

Acara kulineran dan jalan-jalan memang bisa dibuat dadakan.  Itu kalau posisinya  dekat, jadi nggak begitu butuh banyak persiapan. Beda lagi kalau perjalanan wisata yang  jauh, pastinya akan beda penanganan.

Karena itu kalau bisa dipikirkan semenjak sekarang, kenapa ngga? Karena biasanya liburan panjang itu digunakan untuk melakukan perjalanan wisata yang lumayan jauh, makanya nggak banget kan kalo nantinya liburan tidak sesuai harapan atau bahkan gagal total gara-gara managemen perencanaan yang buruk. 

Nyiapin agenda liburan yuk! Sudah punya rencana atau masih nge-blank? Yang pasti  hal-hal penting ini mesti mulai kita pikirkan. Printilan-printilan yang mesti disiapin dan dipikirkan jauh hari sebelum berangkat misalnya:


Pikirkan moda transportasi apa yang mau digunakan. Dari beberapa alat transportasi apakah mau menggunakan jalur darat, laut, atau udara mesti dipikirkan jauh hari. Konsekuensinya, ya mesti nyiapin kondisi mobil misalnya, cek harga tiket, atau berburu penginapan/hotel yang tentu saja kudu menyesuaikan dengan tebal-tipisnya isi dompet.

Persiapkan itinerary. Itinerary merupakan daftar kegiatan plus perkiraan budget yang akan dikeluarkan saat perjalanan. Itinerary juga mencakup daftar destinasi, jadwal perhari, akomodasi dan transportasi, bahkan untuk keperluan sehari-hari seperti belanja. Termasuk juga mikirin juga berapa baju ganti yang mesti dibawa.

Lengkapi perlengkapan yang dibutuhkan. Agar  efektif, alangkah baiknya kalau persiapan dilakukan sejak jauh hari. Misalnya saya yang lagi butuh backbpack untuk naruh baju ganti, dan karena itu belakangan ini saya lantas rajin kepo-in beberapa online shop . Biasa, cari yang suka,  pas di harga, dan oke juga di kualitas.

Pikirkan juga siapa saja yang akan diajak jalan. Melakukan perjalanan wisata sendiri dengan beberapa orang atau bahkan berombongan, tentu saja berbeda strategi. Membawa anak kecil atau lansia apalagi, karena di situ biasanya butuh banyak kompromi. 

Jaga stamina atau kondisi badan. Ini penting banget. Jalan jalan dan liburan, tapi kalau badan tidak berasa nyaman, ya malah berasa sengsara. Persiapkan kondisi fisik, terutama kalau acara jalan-jalannya melibatkan anak-anak. Perhatikan suplai vitamin, istirahat yang cukup, dan perhatikan pola makan.

Itu tadi 5 hal yang mesti kita lakukan dan kita siapkan, sebelum mengagendakan sebuah acara liburan. Jangan lupa, plus doa juga ya! Namanya juga usaha.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Yuk ah, liburan. Saya sudah lama belum pikinik lagi nih. Catat dulu hal penting yang harus dibawa. TFS, Mbak Sulis :).

    BalasHapus
  2. yg terpenting sebenynya duit
    sama temen buat liburan
    kalo sendiri doank kerasa aneh xixiixixix

    BalasHapus