Air Mancur Menari, Kaliurang


Brrr..dingin!
Nggak cuma yang tinggal di kaki Merapi seperti saya, tapi belakangan suhu udara memang lagi berasa dingin. Walau begitu, rasa dingin yang kadang levelnya sudah sampai ke dingiiiin bangetsss, ternyata tidak menyurutkan animo masyarakat untuk mendatangi kawasan Kaliurang. 

Kayak kami beberapa waktu lalu, udah tinggal di kawasan dingin..eh, malem-malem dibelain naik ke Kaliurang. Hari itu memang masih barengan libur sekolah. Tapi sebenarnya, ada lagi alasan yang lebih riil;  Alya si kecil lagi demam Dinosaurus; minta download film dinosaurus, nyari buku cerita juga temanya yang dinosaurus, sama kakaknya main juga pura-pura jadi dinosaurus. Untungnya, Festival of Lightnya Kaliurang tahun ini temanya Dinoworld gitu. Bonusnya, ada pertunjukan air mancur menari.

Tentang festival of light, sebenarnya ini adalah perhelatan Dinas Pariwisata Sleman dan Taman Pelangi yang kesekian kali dan biasanya  digelar pas liburan sekolah plus nanti liburan akhir tahun. Setiap tahun ada sepertinya. Tempatnya, dari tahun ke tahun selalu sama, di area gardu pandang, Kaliurang, Yogyakarta.

Untuk bisa masuk ke arena Festival, tentu beli tiket dulu donk! Totalnya dua kali. Pertama, pas masuk kawasan Kaliurang @ 5000 rupiah, trus tiket buat ke festival of lightnya @25.0000 karena bukan pas week end. Klo pas akhir pekan, harga tiket @ 30.000. Terjangkau kan ya..

"Aku mau nyari yang t-rex.." Pekik putri saya gembira begitu melihat beberapa bentuk lampion berbentuk dinosaurus. Di sini aja sudah heboh, apalagi klo di ajakin ke Jatim Park Malang kamu Nak..

aneka bentuk lampion, salah satunya dinosaurus seperti ini

Kaliurang-Night-Festival
Dinosaurus jenis apa ini yaa...?

Paling baru 15 menit menikmati para lampion-lampion aneka rupa, sudah ada informasi dari papan pengumuman kalo pertunjukan air mancur menari segera akan di mulai. Otomatis pengunjungpun mendeket ke area kolam buatan. Dalam satu hari, pertunjukan air mancur menari berlangsung selama 3x, yakni pukul 07, 08, dan 09 malam, masing-masing berdurasi sekitar 15 menitan. 

New dancing fountain, Versi videonya, lihat channel youtubenya coretanbunda.my.id yaa

Lumayan menghibur. Air mancur menari atau dancing fountain ini merupakan paduan air yang di setting memancur mengikuti beat lagu, plus dipadukan dengan sinar laser aneka warna , waterscreen, dan juga percikan api. Paling senang saat atraksi yang dimainkan mengandung semburan api. Kaliurang yang dingin sedikit hangat, meski cuma sesaat. 





Festival of Night di Gardu Pandang ini rencananya akan digelar sampai tanggal 22 Juli 2018 mendatang. Masih ada waktu 2 mingguan lagi. Jadi seandainya ada yang pengen melihat air mancur menari secara lebih dekat, ada sedikit tips buat teman-teman:
  1.  Gunakan baju yang tebal, dingin banget soalnya!
  2.  Jangan terlalu dekat dengan area  kolam. Saat beat lagu cepet, hpnya bisa kesiram air mancur
  3. Kaliurang berada di lereng Merapi, dengan kondisi tanah yang berundak/tidak rata. Gunakan saja alas kaki yang nyaman di kaki, biar acara jalan-jalannya nyaman.

You Might Also Like

5 komentar

  1. Waaah pas aku kesana belum ada air mancur menarinya. Cuma lampu2 aja. Mau kesana lagi kok sekarang rame banget, parkirnya jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pake air mancur..2 event terakhir setahuku mba..

      Iya, klo akhir pekan..rame banget biasanya...trus jadi susah parkir.

      Hapus
  2. Kalau yang air mancur menari bakal ada terus atau hanya saat festival? :)

    BalasHapus
  3. Wah masih bisa dong agedain kesana... kebetulan temnku banyak yg tinggal di gunung kidul...

    BalasHapus