Telaga & Wanadesa Potorono, Spot Baru yang Tengah Bersiap Jadi Tujuan Wisata

  • Februari 19, 2018
  • By Tri Sulistiyowati
  • 6 Comments


Hai sobat dolaNjajan! Waduh..maap, blognya hampir lumutan..jarang update. Pertama, minggu-minggu belakangan memang lagi jarang dolan. Kedua, memang lagi miskin ide buat nulis.

Eh..tapi kemaren sempat dolan juga ding, bentar. Di embung baru, deket rumah ortu. Namanya Telaga & Wanadesa Potorono. Tempat ini masih lumayan baru, belakangan sudah lumayan rame bersliweran pada di upload di Medsos. Coba aja cari pake #EmbungPotorono

Oh..iya, Embung Potorono ini adalah icon baru desa Potorono, salah satu desa di wilayah kecamatan Banguntapan, atau  Bantul sisi utara. Embung ini dibangun tahun 2017 lalu oleh Badan Lingkungan Hidup DIY, dan menelan dana 1,9 milyar rupiah. Selain alasan konservasi air, kedepannya, embung  ini memang sengaja diproyeksikan sebagai tempat wisata

Soal penamaan, sebenarnya saya juga nggak paham kenapa menggunakan kata Telaga dan Wanadesa Potorono. Setau saya, kata telaga mengesankan kumpulan air jernih, dari mata air (bukan buatan). Sementara ini buatan. Makanya, saya pake istilah embung saja. Wanadesa, di sana juga nggak ada hutan..cuma areal kebun-kebun milik penduduk di sekitar. 


Embung Potorono, Menariknya Apa? 

Cari suasana baru yang pasti. Berada di tengah kawasan pedesaan, pasti memberikan suasana yang berbeda, terutama bagi masyarakat perkotaan. Pinggiran embung yang sudah terkonblok rapi, bisa banget buat acara jogging atau sekedar jalan-jalan santai sak tekane mbakar kalori.

Saya ke sini pas non-minggu. Lumayan sepi. Tapi kalau Minggu pagi rame pada olahraga

Di hari libur, terutama Minggu pagi, area embung ini rame. Penduduk sekitar, dan juga sudah mulai banyak pendatang. Paling banyak komunitas sepeda, atau masyarakat yang pengen  jalam-jalan kaki di sekitar embung. Tapi kalau pas hari kerja, embung ini masih sepi..

Telaga dan Wanadesa Potorono
muterin embung 1x..dah lumayan buat mbakar lemak

Memberi makan ikan
Ikan kenyang, anak-anak senang

Buat yang ngajakin anak-anak atau balita kegiatan menarik yang bisa dilakuan adalah ngasih makan ikan yang sengaja dipelihara di dalam embung. Tak jauh dari embung, ada penduduk sekitar yang menjual pakan ikan dengan harga 1000/2000 perbungkus. Anak senang,ikan kenyang😂😂

Kalau yang lapar manusia alias kita-kitanya? Hi hi, tenang! Meski sederhana, ada beberapa warung yang nyediain makanan, minuman atau cemilan. Atau kalau yang lebih suka mbawa bekal, ada gasebo yang bisa dipake leyeh-leyeh menikmati suasana. 

Dolan di sini, bener-bener murah meriah. Nggak ada bayar retribusi atau tiket masuk. Paling bayar parkir kendaraan aja, seikhlasnya yang bisa langsung diceburin di ember yang sudah tersedia. 

Kalau Sobat dolaNjajan penasaran, berikut lokasi Embung Potorono:


You Might Also Like

6 komentar

  1. enak ya duduk2 di embungnya ...sambil kasih makan ikan

    BalasHapus
  2. klu numpang nyebur diembungnya boleh tidak ? lumayan bisa mandi gratisss!! siapa tahu setelah mandi disana.... wajah saya berubah jadi Dilan. :)

    BalasHapus
  3. Klo sudah di jarah anak ig nanti, cepat viral ini. Apalgi bnyk spot fhoto yg instagmle

    BalasHapus
  4. Ada ikan,,boleh di pancing kah, sambil Piknik sambil mancing mba..:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak boleh😀 itu ikannya dipelihara warga e mas..

      Hapus
  5. Mbak Sulis, iwak e mengundang buat diserok iku. Abis itu dibakar , cocol sambel sama lalap. Kenyaaaang

    BalasHapus