Nawang Jagad, Spot Wisata Baru di Kawasan Kaliurang Yogyakarta

1 comment
Wisata Nawang Jagad


Tak  kunjung habis rasanya mengeksplore kawasan Kaliurang sebagai kawasan wisata. Dari hari ke hari, terus saja bermunculan spot-spot wisata baru. Sebut saja Nawang Jagad, tempat wisata relative baru di kaki Merapi.  Tentu saja ini menguntungkan wisatawan. Tak hanya pilihan destinasi wisata di Yogyakarta yang makin banyak, pengalaman yang akan didapatkan pengunjungpun tentunya makin beragam. 

Daya Tarik Nawang Jagad

Nawang Jagad terletak di Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Berada di Kawasan Kaliurang, tepatnya Kaliurang Barat tentu saja suasana pegunungan menjadi “menu utama" tempat ini. Yup, udara sejuk, rindangnya berbagai jenis tanaman, plus view gunung.

Beroperasi setiap hari Selasa-Minggu (Senin libur), pada konsep awalnya, Nawang Jagad didesain sebagai camping area. Setidaknya ada 4 area camping ground, dengan tarif yang bervariasi, tergantung dengan lokasi yang dipilih. Yang penting, reservasi dahulu .

Selain berkemah,  wisatawan juga bisa kok  ke Nawang Jagad ini untuk sekedar duduk santai, mengobrol dengan teman, atau bercengkrama dengan keluarga tanpa bermalam/berkemah di tenda.

Itu yang kami lakukan tempo hari. 

Karena tidak untuk menginap, untuk bisa menikmati Nawang Jagad kami wajib membeli semacam voucher dengan harga 15.000 rupiah/pengunjung. Tiap-tiap voucher nantinya bisa ditukarkan dengan satu jenis minuman di satu cafĂ©, tak jauh dari tempat pembelian tiket. Ada beberapa jenis minuman dan bebas memilih salah satu. Ada kopi, soda, susu,  maupun air mineral. Kalau ditaksir sekitar harga 4000-5000an gitu lah. Selain minuman, bisa juga ngambil free snack yang disediakan. 

Jadi, kalau “kalkulator ekonominya” mau dipake, biaya masuk ke sini itungannya nggak mahal. Free parkir, dapat minum, dapat cemilan, keluar 15.000 per orang. Setelah itu, tinggal ngikutin jalan utama, trus sampai deh di lokasi utamanya Nawang Jagad.

“ Jaga kebersihan dan tidak melewati pagar pembatas ya Kak..” 

Begitu pesan dari pengelola kepada kami, dan mungkin ke semua pengunjung yang lain. Dalam hal pengelolaan lokasi, Nawang Jagad dikelola anak-anak muda warga setempat, yang tergabung dalam bendera Kaliurang Explorer. 

Bersantai ria di Nawang Jagad memang cukup menyenangkan. Kami dan pengunjung yang lain  bisa duduk di kursi-kursi yang disediakan. Jam operasional Nawang Jagad di hari biasa adalah pukul 08.00 sampai 4 sore, sementara di akhir pekan , Nawang Jagad dibuka untuk umum pukul 06.00 pagi-18.00 sore.

Sayangnya hari itu tak sedang cerah.  Jadi, meskipun secara jarak cukup dekat, tapi Merapi tak terlihat, terhalang kabut pegunungan. Yang tampak di depan mata adalah Bukit Turgo dan juga Plawangan.

Camping ground nawang jagad


Dari Nawang Jagad, Bisa Langsung Mampir 2 Lokasi Wisata Terdekat

Sudah masuk kawasan wisata Kaliurang, rugi kalau hanya mengunjungi satu tempat wisata. Ada beberapa tempat wisata lainnya yang berlokasi tak jauh dari Nawang Jagad, dan  bisa dikunjungi tanpa berganti hari, bahkan hanya butuh beberapa menit perjalanan. Beberapa diantaranya adalah:

Museum Ullen Sentalu

Selepas menikmati  kecantikan Jogja dalam versi pesona alamnya, teman-teman bisa juga merasakan keindahan Jogja dalam bentuk yang lain di Museum Ulen Sentalu. Di Museum ini pengunjung bisa melihat secara lebih dekat beragam koleksi keluarga bangsawan Kerajaan Mataram di Yogyakarta dan Solo. 

Selain koleksi lukisan dan foto bangsawan di zamannya, di museum ini teman-teman juga bisa belajar tentang kain batik, gamelan kuno, arca-arca Hindu/ Budha, dan banyak peningalan Kerajaan lainnya.


Museum Gunungapi Merapi

Dari Nawang Jagad, Museum Gunungapi Merapi hanya berjarak sekitar 3km-an. Palingan nggak nyampai 15 menit perjalanan. 

Di Museum ini kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi mengenai Gunung Merapi, melihat sisa-sisa erupsi Merapi dan juga ada bioskop mini dimana kita bisa menyaksikan kembali dahsyatnya letusan Merapi melalui sebuah tayangan film dokumenter. 

Related Posts

1 comment

  1. Oalaah Deket Ama sentalu dan museum gunung berapi ya mba. Tiap kali ke Kaliurang aku tuh sukaaaa. Soalnya kan sejuk dan di ketinggian. Trakhir kesana naik motor Ama temen, ya ampuuun sampe mau ketiduran hahahahha.

    Next ke Jogja bolehlah aku main ke Nawang jagadnya. Kalo museum udh beberapa kali

    ReplyDelete

Post a Comment