Selain sebagai Spot Bersepeda, Aktivitas Menarik Ini Juga Bisa Dilakukan di Embung Kaliaji, Sleman

3 comments

 

Embung kaliaji

Pandemi membuat banyak orang kembali menyayangi bumi, mengurangi polusi. Bertanam, beternak hewan kesayangan dan rutin  sepeda tiba-tiba muncul dan menjadi trend. 

Bahkan sekarang, setelah pandemi berjalan lebih dari satu tahun, animo masyarakat untuk kembali mencintai kegiatan bersepeda rupanya belum surut. Di akhir pekan, aktivitas ini terlihat ramai. Destinasi gowes atau spot-spot wisata sepeda pun bermunculan. Mulai tempat yang sebenarnya sudah ada/lama, sampai spot-spot baru yang mulai muncul belakangan. Salah satu lokasi yang sering dijadikan jujugan pesepeda di kawasan Sleman utara adalah Embung Kaliaji. 

Embung adalah bangunan konservasi air yang sengaja dibuat  sebagai tampungan air di musim hujan dan juga  memenuhi kebutuhan air di musim kemarau. Tujuan utama pembanguannya rata-rata untuk meningkatkan volume hasil pertanian.  Selain itu, embung juga bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan, dan juga ekowisata

Embung Kaliaji berada di wilayah Desa Wonokerto, Turi, –sebuah kawasan sejuk yang juga dikenal sebagai sentra penghasil salak pondoh  di wilayah Kabupaten Sleman. Jadi memang seru pagi-pagi sepedaan membelah kawasan pedesaan penuh kebun-kebun salak, membiarkan paru-paru terisi udara yang masih bersih, dan kemudian berhenti sejenak di kawasan embung. Istirahat, menikmati segelas teh atau semangko soto dari warung yang ada di seputar embung.

Nggak heran, di akhir pekan, kawasan embung ini akan lebih ramai daripada hari-hari biasa. Selain sebagai salah satu spot gowes, embung ini asyik juga kok untuk beberapa kegiatan lain. Seperti ini nih

Jogging di kawasan Embung Kaliaji

Ukuran embung Kaliaji ini lumayan luas. Tanah di area sekeliling embung juga sudah dikeraskan. Jalan kaki atau lari-lari kecil muter Embung Kaliaji ini 5 x aja, sudah lumayan pake banget. Paling recommended tentu saja di waktu pagi atau sore hari, saat udara masih bersih dan matahari tidak terlalu terik.


Bersepeda Santai Mengelilingi Embung

Selain jalan setapak yang sudah keras, tepian embung juga bisa dilewati jalur kendaraan, seperti sepeda. Kalau misal merasa bosan dengan jalur jalan raya/jalur pedesaan, bisa juga sepedaan mengelilingi embung sembari menikmati suasana embung yang hijau plus Merapi yang terlihat gagah di kejauhan, 


Berwisata Kuliner Sembari Menikmati Panorama Embung


Erista Kaliaji

Di wilayah Sleman ini bisa jadi hanya Embung Kaliaji yang punya  dua resto dengan posisi yang saling berdekatan, Di sisi timur embung, ada Turi-turi Kafe, sementara di sisi sebelah barat, Erista Kaliaji siap menjadi destinasi wisata kuliner teman-teman. 

Turi-turi Cafe siap menyuguhkan hidangan rumahan dengan model prasmanan sementara Erista masih dengan ciri khasnya nasi dengan bunga telang dan berbagai minuman yang juga dikreasikan dengan bunga telang.

Related Posts

3 comments

  1. nyesel juga dulu ke jogja gak pake keliling2 yg jauh. padahal byk banget tempat bagus di sana ya!

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah pemandangannya indah banget! Combo maut antara embung dan gunung sebagai pelataran.

    Jadi pengen ke sana jg nih bun

    ReplyDelete
  3. Aku kalo di JKT ada wisata begini, bakal sering2 sih aku datangin mba :D. Ngebayangin olahraga pagi di tempat yg masih sejuk, ada embung, ngajakin anak2 olahraga juga sambil main ngeliat wisata sekitar embung, asik bgt sih.

    Apalagi kalo udh capek olahraga, mampir ke restorannya :D. Kalo ke Jogja lagi, pasti aku datangin sih

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email