Menarik! Beberapa Event Budaya Ini Akan Digelar Di Solo Tahun 2019 Ini


Jawa itu sebenarnya luas, ada 6 propinsi malah. Ada Jakarta, Jogja, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan juga Banten. Tapi kalau kita ngomongin wisata budaya Jawa, rata-rata yang langsung terlintas di kepala ada dua; Jogja dan juga Solo, Jawa Tengah. 

Banyak yang bilang, Solo itu kembarannya Jogja. Hal ini tentu tak bisa lepas dari latar belakang sejarah yang mendasarinya. Semuanya berawal dari Perjanjian Giyanti (13 Februari 1755) yang menyebabkan Mataram Islam terpecah menjadi dua, yakni Kesultanan Jogja dan Kasunanan Surakarta, atau kita biasa menyebutnya Solo. 

Masyarakat Solo adalah masyarakat yang mencintai tradisi,  senantiasa nguri-nguri atau berusaha untuk menjaga serta melestarikan kebudayaan Jawa.  Bahkan ketika jaman semakin modern pun, banyak sekali tradisi-tradisi nenek moyang yang masih lestari dan dilakukan sampai saat ini. Kerennya, supporting terhadap upaya melestarikan budaya ini tidak   hanya lahir di kalangan masyarakat akar rumput, tetapi juga atas dukungan penuh pemerintah setempat. 

Surakarta (Solo) Kaya akan Event Budaya

Setiap tahun, di beberapa tempat yang berbeda Dinas Pariwisata Kota Surakarta/Solo menggelar event  menarik yang bertemakan agama, ekonomi-bisnis, olahraga, dan tentu saja budaya.  Melansir dari laman soloevent.id, berikut beberapa event wisata budaya yang masih bisa kamu ikuti dan nikmati di tahun ini.

Solo Menari
Rencananya event ini akan di gelar pada tanggal 29 April mendatang,  di  Stadiun Sriwedari sekaligus untuk memperingati Hari Tari Sedunia. Melibatkan ribuan penari dari berbagai kalangan mulai pelajar hingga masyarakat umum, event tahunan ini selain seagai atraksi wisata juga  bertujuan untuk melestarikan tarian tradisional di era milenial. 


Solo Menari 2018, Image dari @seputarInewsrcti

Tahun lalu, event Solo Menari 2018 yang di gelar di Jalan Slamet Riyadi Solo mampu memecahkan  Rekor MURI sebagai event yang melibatkan penari Gambyong terbanyak.  Di acara tersebut, tercatat sebanyak 5035 perempuan penari gambyong terlibat, bahkan ada 3 penari yang tampil  selama 24 jam.

Untuk tahun 2019, event ini tengah berada di tahap pendaftaran peserta, terutama untuk anak-anak usia SD dan juga SMP. Rencananya, Solo Menari 2019 akan menyajikan Tari Jaranan yang akan diikuti oleh 5000 siswa-siswi SD dan SMP di Kota Solo.

Kampung Ramadhan
Setiap bulan puasa datang, Kampung Laweyan dan Kampung Kauman menjadi kampung yang istimewa.  Dalam sebulan penuh, dua kampung ini akan kental sekali dengan berbagai kegiatan bernuansa Islam. Berbagai kegiatan yang ada di dalam agenda Kampung ramadhan tersebut diantaranya pelatihan guru TKA, pelatihan menulis Qur’an Batik, diskusi-diskusi keagamaan, termasuk tadarus Alqur’an dan buka bersama. 

Guna menjadikan Ramadhan semakin semarak, tampilan fisik kampungpun juga diubah dan menghiasnya dengan lampion-lampion kaligrafi, dan asesoris bernuansa keagamaan lainnya. Harapannya, tentu saja agar warga makin bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan di Kampung Ramadhan.


Kampung Ramadhan di Laweyan, image dari @laweyan.solo

Kegiatan kampung Ramadhan sendiri, untuk pertama kali digagas oleh pengurus Masjid Agung Keraton  Surakarta (Solo), dan kemudian mendapat dukungan positif dari  Pemerintah Kota, dimana kelurahan yang ditunjuk akan mendapatkan dana untuk menggelar kegiatan yang menarik selama bulan Ramadhan. Ditahun 2019 ini, rencananya Kampung Ramadhan akan digelar mulai tanggal 18 Mei.

Festival Ketoprak 
Festival Ketoprak 2018, Image dari @sekopisunyi

Tahu ketoprak? Mengacu kepada wikipedia,  Ketoprak adalah sejenis seni pentas drama tradisional yang diyakini berasal dari Surakarta dan berkembang pesat di Yogyakarta. Oleh karena itu, kesenian ini sering disebut sebagai Ketoprak Mataram. 

Sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian kesenian ketoprak ini, para pegiat kesenian ketoprak dan juga Pemerintah Kota Surakarta semenjak 2010 lalu rutin menggelar Festival Ketoprak sebagai event tahunan. Bentuk dari kegiatan ini adalah pementasan kesenian tradisional ini dalam bentuk lomba antar grup Ketoprak. Berlokasi di Taman Balekambang, rencananya Festival Ketoprak akan digelar 6-7 Juli 2019

Solo Batik Carnival
Ditahun 2019 ini Solo Batik Carnival menapaki tahun yang ke-12.  Solo Batik Carnival sendiri merupakan salah satu agenda budaya yang rutin digelar sejak Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo.
Image dari @pesonasolo

Puncak dari kegiatan ini adalah parade, dimana banyak model akan memperagakan berbagai macam kostum batik yang dibuat dengan teknik tradisional. Di Event ini pula, akan digelar pertunjukan tarian daerah.  Rencananya, Solo Batik Carnival akan digelar tanggal 26-28 Juli mendatang, dimana pada puncak acara semua peserta akan melakukan karnaval mulai Stadion Sriwedari Solo menyusuri Jalan Slamet Riyadi sampai Benteng Vastenburg.

Dari sekian banyak event,  mana yang menurut kamu paling menarik? 

Saatnya Mencari Tempat Menginap 

Saya sudah melingkari kalender saya di Event Solo Batik Carnival. Momentnya pas anak-anak libur sekolah, pas akhir pekan juga. Karena tinggal di Jogja yang secara jarak  lumayan dekat dengan tempat digelarnya acara, apakah  nanti ada acara menginap  atau langsung pulang, bisa lihat situasi dan kondisi. Tapi tentunya akan berbeda kondisi dengan teman-teman yang datang dari luar Solo, dan secara jarak tidak memungkinkan untuk langsung pulang begitu event kelar digelar. Memilih penginapan menjadi sesuatu yang mutlak untuk direncanakan.

Yang pasti, di smartphone saya sudah terinstall  Pegipegi. Bagaimana dengan smartphone kamu?

Melalui aplikasi Pegipegi saya  bisa melakukan pemesanan tiket pesawat, kereta api, dan juga booking hotel.  Caranya pun sangat mudah. Misalkan saja, saya butuh nyari hotel di Solo. Saya tinggal menuliskan hotel tujuan, tanggal check in, tanggal check out, berapa  orang  yang mau menginap, serta berapa kamar yang saya pesan.  Setelah itu saya  bisa bebas mengatur filter. Mau berdasarkan popularitas, harga tinggi ke rendah atau sebaliknya, berdasarkan Bintang 5 ke 1 atau 1 ke 5, atau bisa juga berdasarkan nilai ulasan. 







Selain mudah,  banyak keuntungan yang bakalan saya  dapatkan saat melakukan pemesanan hotel melalui Pegipegi. Seperti saya bilang diawal, saya bebas memilih mau hotel bintang 5, mau yang bintang 3, atau asal bisa numpang istirahat, dengan mencari hotel yang murah asal bersih.  Berikutnya, saya bisa memanfaatkan  promo dan diskon. Selisih harganya bisa lumayan loh.   Selain itu saya berasa lebih tenang, karena begitu nyampai lokasi tidak lagi direpotkan urusan mau tidur dimana, dan asyiknya booking hotel melalui Pegipegi ini bayarnya mudah.  Saya yang nggak punya kartu kredit, bisa mbayar melalui internet bank, transfer bank, atau bahkan bayar melalui Indomaret. 

Jadi gimana, kita ketemuan di Solo Batik Carnival bulan Juli tahun ini? Selamat merencanakan liburan yaaa...😊

You Might Also Like

25 comments

  1. Aku sempat merasakan beberapa event budaya di solo, pas ikutan event Asean blogger 2013 pas banyak gelar budaya juga. Luar biasa emang solo yaaaa.. udah kesampaiankesam kereta api uapnya juga. Duh jd kangen mbolang ke solo ��

    ReplyDelete
  2. Kalo saya disebutin wisata Jawa ya, Malang sama Jogja Mbak kepikirannya. Baru tau kalo di Solo juga menjadi pusat wisata Jawa.

    ReplyDelete
  3. tepat banget baca artikel ini, saya memang berencana ke SOLO dalam waktu dekat, mau cari penginapan yang instagrammable juga ah...

    ReplyDelete
  4. Aku mau nangiiiissss huhuhu soalnya Suami + Raya hari ini ke Solo sampai Sabtu, tadinya mau ikut tapi ada kerjaan hiks... padahal aku pengen liat festival budaya Solo tanggal 29, pas banget padahal huhuhuhu :(

    ReplyDelete
  5. wow, seru banget event-eventnya ya mbak. Aku sendiri belum pernah ke solo seh, huhuhu. Bahkan semarangpun belum pernah, pernahnya jalan dari jogja ke semarang untuk masuk ke bandaranya aja karena gak dapat tiket dari jogja balik ke jakarta, hahaha.

    semoga ada kesempatan mengunjungi kota-kota lain di Indonesia juga. Semoga pemerintah perhatian dengan harga tiket pesawat lokal yang udah gak masuk diakal :( *malah curhat*

    ReplyDelete
  6. Yap bener banget. Solo tuh kembarannya jogja. Saya tertarik pada event ketopraknya. Bukan makanan yaa, perlu ditekannkan lagi... soalnya masih banyak yg ngira ini event kuliner, cobaaa

    ReplyDelete
  7. Solo kaya akan budaya. Pengen banget nonton batik karnivalnya, biasanya suka liat di berita aja, keren dan Kreatif

    ReplyDelete
  8. Aku pengen ikutin yang Solo Carnival bulan Juli 2019 ini. Pas banget udah lama nggak ke SOlo :) Apakagi kulinernya ya enak enak

    ReplyDelete
  9. Wah, acara-acaranya menarik...yang Batik Carnival masih juli ya...bisa disiap-siapin dulu nih ngatur jadwal cuti

    ReplyDelete
  10. Uwooo..banyak sekali agenda wisata di Solo.
    Pas nih, Juli kan libur sekolah bisa cuss ajakin anak-anak nonton Solo Batik Carnival.
    Tiketnya? Pesen di Pegipegi dong...

    ReplyDelete
  11. Speclesh dengan solo menari, sebanyak itu penarinya dari mana didatangkan ya? Eh di bengkulujuga ada karaval batik mirip dekornya

    ReplyDelete
  12. Semoga jadwal suamiku ambil cuti tahunan di akhir Juli. Biar kami bisa menyaksikan Solo Batik Carnival.

    Saya thn lalu ke Solo tapi di hari biasa sih, jadi hanya main ke Keraton, padahal kalau pas ada event bakalan seru banget.

    Rencana tahun ini ke Solo lagi, semoga pas banget di Solo ada event.

    ReplyDelete
  13. Wah, event yang seru-seru dan menaik itu. Aku jadi kepengen main lagi ke Solo. Udah lama gak ke sana. Semoga kesampaian deh main lagi ke Solo. Dan pas lagi diadain salah satu event itu. Aamiin :D

    ReplyDelete
  14. Banyak juga event yang diselenggarakan di Solo
    Ya kali pas main ke Solo bisa berkesempatan dapatin moment saat diselenggarakannya salahsatu event di sana. ehheee
    TFS yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  15. Iya Jogja dan Solo itu seperti magnet dan centranya kebudayaan Jawa. Karena mungkin Keraton Sultan ada di kedua-dua kota ini. Unik mengulik sejarah keduanya. Masyarakat sekarang mengulik sejarah lewat perayaan dan pesta budaya seperti ini jadi tidak terasa menggurui.

    ReplyDelete
  16. Wah banyak ya festival di Solo. Aku baru aja pulang dari solo awal bulan kemaren. Ah aku jadi pengen balik lagi ke sana nih

    ReplyDelete
  17. Paling demen nih lihat festival budaya gini, padahal kdmarin baru dari Solo. Jadi ingin deh main kesana pas ada festival budaya gini.

    ReplyDelete
  18. Aku tahunya Solo Batik Carnival tapi belum pernah menghadiri. Ternyata banyak acara seru yaaa. Kudu siapin tanggal nih buat jalan ke sana

    ReplyDelete
  19. Wah seru nih pastinya lihat banyak orang menari di Stadiun Sriwedari. AKu baru tau kalau ada HAri Tari Sedunia loh mbak. AKu pernah ke stadiun itu tapi belum pernah masuk cuma di luarnya aja :)

    ReplyDelete
  20. Whoaa aku mau nyoba ah yang kampung ramdhan yang Solo. Kayaknya bakalan seru nih. Bisa nyari serabi solo sama selat solo buat bukaan

    ReplyDelete
  21. Bener juga ya kalau dipikir-pikir, Solo dan Jogja itu kayak kembaran. Mengunjungi keraton dan puter2 di area seputarannya serasa menemukan lokasi yang sama. Keduanya sama2 menyenangkan untuk dikunjungi. Entah kenapa ya kalau datang ke dua kota ini bawaannya pengin mengunjungi pasarnya. Yang satu Pasar Klewer, satunya lagi Beringharjo. ;)

    ReplyDelete
  22. Wahh sebentar lagi banyak acara2 kece di solo yaa.. senang sekali warga solo.. 😍😍😍

    ReplyDelete
  23. Wahh banyak banget event seru di solo ya, dan semuanya kece2. Pengin banget ke solo karena dengar cerita teman tentang kampung halamannya ini

    ReplyDelete
  24. Solo ya, semakin bersinar saja. Aku dulu tiao minggu ke Solo lho, Mbak. Belanja di klewer. Lha sekarang sudah bertahun-tahun gak ke sana. Tau2 udah punya agenda event aja. Tambah keren ancene Wong Solo

    ReplyDelete
  25. Selama ini cuma lewat saja ke Solo. Selalu langsung bablas ke Jogja. Baru tahu kalau ada banyak event yang seru. Semoga lain waktu bisa singgah dan meninap disini. Pesan lewat pegipegi pasti lebih mudah. Makasih infonya, mbak.

    ReplyDelete