Krakal, Pantai Penuh Pesona Yang Wajib Kamu Sambangi Saat di Jogja

1 comment

Jalan-jalan ke Jogja, rasanya akan semakin lengkap kalau teman-teman juga menyempatkan untuk menyambangi deretan pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul.  Salah satu dari sekian banyak pantai yang recommended adalah Pantai Krakal. 


Pantai Krakal
Pantai Krakal yang terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul


Popularitas Pantai Krakal sebagai salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul sebenarnya sudah cukup lama, jauh sebelum bermunculan pantai-pantai baru semisal Pantai  Indrayanti, Sepanjang, ataupun Pantai Pok Tunggal.

Pesona Pantai Krakal yang Sayang dilewatkan


Konon nama "Krakal", terkait erat dengan aspek historis pantai ini. Secara geologis, dipercaya bahwa pantai-pantai di Gunung Kidul tercipta melalui proses alam yang sangat panjang. Proses pengangkatan kerak bumi menjadikan dasar laut sebagai daratan, dengan batu-batu karang yang bertebaran hingga kemudian di namakan Krakal.

Kini, pantai Krakal layak menjadi idola. Pertama, akses jalan ke pantai, mudah. Pantai yang berjarak sekitar 65 kilometer atau sekitar dua setengah jam perjalanan dari Kota Jogja ini gampang dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. 

Pesona pantai krakal
Tanpa perlu berjalan jauh, begitu turun dari kendaraan hamparan laut sudah di depan mata


Secara fasilitas pun pantai ini bisa dibilang lengkap. Mulai area parkir yang sangat luas, penginapan, tempat makan, dan beberapa sarana penunjang kenyamanan pengunjung bisa ditemukan dengan mudah di sekitar pantai.

Deretan Pantai di Gunungkidul --termasuk Pantai Krakal -- termasuk obyek wisata yang ramah di kantong alias murah. Cukup  mengeluarkan 10.000/orang, dan teman-teman bebas mengexplore beberapa pantai sekaligus (Pantai Baron, Krakal, Kukup, Drini, Pantai Sepanjang, Indrayanti, dan juga Pantai Pok Tunggal)

Pantai Krakal Termasuk  Pantai yang Landai 

Begitu menapakkan kaki di Pantai Krakal, teman-teman akan disambut dengan rimbunnya tanaman pandan laut, dan juga beberapa pohon cemara udang. 

Beberapa gazebo yang berjajar di pinggiran pantai, bisa teman-teman gunakan untuk leyeh-leyeh sembari membuka bekal dan bisa dimanfaatkan pengunjung secara gratis. 

Salah satu kekhasan pantai ini adalah garis pantai yang landai dengan hamparan butiran pasir putih yang bersih.  Kalau sudah begitu,  siapa yang tidak tergoda untuk segera mendekat? 


Berburu biota laut di pantai krakal
Berburu biota laut, merupakan aktivitas memyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Krakal


Saat pantai ini tengah surut, maka Krakal menjadi surga bagi para pemburu ikan-ikan hias. Aktivitas ini tak hanya digemari oleh anak-anak, tapi banyak dilakukan pula oleh wisatawan dewasa. Teman-teman bisa membawa jaring+ember kecil dari rumah, atau bisa juga membelinya langsung di lokasi. 

Pada waktu-waktu tertentu, ombak pantai Krakal juga menjadi spot yang menantang bagi pecinta olahraga surfing. Dry season antara bulan Maret dan September dipercaya sebagai waktu terbaik untuk mendapatkan tipe ombak yang sesuai untuk berselancar.

Pantai-Pantai Indah di Sekitar Pantai Krakal


Percayakah kalau dari pantai ini, teman-teman bisa mengunjungi 3 pantai lainnya hanya dengan berjalan kaki? 

Coba teman-teman berjalan menyusuri pantai ke arah timur (kiri). Hanya dengan menyeberangi batuan karang yang tak terlalu tinggi, teman-teman sudah sampai ke Pantai Slili, pantai yang terkenal dengan ombaknya yang ramah. 

Dari pantai Slili, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa puluh meter, dan sampailah kita di Pantai Sadranan --pantai yang terkenal dengan snorklingnya. 

Jika sisi timur Pantai Krakal adalah  Pantai Slili dan juga Sadranan, maka jangan lupa, nikmati pula pesona sisi barat pantai ini.

Di sisi barat Pantai Krakal, ada pantai Sarangan. Pantai Krakal dan Pantai Sarangan benar-benar bersebelahan. Dari Pantai Krakal bisa jadi teman-teman hanya butuh berjalan kaki tak lebih dari 10 menit. 

Biasanya, pantai ini lebih sepi pengunjung. Bisa jadi, karena  belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Beberapakali ke sini, saya ketemu dengan para mahasiswa yang sedang ngecamp atau melakukan kegiatan keakraban kampus. 

Garis pantai Sarangan memang tidak begitu panjang, paling sekitar 200 meteran. Pasir putih, dua tebing pengapit, dan ombak yang relatif tenang menjadi daya tarik pantai ini. 



Camping di pantai sarangan
Pantai Sarangan yang berada di sisi barat Pantai Krakal


Pengen menikmati laut dengan cara yang berbeda? Naik saja ke arah bukit Jujugan. Jalan kaki, atau bisa juga  menggunakan kendaraan roda 2. Di atas bukit, nanti teman-teman akan menemukan  semacam monumen berbentuk ikan. 

Tak hanya itu, karena dari bukit jujugan  kita juga bisa melihat deretan pantai selatan dari ketinggian, biru laut dan semilir angin, yang pastinya menyegarkan badan dan pikiran. 

So, karena faktor-faktor tadi, tidak salah kan kalau saya menobatkan Pantai Krakal sebagai pantai yang wajib disambangi saat di Jogja?


Related Posts

1 comment

  1. Aku pernah denger sih pantai Krakal ini tp blm prnh kesana. Sbnrnya ga banyak pantai di gunkid yg udh aku datangin mba, cm Indrayanti, pantai sepanjang dan pantai timang :D.

    Kapan2lah aku mau khusus ke Jogja cuma utk main di pantai2 gunkid nya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email