Tidak Boleh Ada Yang Tertinggal, Berikut 5 Barang Bawaan Wajib Saat Camping

Barang-bawaan-wajib-saat-camping

Beragam  alternatif untuk menghabiskan akhir pekan dengan seru dan berbeda, baik  itu bersama teman-teman atau pun bersama keluarga. Camping salah satunya.  Banyak pula manfaat yang bisa dirasakan melalui kegiatan ini. 

Pertama, badan dan pikiran kamu akan lebih fresh. Kedua, kamu dan teman-temanmu ataupun antar anggota keluargamu akan semakin kompak. Bukankah dalam kegiatan camping banyak hal yang menuntut kita untuk bisa bekerjasama dengan baik?  Ketiga, kamu akan semakin dekat dengan alam. Tak hanya itu, saat camping sebenarnya kamu tengah mengukir kenangan dalam hidup, yang bisa jadi itu menjadi moment yang akan kamu ingat seumur hidup. 

Memang saat ini banyak tempat-tempat yang menawarkan camping ala glamping, atau glamour camping; bentuk perkemahan modern yang menggabungkan esensi alam dengan fasilitas kemah yang sudah memadai. Namun secara budget bisa jadi tak semua masyarakat bisa menjangkaunya. Atau bisa jadi, model glamour camping ini dirasa kurang menantang. Masih banyak dari kita yang lebih memilih model camping di alam bebas dengan segala peralatan dan perlengkapannya yang kita siapkan secara mandiri. 

Agar acara camping berjalan lancar, maka kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang, termasuk kelengkapan barang-barang bawaan yang berkategori wajib. 

Barang-Barang Ini Wajib Kamu Bawa Saat Camping


Rebahan di samping tenda dengan hammock sepuasnya tanpa diganggu siapapun, atau menikmati api unggun di dinginnya malam memang menyenangkan. Tapi, selain hammock dan korek api, ada beberapa barang lain yang mesti kamu bawa/ kamu siapkan menjelang kamu berangkat camping. Beberapa barang-barang tersebut antara lain:

1. Tenda
Selama di lokasi camping, tenda adalah rumahmu sementara. Tendalah yang akan melindungi kamu dan juga teman-temanmu dari panas, hujan dan juga ancaman binatang liar.

Ada beberapa jenis tenda yang selama ini kita kenal seperti tenda dome, tenda tunnel, tenda ridge (tenda pramuka)  dan juga tenda geodesic dome. Jenis mana yang akan kamu gunakan, tentu saja bisa disesuaikan dengan jumlah peserta camping, maupun lokasi.

Untuk alasan kepraktisan, tenda jenis dome sering menjadi pilihan. Secara pengemasan, tenda dome ini lebih ringkas dan bisa dimasukkan ke dalam ransel. Selain itu, jenis tenda ini juga dikenal ringan, dan mudah untuk dipasang maupun dibongkar kembali. 

Untuk keperluan tenda ini, meskipun banyak dijual di toko-toko outdoor equipment, tapi sebenarnya kamupun bisa menyewanya saja. Dengan menyewa, bisa jadi kamu akan lebih menghemat anggaran.

2. Alas tidur/sleeping bag

Nggak mungkin kan, kamu akan tidur hanya beralaskan tanah atau rumput semata? Demi kesehatan dan kenyamanan, kamu butuh alas tidur atau sleeping bag. 

Perlengkapan-wajib-camping

Sama halnya tenda, ada beberapa tipe sleeping bag yang bisa kita gunakan seperti sleeping bag tipe mumi, atau tipe amplop yang lebih leluasa untuk bergerak maupun sleeping bag dengan bentuk yang menyerupai badan manusia. 

Kamu bisa menyesuaian tipe-tipe sleeping bag tadi dengan tempat/suhu dimana kamu menggelar camping. Untuk kebutuhan satu ini, kamu bisa memilikinya secara pribadi ataupun menyewanya.

3. Perlengkapan masak dan juga bahan makanan

Menikmati semangkok mie instant ditemani secangkir kopi dengan asap yang masih mengepul di alam bebas? Atau memasak nasi dan sayuran, dan lauk pauk dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar? Wow, pastinya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Perlengkapan-yang-harus-dibawa-saat-camping

Untuk mewujudkannya, kamu tentu saja membutuhkan peralatan masak dan juga bahan makanan. Kompor lapangan, gas kaleng, pisau lipat,piring, alat minum, sendok-garpu lipat, korek api adalah beberapa perlengkapan masak yang wajib dibawa. Sementara untuk bahan makanan, kamu bisa membawa mie instant, sardines, roti/biskuit, atau kamu pun bisa membawa beras.

Untuk beras, ada baiknya kamu membawa seperlunya. Pilih beras dengan ukuran kemasan kecil, 2 setengah kilogram misalnya. Pertama, karena ringan ia tidak terlalu merepotkan untuk dibawa, dan kedua harga beras 2,5 kg juga terjangkau.

4. Sarana Penerangan
Sarana penerangan adalah hal yang mesti kamu siapkan saat hendak melakukan aktivitas camping. Tidak mungkin kan hanya mengandalkan penerangan dari cahaya bulan?

Kamu bisa menggunakan lampu lentera, lampu petromak, atau emergency lamp. Pilihan yang terakhir, adalah pilihan yang paling praktis. Pastikan kamu sudah mengechargenya dengan penuh, sebelum berangkat.

5. Peralatan P3K
Alam kadang tak bisa diprediksi. Dan tubuhpun juga kadang nggak bisa langsung beradaptasi dengan mudah. Karena itulah, kamu harus membawa peralatan P3K untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak baik dengan tubuh. Misalnya, ada anggota tim yang terluka, terkena gigitan serangga, atau masuk angin maka ada yang bisa digunakan sebagai bentuk pertolongan pertama.


Serius, 5 saja? Yang wajib, iya. Printilan tambahan, masih banyak. Ada baju ganti, jas hujan, perlengkapan komunikasi, jaket dan juga selimut, alat tulis, hammock, yang bisa kamu masukkan dalam ransel kamu. Tentu saja, agar acara camping kamu lancar dan meninggalkan kesan yang mendalam.



3 komentar

  1. Untuk peralatan makanan saya bawah kompor lapangan dan sedia gas serep. Cukup mie instan plus kopi
    Kaku beras, aduh repot dan terlau berat di tas

    ReplyDelete
  2. Terakhir aku kemah tu pas SMA. Setelah itu belum pernah lagi. Padahal seru juga ya apalagi yang model glamping gini...

    ReplyDelete
  3. Ayukk kita camping mbak, kegiatan paling menarik dari jaman saya sekolah nih. Iya kotak P3K sangat penting ya.

    Jadi ingat juga, dulu waktu kecil main kemah-kemahan sama teman-teman di halaman. Niatnya mau nginep juga di kemah. Ehh, nggak tahunya muncul hewan-hewan kecil dari tanah, terus bubar deh lari ke rumah masing-masing, hehe.

    ReplyDelete