Pantai Depok, Destinasi Wajib Wisata di Bantul Yogyakarta

1 comment

Pantai Depok Bantul


Banyak pantai yang bisa dikunjungi di Yogyakarta, dan masing-masing punya sisi uniknya sendiri menurut saya. Ada barisan pantai di Gunungkidul yang bersih dan berpasir putih, tapi posisinya lumayan jauh dari pusat kota Jogja. Cukup memakan banyak waktu diperjalanan, dan medan  mensyaratkan kondisi kendaraan yang benar-benar prima.

Selain itu, ada pula beberapa pantai di Kabupaten Bantul. Cukup dekat dan mudah dijangkau, tapi pilihannya memang tidak begitu banyak, dan salah satunya pantai Depok. Selain mudah dijangkau, ada beberapa fakta yang terkait dengan pantai ini.


Fakta Menarik Tentang Pantai Depok

Pertama, pantai ini terletak se kawasan dengan banyak obyek wisata, salah satunya Parangtritis

Tahu kan Parangtritis, pantai yang sudah menjadi semacam ikon wisata Jogja? Kebangetan kalau nggak. Nah..faktanya, jarak antara Pantai Depok dengan Pantai paling tersohor di Jogja ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer, atau sekitar 10 menit perjalanan. Selain itu, Pantai Depok juga se-kawasan dengan beberapa pantai lainnya (rata-rata relatif baru/pengembangan kawasan wisata) seperti Pantai Goa Cemara, Pantai Pelangi, dan juga Gumuk Pasir. Enaknya, karena teman-teman cukup 1x membayar di satu pintu retribusi sebesar 10 ribu , per pengunjung dann tambahan biaya parkir di lokasi wisata. 

Pantai ini juga sering dijuluki surganya wisata kulineran sea food

Ke tempat wisata itu makin sempurna klo dilengkapi acara kulineran. Nah, di Pantai Depok ini, teman-teman akan bisa dengan mudah menemukan warung-warung/restoran yang hampir semuanya menjadikan olahan seafood sebagai menu andalan. Misalnya pengen sesuatu yang berbeda, bisa juga teman-teman membeli langsung dari nelayan yang baru saja mendarat, atau membelinya langsung di pasar ikan yang berada tak jauh dari bibir pantai. Harga yang dibandrol pedagang bisa dinego kok, jadi tidak usah ragu untuk menawar ya! 

Pantai Depok Bantul
Jangan ragu untuk menawar saat bertransaksi di pasar ikan Pantai Depok, biar pengalaman belanjamu semakin seru


Hanya Depok yang memiliki landasan pacu. Kalau lagi nggak ada event, bisa kok dipakai pengunjung

Jogja Air Show, adalah event tahunan, yang selalu dilangsungkan di Landasan Pacu Pantai Depok. Sayangnya, tidak ada agenda pasti tanggal berapa dan bulan berapa event ini diadakan. Tahun ini event ini tidak langsungkan karena barengan dengan pandemi Covid 19.  Kalau tidak ada event? Landasan pacu, biasanya dipakai anak-anak muda untuk nongkrong-nongkrong dan foto-foto. Saya pernah nyoba jogging di landasan pacu ini pagi-pagi, enak banget suasananya. 

Sst...dari sini, kamu bisa mlipir juga ke Laguna Depok. Deket kok!

Pantai Depok Bantul

Selfie dengan background Laguna Pantai Depok di pagi hari


Misalnya kamu sudah puas mengeksplor kawasan Pantai dan  perut sudah kenyang kulineran, coba jalan kaki saja ke Laguna Pantai Depok yang berjarak sekitar 500 meter. Berdamai dengan matahari, paling enak di saat pagi atau sore hari menjelang senja, meskipun di seputaran laguna tersedia gasebo dan juga pohon-pohon perindang.  

Laguna ini masih sepi, karena memang masih baru dan belum banyak pengunjung yang mengetahui keberadaannya. Biasanya para pemancing yang memanfaatkan laguna untuk mengail ikan, atau para pengunjung yang memang lebih suka dengan suasana yang tidak terlalu ramai.

Pantai Depok Bantul


Lokasi Pantai Depok

Related Posts

1 comment

  1. Wah paket kompli nih pantainya ya mbak. Selain mantai, kulineran masih bisa jalan-jalan di laguna dengan pemandangan indah.

    Bisa jadi paket wisata pantai ya mbak, selain ke Parangtritis bisa mampir ke pantai Depok dan pantai-pantai lain di sekitarnya.

    Jadi pengen ke pantai lagi nih, kapan yaa :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email