Mau Liburan? Berikut Beberapa Jenis Penginapan yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan, Beserta Plus Minusnya

1 comment
Cove akomodasi liburan dan kost eksklusif


Yang suka liburan, jalan-jalan ke tempat baru dan melihat hal-hal yang belum pernah ditemui sebelumnya, yuk kita gandengan. Banyak yang sepakat  kalau sekali-kali menikmati liburan dengan sejenak keluar dari aktifitas rutin merupakan hal yang menyenangkan.

Selain meningkatkan kesehatan mental,sebenarnya  ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan baik itu langsung, maupun jangka panjang. Memperoleh pengalaman baru, pastinya. Selain itu, wawasan pun akan semakin luas.

Agar liburan berjalan lancar, selain pilihan destinasi, akomodasi menjadi hal  penting yang harus kita persiapkan. Akomodasi di sini diartikan tempat dimana kita bisa menginap maupun beristirahat, dengan penyediaan fasilitas yang baik. 

Pilihan Akomodasi  Beserta Plus Minusnya

Salah satu kemudahan hidup  yang bisa dinikmati saat ini adalah beragamnya pilihan, termasuk saat memilih jenis akomodasi wisata yang dirasa paling sesuai. Pemilihan ini biasanya dengan mempertimbangkan beberapa aspek, seperti budget, lokasi, fasilitas, termasuk kenyamanan dan keamanan daerah sekitar. 


Hotel

Hotel merupakan akomodasi yang paling umum digunakan masyarakat saat ingin menikmati liburan. Dengan memilih menginap dan beristirahat di hotel, artinya privacy teman-teman akan lebih terjamin. Dari segi lokasipun, biasanya hotel berada di tengah kota sehingga mudah untuk mendapatkan akses ke beberapa tempat lainnya. Poin plus lainnya adalah ketersediaan sarapan di pagi hari, sehingga kita bisa sekaligus menikmati sarapan tanpa harus repot mencari sarapan di luar. 

Meskipun untuk indikator kenyamanan jumlah bintang nya lah yang menentukan, namun secara harga hotel cenderung mahal atau rate nya relative lebih tinggi. Selain itu, untuk hotel yang lokasinya berada di seputaran tempat wisata, kita sebagai pelancong harus siap-siap  menyediakan ekstra budget 


Hostel

Selisih satu huruf “S” saja, ternyata dari segi makna  itu berbeda jauh ya teman-teman. Sama-sama digunakan sebagai tempat menginap, tetapi fasilitas di dalam hostel rata-rata digunakan secara bersama layaknya asrama.  Meskipun ada beberapa hostel yang menyediakan kamar tidur private, tapi fasilitas seperti TV, kamar mandi, ruang dapur umunya digunakan bergantian/barengan dengan tamu yang lain. Dengan fasilitas yang bisa dinikmati besama-sama, otomatis rate harga menginap di hostel relatif lebih terjangkau sehingga hostel cocok untuk teman-teman yang liburan dengan budget terbatas. 


Villa

Saat teman-teman bermain di daerah dingin, Puncak Bogor atau daerah Kaliurang kalau di Jogja, biasanya tipe  penginapan berjenis villa banyak menjadi incaran.  Menurut KBBI, villa adalah rumah mungil di luar kota atau di pegunungan, atau rumah peristirahatan yang hanya digunakan hanya pada waktu liburan. 

Umumnya villa berada di daerah dengan pemandangan yang indah, dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti kolam renang maupun taman bermain. Secara ukuran, umumnya villa terlalu besar untuk digunakan sendiri atau berdua, jadi lebih tepat untuk digunakan bersama keluarga atau rombongan.

Dari segi biaya, dibandingkan dengan menyewa kamar hotel atau hostel, menyewa sebuah villa tentunya akan terasa lebih mahal. Oleh karena itu, jenis penginapan ini memang direkomendasikan untuk teman-teman yang melakukan liburan bersama beberapa orang yang sudah dikenal sebelumnya. 


Rumah Kost/Kost Ekslusif

Liburan dan menginap di rumah kost, memang bisa? Tentu saja bisa. Kalau dulu ruangan kost identik dengan kehidupan pelajar ataupun mahasiswa, dengan keberadaan kost ekslusif, sekarang kita bisa nge kost sebagai wisatawan.  Untuk durasi waktunya, kita tinggal menyesuaikan, karena rata-rata kost ekslusif  juga bisa disewa dengan sistem sewa harian. 

Kamar kost ekslusif


Umumnya kost ekslusif memiliki fasilitas kamar layaknya hotel seperti kamar mandi dalam, AC, TV, lemari pakaian, meja kursi, tempat parkir, fasilitas keamanan dan juga fasilitas internet. Untuk pilihan tipe ini, teman-teman bisa menjadikan Cove sebagai pilihan. Dengan desain modern dan fasilitasnya yang lengkap dan lokasi yang strategis, tentunya acara liburan teman-teman akan menjadi semakin berkesan. Lebih menyenangkan lagi karena saat ini Cove bisa ditemui di 3 kota besar yang juga terkenal dengan keindahan tempat wisatanya, yaitu Jakarta, Bandung, dan juga Bali. 


Homestay

Tipe penginapan lain yang bisa juga teman-teman pertimbangkan adalah jenis Homestay. Secara tampilan, fasilitas, homestay memiliki kemiripan dengan villa. Yang membedakan keduanya adalah kehadiran si pemilik rumah. Kalau villa, biasanya pemilik benar-benar mempercayakan rumahnya kepada penyewa, sementara homestay, tuan rumah statusnya hanya berbagi kamar/ruangan. Perbedaan ini tentu saja mendatangkan poin plus dan minus. Di homestay, budget tentu lebih terjangkau. Selain itu waktu check in dan check out lebih fleksibel. Kelebihan lainnya adalah bisa jadi teman-teman akan lebih mengenal daerah wisata lebih baik, karena bisa mendapatkan informasi tambahan dari pemilik homestay. Minusnya, mungkin aka nada sedikit rasa canggung saat menggunakan fasilitas homestay, seperti dapur misalnya karena statusnya masih “berbagi” dengan pemilik. 

Itu tadi ulasan beberapa tipe jenis penginapan yang bisa teman-teman gunakan saat liburan. Pilihan, tentu saja tentu saja tetap di tangan kalian. Have a nice holiday yaa! 


Newest Older

Related Posts

1 comment

  1. Aku juga milih penginapan itu based on saat traveling bareng siapa. Kalo ama suami dan anak2, lbh suka hotel. Tapi kalo ama temen2 yg biasa jalan ama aku, prefer apartmen. Villa pastinya kalo rame2 dan banyak yg ikut.

    Hostel udh lama ga nyobain, ini zaman2 aku msh baru kerja sih, milihnya hostel 🤣. Kalo sekarang udah ga tertarik. Krn sharing nya itu. Smntara aku ga bisa kalo hrs sharing ruangan dengan orang ga dikenal. Kecuali hostelnya juga nyediain private room. Bbrp ada yg begitu

    ReplyDelete

Post a Comment