5 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Glagah Indah, Kulon Progo

2 comments
Hal seru yang bisa dilakukan di pantai glagah indah

Pantai Glagah Indah. Nama ini cukup familiar dalam deretan panjang destinasi wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi.  Selain termasuk kawasan pantai yang sudah lama dikembangkan, kemudahan akses lokasi juga menjadi poin plus pantai ini. 

Terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo,  Pantai ini bersinggungan dengan Bandara Internasional Yogyakarta dan hanya sekitar satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan sarana jalan yang semuanya baik.  Tak heran jika pantai ini termasuk    destinasi wisata pantai andalan.

Dengan tiket masuk seharga 6000 rupiah/pengunjung, teman-teman bisa mengelilingi  mengeksplor pantai Glagah Indah  seharian, sepuasnya. Meskipun hanya berada satu kawasan wisata, namun sebenarnya  banyak hal seru dan menarik yang bisa dilakukan di pantai ini.

Cara Seru Mengeksplor Pantai Glagah Indah

Saat anak-anak masih kecil,  saya sering membawa mereka ke Pantai Glagah Indah di pagi hari saat matahari baru muncul. Saya percaya, udara pantai yang masih bersih dan segar sehat untuk paru-paru. Setelah matahari agak meninggi sekitar pukul 08.00-09.00, aktivitas bisa berlanjut dengan mandi cahaya matahari di tepian pantai sembari bermain pasir.

Selain dua aktivitas tadi, banyak kok cara kegiatan seru yang bisa dilakukan di pantai Glagah Indah ini, misalnya saja:


Berjalan Menyusur Jalan Setapak ke Tengah Laut  dan Berfoto dengan Background Tetrapod

Berjalan ke tengah laut? Iya. Pantai Glagah Indah termasuk pantai dengan karakteristik ombak yang besar. Untuk mencegah abrasi, maka dipasanglah ratusan atau bahkan ribuan tetrapod sebagai pemecah ombak. Hamparan tetrapod yang terhantam deburan ombak, menjadi background foto yang menarik. 

Dermaga pantai glagah indah
Dermaga yang akan membawa pengunjung ke "tengah" pantai

Pantai Glagah Indah juga memiliki dermaga yang mengantar pengunjung ke tengah laut. Sebenarnya dermaga ini adalah bagian dari rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto yang mangkrak belasan tahun dan sampai sekarang belum difungsikan. Rencana awalnya, dermaga ini akan digunakan sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal besar nelayan, namun  sekarang dermaga ini justru digunakan untuk aktivitas wisatawan juga pemancing.

Bermain Pasir di Tepian Pantai

Hamparan pasir hitam Pantai Glagah Indah termasuk luas dan cukup bersih dari sampah. Tapi, ombak yang besar menjadikan pantai Glagah tidak aman untuk aktivitas berenang atau mandi di pantai. Jadi, aktivitas yang cukup aman ya sekedar duduk-duduk di tepi pantai sembari bermain pasir atau sedikit berbasah-basahan di bibir pantai.

Di pagi hari, --karena matahari masih bersinar hangat–biasanya tepian pantai menjadi kawasan yang paling ramai dengan pengunjung dari semua kelompok umur.  Di tepi pantai pula, beberapa penduduk sekitar terlihat memancing.


Mengelilingi Laguna dengan Menggunakan Perahu

Laguna Pantai Glagah Indah terbentuk dari cekungan yang terisi air pasang sehingga membentuk kolam raksasa. Dulu, ada suatu masa di mana laguna ini dimanfaatkan sebagai lokasi memancing. Pernah juga laguna difungsikan untuk arena bebek kayuh dan beberapa sarana olahraga air lainnya. 

Laguna pantai glagah indah


Sekarang, sebagian besar area laguna digunakan sebagai jalur perahu wisata. Pengunjung yang menginginkan mengelilingi laguna dengan perahu mesin, dikenai biaya angkut sebesar 10.000 rupiah/orang dengan jarak putar sekitar 3,5 km.

Mendirikan Tenda, Memancing di Tepian Muara Sungai Serang

Menggelar tikar, membawa makanan dan menikmati semilir angin dibawah tanaman cemara udang. Inilah cara teraman menikmati salah satu sisi dari Kawasan Pantai Glagah Indah. 

Wisata muara pantai serangan glagah indah


Dibanding kawasan lain, tempat ini relatif lebih sepi . Hanya ada beberapa warung sederhana yang menyediakan menu makan sederhana serta minuman, fasilitas mck, dan juga mushola. Rata-rata pengunjung datang ke kawasan ini untuk mencari tempat yang lebih tenang dan tidak penuh sesak pengunjung.


Wisata Belanja Produk Khas Pantai Glagah  Indah 

Oleh-oleh khas pantai glagah
Beragam makanan khas bisa dibeli sebagai buah tangan kerabat/keluarga di rumah

Nah, siapa yang saat berwisata merasa bagian paling seru adalah berburu oleh-oleh? Meskipun oleh-oleh hukumnya tidak wajib, tapi adakalanya kita memang harus membelinya untuk orang-orang terdekat. 

Di jalur masuk ke kawasan utaman Kawasan Pantai Glagah Indah,  banyak kios-kios yang menjajakan aneka baju /kaos, makanan, jajanan khas Kulonprogo, termasuk hasil bumi penduduk setempat seperti semangka, gula kelapa dan juga gula aren.

Demikian tadi 5 aktivitas seru  bisa kamu lakukan di Wisata Pantai Glagah Indah. Kamu bisa mencoba semuanya, atau salah satunya saja. 

Related Posts

2 comments

  1. Blm pernah ke pantai ini, tapi pengen juga ngerasain piknik di tepian muara sungainya mbaa. Aku dari dulu penasaran Ama muara sungai yg langsung ke laut. Blm pernah liat dari Deket. Pernah dari jauh doang. Atau dari atas pesawat 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di glagah ini lumayan sepi mb, yang area muara. asyik klo datang sama keluarga, gelar tikar, diriin tenda... sambil liat pesawat mau landing :-D Sebelahan sama bandara soalnya...

      Delete

Post a Comment